Penjelasan Pembuluh Darah Serta Fungsi Arteri, Kapiler Dan Vena

Posted on

DosenPendidikan.Com – Pembuluh darah memiliki peran untuk membantu dan mengatur proses tubuh. Proses ini terjadi sebagai pemberian pada sistem saraf otonom. Pembuluh darah merupakan saluran yang dilewati untuk dapat sampai keseluruh bagian-bagian tubuh, untuk menyampaikan darah keseluruh tubuh, pembuluh darah memberikan gaya tekan pada darah hal ini dilakukan sebagai upaya untuk menjalankan darah agar tetap lancar. Gaya tekan paling tinggi pada pembuluh darah terjadi di arteri sedangkan gaya tekan paling rendah pada pembuluh darah terjadi di vena. Fungsi dari pembuluh darah itu sendiri ialah mengalirkan darah dari jantung menuju ke bagian-bagian tubuh dan kembali lagi ke jantung.

Pembuluh Darah

Aliran darah yang di bawa oleh pembuluh darah dari jantung yang menuju keseluruh tubuh mengandung darah beroksigen sedangkan pembuluh darah yang mengangkut darah dari seluruh bagian tubuh menuju jantung membawa darah yang mengandung karbondioksida.

Setiap bagian dari tubuh memerlukan asupan nutrisi dan oksigen yang dibawa oleh darah yang melalui pembuluh darah serta menghasilkan karbondioksida dan zat-zat yang sudah tak terpakai yang harus dibuang agar tidak membahayakan tubuh. Semua ini merupakan peranan dari pembuluh darah, pembuluh darah pada manusia terdiri dari pembuluh arteri, kapiler dan vena. Nah berikut fungsi dari masing-masing.

Fungsi Pembuluh Arteri

Pembuluh arteri sering disebut dengan pembuluh nadi merupakan pembuluh darah yang mempunyai otot dan berdinding tebal. Fungsi dari pembuluh ini ialah membawa darah yang mengandung oksigen dari jantung keseluruh tubuh. Selain itu pembuluh arteri juga berfungsi untuk mengangkut zat-zat nutrisi yang diperlukan oleh tubuh. Untuk didistribusikan kepada bagian-bagian tubuh yang memerlukannya.

Fungsi Pembuluh Vena

Pembuluh vena sering disebut juga dengan pembuluh balik. Pembuluh ini merupakan pembuluh yang membawa darah dari seluruh bagian-bagian tubuh menuju ke jantung. Pembuluh vena atau pembuluh balik membawa darah yang mengandung banyak karbondioksida. Letak dari pembuluh vena atau pembuluh balik berada dipermukaan kulit, warnanya tampak seperti kebiru-biruan. Pembuluh ini memiliki dinding yang sangat tipis serta tidak elastis seperti pembuluh arteri.

Fungsi Pembuluh Kapiler

Pembuluh kapiler merupakan bagian dari pembuluh darah yang mempunyai ukuran kecil dibandingkan dengan pembuluh lainnya, diameter dari pembuluh kapiler ini sekitar 5-10 ยตm, pembuluh ini sebagai penghubung antara arteriola dari pembuluh arteri dan venula dari pembuluh vena. Pada pembuluh kapiler sangat memungkinkan terjadi pertukaran antara air, karbon dioksida, oksigen serta nutrient dan zat-zat yang sudah tidak terpakai oleh tubuh.

Darah yang mengalir berasal atau bermula dari jantung menuju ke arteri melewati oarta yang akan bercabang serta menyempit ke arteriola, pada arteriola akan bercabang lagi menjadi pembuluh kapiler dan akan terhubung pada pembuluh venula. Setelah terjadi perfusi pada jaringan, kapiler mengalirkan darah pada venula dan akan melebar menjadi vena yang bertugas untuk mengembalikan darah kepada jantung.

Dinding pembuluh kapiler merupakan endotel yang sangat tipis sehingga dapat membuat gas serta molekul lain seperti oksigen, protein, air dan lemak sangat memungkinkan mengalir melewati pembuluh kapiler dengan adanya pengaruh dari gradient osmotic serta hidrostatik.

Demikianlah pembahasan mengenai Penjelasan Pembuluh Darah Serta Fungsi Arteri, Kapiler Dan Vena semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat menambah wawasan dan pengetahuan anda semua, terima kasih banyak atas kunjungannya. ๐Ÿ™‚ ๐Ÿ™‚ ๐Ÿ™‚


loading...