Penjelasan Penyebab Leukosit Tinggi Beserta Contohnya

Posted on

DosenPendidikan.Com – Leukosit atau biasanya disebut dengan darah putih normalnya berjumlah sekitar satu persen dari jumlah keseluruhan darah yang ada didalam tubuh manusia. Meskipun jumlahnya sedikit, leukosit atau sel darah putih mempunyai peran yang sangat besar terutama bagi kesehatan tubuh manusia, hal ini dikarenakan fungsi dari leukosit atau sel darah putih merupakan sebagai pelindung tubuh dari berbagai serangan bibit-bibit penyakit.

sel darah putih

Leukosit atau sel darah putih ini mempunyai tugas yakni membentuk imun tubuh dengan melawan dan memakan semua bibit-bibit penyakit seperti bakteri dan virus yang bersarang didalam tubuh. Jika didalam tubuh seseorang sedang bersarang suatu penyakit, leukosit atau sel darah putih akan meningkatkan jumlah dirinya untuk melawan penyakit tersebut, peningkatan junlah dari leukosit atau sel darah putih ini tergantung dari kekuatan bibit penyakit yang menyerang.

Bagian-Bagian Leukosit

Leukosit atau sel darah putih diproduksi oleh sum-sum tulang belakang. Leukosit atau sel darah putih yang telah diproduksi mempunyai umur yang tidak panjang sekitar 1 hingga 3 hari saja. Leukosit atau sel darah putih terbagi yaitu :

  • Monosit

    Merupakan komponen leukosit atau sel darah putih yang bertugas untuk memecah serta melawan bibit-bibit penyakit yang ada didalam tubuh.

  • Limfosit

    Merupakan komponen leukosit atau sel darah putih yang bertugas untuk membentuk antibodi tubuh.

  • Neutrofil

    Merupakan komponen leukosit atau sel darah putih yang bertugas untuk membentuk perlawanan pada tingkatan pertama pada berbagai jenis infeksi.

  • Basofil

    Merupakan komponen leukosit atau sel darah putih yang bertugas untuk memberikan sinyal saat ada infeksi yang menyerang.

  • Eosinofil

    Merupakan komponen laukosit atau sel darah putih yang bertugas untuk melawan semua bakteri yang bersarang didalam tubuh.

Penyebab Leukosit Tinggi

Jumlah leukosit atau sel darah putih normalnya sekitar 4.500 hingga 10.000 sel per mikroliter. Ketika tubuh seseorang memiliki jumlah leukosit atau sel darah putih yang terlalu tinggi hal tersebut bisa berarti leukosit atau sel darah putih atau andasedang sakit dikarenakan leukosit atau sel darah putih itu sendiri. Banyak hal yang dapat menjadi penyebab leukosit tinggi diantaranya :

  • Produksi leukosit atau sel darah putih menjadi tinggi dibandingkan biasanya karena leukosit atau sel darah putih bekerja melawan infeksi dalam tubuh.
  • Leukosit atau sel darah putih menjadi lebih banyak jumlahnya karena bereaksi terhadap jenis obat-obatan tertentu.
  • Leukosit atau sel darah putih menjadi lebih tinggi jumlahnya dikarenakan ada masalah dengan sum-sum tulang belakang sehingga membuat produksi leukosit atau sel darah putih meningkat.
  • Leukosit atau sel darh putih tinggi dikarenakan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.
  • Penyebab kelebihan leukosit atau sel darah putih karena tubuh sedang stress.
  • Leukosit atau sel darah putih tinggi karena seseorang sedang mengkonsumsi obat-obatan yang mengandung peradangan.
  • Leukosit atau sel darah putih tinggi disebabkan mengkonsumsirokok yang berlebihan yang sudah dilakukan beberapa tahun.

Selain dari penyebab-penyebab diatas, leukosit atau sel darah putih bisa mneingkat jumlahnya dikarenakan seseorang sedang menderita suatu penyakit yang disebabkan oleh leukosit atau sel darah putih itu sendiri. contohnya :

  • Leukimia

    Merupakan salah satu macam kanker yang menyerang sumsum tulang belakang, sehingga dapat mempengaruhi proses produksi lomfosit dan meiloid.

  • Mielofibrosis

    Merupakan kelainan yang diderita oleh sum-sum tulang belakang yang dapat menyebabkan tubuh memproduksi leukosit atau sel darah putih dalam jumlah yang lebih banyak dari pada biasanya.

Demikianlah pembahasan mengenai Penjelasan Penyebab Leukosit Tinggi Beserta Contohnya semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat menambah wawasan dan pengetahuan anda semua, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂