“Penjualan & Pemasaran” Pengertian & ( Tujuan – Syarat – Jenis – Konsep )

Posted on

“Penjualan & Pemasaran” Pengertian & ( Tujuan – Syarat – Jenis – Konsep )

DosenPendidikan.Com – Untuk pembahasan kali ini kami akan mengulas mengenai Penjualan & Pemasaran yang dimana dalam hal ini meliputi pengertian, tujuan, syarat, jenis dan konsep, nah agar dapat memahami dan dimengerti simak ulasan selengkapnya dibawah ini.

Pengertian Penjualan

Penjualan ialah kegiatan yang terpadu untuk mengembangkan rencana-rencana strategis yang diarahkan kepada usaha pemuasan kebutuhan serta keinginan pembeli/konsumen, guna untuk mendapat penjualan yang menghasilkan lava atau keuntungan. Atau definisi penjualan ialah merupakan suatu kegiatan transaksi yang dilakukan oleh 2 “dua” belah pihak/lebih dengan menggunakan alat pembayaran yang sah.

Penjualan juga merupakan salah satu sumber pendapatan seseorang atau suatu perusahaan yang melakukan transaksi jual dan beli, dalam suatu perusahaan apabila semakin besar penjualan maka akan semakin besar pula pendapatan yang diperoleh seseorang atau perusahaan tersebut.

Tujuan Penjualan

Tujuan penjualan ialah tujuan utama dari penjualan yaitu mendatangkan keuntungan atau laba dari produk-produk atau jasa yang dihasilkan produsennya dengan pengelolaan yang baik dan juga mengharapkan keuntungan yang sebar-besarnya. Akan tetapi hal ini perlu peningkatan kinerja dari pihak distributor dalam menjamin mutu dan kualitas barang ataupun jasa yang akan dijual. Mencapai suatu tujuan yaitu dalam perusahaan setiap penjualan harus mempunyai tujuan penjualan yang dicapai.

Syarat Penjualan

Syarat penjualan ialah harus ada penjual dan juga ada pembelinya, harus ada barang, jasa dan sebagainya yang akan dijual lalu harus ada juga alat tukar yang sah.

Jenis Penjualan

Adapun jenis-jenis penjualan diantaranya yaitu:

  • Trade Selling ialah suatu jenis penjualan yang dilakuak oleh wiraniaga kepada grosir-grosir dengan tujuan untuk dijual kembali.
  • Tehnical selling ialah berusaha meningkatkan penjualan dengan pemberian saran dan nasehat kepada pembeli/konsumen akhir “pembeli/konsumen akhir ya” dari barang dan jasanya. Dalam hal yang satau ini wirausaha tersebut memiliki tugas utama untuk mengidentifikasi dan juga menganalisis berbagai permasalahan yang dihadapi para pembeli lalu kemudian serta menunjukkan bagaimana produk/jasa yang ditawarkan dapat mengatasi masalah si pembeli/konsumen.
  • Missionay Selling ialah dalam hal yang satu ini wirausaha berusaha meningkatkan penjualan serta dengan mendorong pembeli yang tentunya untuk membeli produk atau jsa dari penyalur perusahaan dalam hal ini perusahaan tersebut/yang bersangkutan mempunyai penyalur tersendiri dalam pendistribusian produknya/jasanya.
  • New Business Selling ialah berusaha membuka transaksi-transaksi baru dengan cara mengubah calon konsumen menjadi konsumen.

Pengertian Pemasaran

Pemasaran ialah suatu proses kegiatan-kegiatan menyeluruh dan juga terpadu serta terencana yang dilakukan oleh institusi untuk menjalankan usaha guna untuk memenuhi kebutuhan pasar dengan cara membuat produk-produk, menetapkan harganya, mengkomunikasikan dan juga mendistribusikannya melalui kegiatan pertukaran untuk memuaskan pembeli/konsumen serta perusahaan.

Konsep Pemasaran

Konsep pemasaran atau konsep inti dari pemasarani ialah meliputi diantaranya:

  • Kebutuhan
  • Keinginan
  • Permintaan
  • Produksi
  • Utilitas
  • Nilai dan kepuasan
  • Pertukaran
  • Transaksi dan hubungan pasar
  • Pemasaran dan pasar

Dapat dibedakan antara kebutuhan, keinginan dan permintaan yaitu:

  • Definisi kebutuhan ialah suatu keadaan yang dirasakannya ketiadaan kepuasan dasar tertentu.
  • Sedangkan keinginan ialah suatu kehendak yang kuat akan pemuas yang spesifik terhadap berbagai macam kebutuhan yang lebih mendalam.
  • Lalu permintaan ialah keinginan akan produk ataupun jasa yang spesifik yang didukung dengan kemampuan serta kesediaan untuk membeli produk atau jasa tersebut.

Demikianlah pembahasan mengenai “Penjualan & Pemasaran” Pengertian & ( Tujuan – Syarat – Jenis – Konsep ) semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian semua, terima kasih banyak atas kunjungannya. πŸ™‚ πŸ™‚ πŸ™‚

Baca Juga: