Penjelasan Pembuluh Nadi Beserta Fungsi, Jenis Dan Ciri-Cirinya

Biologi hisam sam

DosenPendidikan.Com – Pembuluh nadi merupakan salah satu pembuluh dari sekian macam pembuluh yang ada ditubuh manusia yang mempunyai peranan yang sangat penting, karena fungsinya yang sebagai pengangkut oksigen. Pembuluh nadi sering disebut dengan arteri. Tempat pembuluh ini berada lebih dalam dibandingkan dengan arteri lainnya. Pembuluh nadi ini mempunyai 3 lapisan pada bagiannya, yang salah satunya terdiri dari sekumpulan otot yang berada sepanjang saluranini, hal ini karena pembuluh nadi mempunyai tugas yang sangat berat yaitu untuk mengalirkan darah dalam tekanan yang sangat tinggi dan kuat, karena tugasnya ini pembuluh nadi diciptakan lebih kuat bila dibandingkan dengan pembuluh lainnya.

pembuluh nadi

Pembuluh nadi mempunyai dinding yang cukup tebal. Otot yang berada disepanjang pembuluh ini membantu darah untuk tetap mengalir dalam tekanan yang tinggi, karena itu otot ini membuat denyutan pada pembuluh, hal iini merupakan sebagai usaha agar darah tetap berjalan ke depan dan tetap menjalankan tugasnya dengan baik. Darah pada pembuluh ini berjalan dengan sangat sepat sekali, maka dari itu misalkan pembuluh ini mengalami pendarahan, darah sangat keluar dengan deras dan memancar akibat tekanannya.

Fungsi Pembuluh Nadi

Fungsi dari pembuluh nadi ialah membawa darah menuju jantung. Pembuluh nadi memiliki 3 lapisan dinding antara lain :

  • Lapisan pertama merupakan lapisan terluar yang memiliki sifat yang elastis.
  • Lapisan yang kedua letaknya berada ditengah-tengah lapisan yang memiliki bentuk seperti otot-otot yang tipis.
  • Lapisan yang ketiga merupakan lapisan terdalam yang susunannya dimulai dari lapisan sel yang memiliki dinding yang tipis.

Pembuluh nadi sebagai saluran darah yang mengandung oksigen agar dapat mengalir dengan lancar dan dapat mendistribusikan zat penting untuk tubuh, pembuluh nadi sebagai alat penghantar berbagai zat dan berbagai nutrisi untuk organ-organ tubuh, pembuluh nadi membantu tubuh untuk bertahan hidup dan selalu sehat.

Jenis-Jenis Pembuluh Nadi

Pembuluh nadi terdiri dari :

  • Arteri Pulmonalis
    Yang berguna menghantarkan darah berkarbondioksida yang berasal dari biliki kanan.
  • Oarta
    Arteri yang terletak pada pangkal bilik kiri merupakan pembuluh awal yang menerima darah yang berasal dari jantung, pembuluh ini juga merupakan pembuluh nadi terbesar dari pada pembuluh nadi yang lain.
  • Pembuluh Nadi Sistemik
    Yang terdiri dari pembuluh nadi karotid, pembuluh nadi subklavika, pembuluh nadi hepar, pembuluh nadi mesenteri, pembuluh nadi renal serta pembuluh nadi femur, fungsinya ialah menghantarkan darah beroksigen pada arteriol.
  • Arteriol
    Merupakan pembuluh nadi yang menghubungkan pembuluh nadi sistemik dengan pembuluh.

Ciri-Ciri Pembuluh Nadi

Pembuluh nadi manusia diantaranya ialah :

  • Pembuluh nadi dapat dirasakan di beberapa bagian tubuh seperti pada bagian pergelangan tangan dan pangkal leher.
  • Pembuluh nadi letaknya agak ke dalam dibandingkan pembuluh yang lainnya.
  • Pembuluh darah memiliki dinding yang tebal yang terdiri dari 3 lapis, sehingga menjadikannya kuat. Dinding pembuluh ini juga bersifat elastis.
  • Pembuluh darah memiliki tekanan tinggi pada darah yang mengalir pada pembuluh ini.

Demikianlah pembahasan mengenai Penjelasan Pembuluh Nadi Beserta Fungsi, Jenis Dan Ciri-Cirinya semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat menambah wawasan dan pengetahuan anda semua, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂

Most popular articles related to Penjelasan Pembuluh Nadi Beserta Fungsi, Jenis Dan Ciri-Cirinya
Shares