Peran Negara Indonesia Dalam Asean Kerja Sama Antar Negara

Rate this post

DosenPendidikan.Com – Masyarakat Ekonomi ASEAN (AEC) adalah integrasi ekonomi ASEAN dalam menghadapi perdagangan bebas antara negara-negara dari negara-negara ASEAN. Semua negara ASEAN telah sepakat perjanjian ini. MEA dirancang untuk mewujudkan ASEAN Insight 2020. Dalam menghadapi kompetisi yang sangat ketat untuk AEC, negara-negara ASEAN harus mempersiapkan sumber daya manusia (SDM) terampil, cerdas, dan kompetitif.

Peran Indonesia Dalam Asean

1. Indonesia Menjadi Salah Satu Memulainya Kelahiran Negara ASEAN

Indonesia deputi yang berpartisipasi dalam Deklarasi Bangkok adalah menteri luar negeri bernama Adam Malik. Pada saat itu, nama Indonesia, Menteri Luar Negeri Adam Malik menjelaskan visi Indonesia untuk mendirikan ASEAN.

Kawasan Asia Tenggara yang berdiri di atas kaki sendiri, mampu mempertahankan diri terhadap pengaruh pengaruh negatif dari luar daerah. visi yang bisa diwujudkan jika ada kerja sama yang efektif antara negara-negara di kawasan itu.

2. Mencetuskan Ide Untuk Menghormati Dan Melindungi Hak Asasi Manusia

Hari HAM menjadi salah satu isu yang telah mendunia. maka Indonesia berusaha untuk terlibat dan mendorong negara-negara ASEAN untuk lebih menghormati hak asasi manusia dengan cara mematuhi semua aturan dan norma di dalam negeri.

3. Mencetuskan Pembentukan Ide Keamanan Komunitas ASEAN

Gagasa pembentukan komunitas keamanan ASEAN dinyatakan oleh Menteri Luar Negeri Hasa Wirayudha. Di Indonesia gagasan mengedepankan proses pembangunan politik di wilayah tersebut untuk mengatasi sistem politik yang terlalu mencolok di antara negara-negara Asean pada kejahatan transisi, terorisme, separatisme, perampokan, dan sebagainya.

4. Kerja Sama Menempa Barang Dan Jasa Pertukaran

Kerjasama Indonesia di bidang ekonomi dengan negara-negara ASEAN lainnya sudah sejak lama dilakukan untuk memperkuat perdagangan dan membawa kemakmuran.

Kerjasama di bidang ekonomi dapat mencakup pertukaran barang dan jasa. Juga di bidang jasa transportasi darat dan laut kerjasama ini juga dapat dilihat pada pengiriman tenaga kerja ke Malaysia, Singapura, dan negara-negara tetangga lainnya.

5. Mendorong Adanya Pementasan Kesenian Atau Negara ASEAN Cultural

Di bidang sosial budaya, Indonesia dapat bekerja sama dengan negara-negara lain dalam bentuk pertunjukan kesenian antara negara-negara ASEAN. Banyak dari karya-karya orang Indonesia yang turut memperkaya budaya ASEAN.

6. Memberikan Ide Dalam Pembentukan Komunitas Keamanan ASEAN

Peran penting lain dari Indonesia yang pernah dilakukan adalah untuk memberikan ide, pemikiran atau ide-ide dalam hal pembentukan komunitas keamanan ASEAN, yang diajukan oleh menteri luar negeri Republik Indonesia, Hassan Wirajuda. Ide seerti sangat penting dalam hal menangani terorisme, kejahatan transnasional, perampokan, separatisme, dll.

7. Memberikan Ide Dalam Menghormati Dan Melindungi Hak Asasi Manusia

Ini adalah pengetahuan umum bahwa isu HAM selalu menjadi ramai diperbincangkan di banyak negara, tidak hanya di Indonesia tetapi juga di negara-negara di mana ada wilayah Asia Tenggara lainnya. Indonesia selalu mengajak negara-negara ASEAN lainnya untuk menegakkan hak asasi manusia sesuai dengan norma-norma dan aturan yang ada di negaranya.

8. Mendukung Pembentukan Masyarakat Ekonomi ASEAN

Di bidang ekonomi, Indonesia sangat mendukung pembentukan integrasi ekonomi antara negara-negara kawasan yang terletak di Asia Tenggara yang kita kenal dengan ASEAN Economic Community atau AEC. Tentunya dengan Indonesia berharap bisa bersaing di pasar ASEAN, pertumbuhan ekonomi Indonesia meningkat dan membuka banyak lapangan kerja baru.

Selain peran 5 Indonesia di ASEAN umumnya dijelaskan di atas, tentu saja, masih banyak lagi dari peran Indonesia di kawasan Asia Tenggara. Misalnya Indonesia selalu digarda terdepan dalam hal menciptakan wilayah perdamaian, beberapa konflik terjadi antara negara-negara Asia Tenggara wilayah dan Indonesia juga berkontribusi untuk menengahi konflik.

Bagaimana teman cukup mengertikan … Peran Negara Indonesia Dalam Asean Kerja Sama Antar Negara ?? 😀

Kritik dan saran yang bersifat membangun juga kami butuhkan 😀

Peran Negara Indonesia Dalam Asean Kerja Sama Antar Negara