Peranan Virus Yang Menguntungkan Serta Penjelasannya

Posted on
Peranan Virus Yang Menguntungkan Serta Penjelasannya
Rate this post

DosenPendidikan.Com – Untuk peranan virus juga mempunyai manfaat yang sangat menguntungkan bagi makhluk hidup yang ada di muka bumi ini. Ada banyak virus yang mempunyai peranan yang merugikan bagi kelangsungan kehidupan manusia, hewan maupun tumbuhan hal ini karena yang cara hidupnya bersifat parasit intraseluler obligat pada sel hidup.

Peranan Virus Yang Menguntungkan

Namun dalam hal ini ada beberapa jenis-jenis virus yang dapat di manfaatkan untuk dapat meningkatkan kesejahteraan manusia itu sendiri. Lalu apa sajakah manfaat virus itu sendiri?? Nah berikut ini peranan atau manfaat virus, simak uraian dibawah ini.

Macam-Macam Peranan Virus Yang Menguntungkan

Ada beberapa macam-macam peranan yang dimiliki virus, seperti yaitu:

Rekayasa Genetika (Manipulasi Informasi Genetik)

Dalam teknologi rekayasa genetika (manipulasi informasi genetik), seperti untuk terapi gen. Yang terapi gen merupakan upaya dalam memperbaiki informasi genetik dengan memperbaiki susunan basa nitrogen pada untaian DNA yang ada di dalam gen. Yang salah satau keberhasilan ialah untuk memperbaiki kelainan genetik ADD (adenosine deaminase deficiency) penyakit yang membuat seseorang tidak memiliki daya tahan tubuh, karena tidak terdapat enzim AD (adenosine deaminase).

Untuk Pembuatan Vaksin Protein

Dalam hal ini selubung virus bisa digunakan sebagai protein yang khusus memacu terbentuknya respons kekebalan tubuh dalam melawan suatu penyakit.

Pengobatan Secara Biologis

Dapat digunakan untuk pengobatan secara biologis yakni dengan melemahkan atau membunuh bakteri, jamur atau sprotozoa yang bersifat patogen. Bakteriofag, misalnya dapat digunakan untuk membunuh bakteri patogen.

Pemberantasan Hama Pada Tanaman

Beberapa virus yang hidup parasit pada serangga, virus dibiakkan yang digunakan untuk menyemprot serangga atau tanaman, misalnya Baculovirus yang pada sejak tahun 1950, Baculovirus digunakan untuk bioinsektisida yang tidak mencemari lingkungan.

Untuk Membuat Perngakat Elektronik

Pada tim ilmuwan dari Jon Innes Center (pusat riset mikrobiologi di Inggris) berhasil menginokulasi partikel virus, kemudian mencampurnya dengan senyawa besi (Fe) untuk membuat kapasitor (alat penyimpanan energi listrik).

Demikianlah pembahasan mengenai Peranan Virus Yang Menguntungkan Serta Penjelasannya semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat menambah wawasan dan pengetahuan anda semua, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂

Baca Juga:

loading...