“Premi Asuransi” Pengertian & ( Fungsi – Faktor Yang Mempengaruhi – Komponen – Jadwal Pembayaran )

Posted on

“Premi Asuransi” Pengertian & ( Fungsi – Faktor Yang Mempengaruhi – Komponen – Jadwal Pembayaran )

DosenPendidikan.Com – Untuk pembahasan kali ini kami akan mengulas mengenai Premi Asuransi yang dimana dalam hal ini meliputi fungsi, faktor yang mempengaruhi, komponen dan jadwal pembayaran,, nah agar lebih dapat memahami dan dimengerti simak pemaparannya dibawah ini.

Pengertian Premi Asuransi

Premi Asuransi ialah sejumlah uang yang wajib dibayarkan setiap bulannya dari pihak tertanggung atas keikutsertaannya dalam asuransi. Besarnya uang yang dibayarkan atas keikutsertakan pihak tertanggung pada asuransi telah ditentukan oleh perusahaan asuransi dengan memperhatikan keadaan dari pihak tertanggung.

Fungsi Premi Asuransi

Fungsi premi asuransi yaitu dapat mengambalikan keadaan pihak tertanggung bila terjadi kebangkrutan sehingga dapat kembali pada keadaan sebelum terjadi kebangkrutan atau jika terjadi kerugian dapat mengembalikan pihak tertanggung kepada posisi ekonomi sebelum terjadi kerugian.

Faktor Yang Mempengaruhi Tarif Premi Asuransi

Adapun beberapa faktor yang dapat mempengaruhi penentuan tarif premi asuransi dan dalam hal ini terdapat 2 faktor yang dapat mempengaruhi penentuan tarif dari premi yang diantaranya yaitu:

Faktor Eksternal

Faktor eksternal merupakan faktor yang berasal dari luar yang diantaranya yaitu:

  • Kondisi dari perekonomian.
  • Persaingan dengan perusahaan lain.
  • Dan peraturan undang-undang pemerintah.

Faktor Internal

Sedangkan faktor ini merupakan faktor yang berasal dari dalam yang diantaranya yaitu:

  • Kondisi dari pertanggungan.
  • Jenis barang atau fasilitas yang diasuransikan.
  • Jenis alat pengukur barang yang diasuransikan.
  • Cara dari pengangkutan barang.
  • Dan jangka waktu dari pertanggungan.

Komponen-Komponen Premi Asuransi

Adapun komponen-komponen premi asuransi yang diantaranya yaitu:

Premi Dasar

Premi dasar yaitu premi yang dicantumkan pada polis asuransi dan biasanya tidak berubah selama data atau luasnya jaminan tidak mengalami perubahan. Tarif dari premi berbanding dengan tingginya suatu resiko, luas resiko, kemungkinan terjadinya kerusakan barang atau semakin tinggi suatu barang mengandung bahaya.

Premi asuransi yang dibebankan kepad apihak tertanggung saat polis dikeluarkan yang dimana perhitungannya berdasarkan keterangan atau data yang diberikan oleh pihak tertanggung kepada pihak penanggung saat waktu penutupan asuransi yang pertama dan luas dari resiko yang dijamin oleh pihak penanggung sesuai yang telah disetujui oleh pihak tertanggung. Premi dasar umumnya terbagi menjadi 3 kelompok yang diantaranya sebagai berikut:

  • Komponen premi yang membayar kerugian yang mungkin dapat terjadi.
  • Komponen premi yang membiayai operasi atau kegiatan perusahaan.
  • Komponen premi yang sebagai bagian dari keuntungan perusahaan.

Premi Tambahan

Premi tambahan yaitu premi yang ditambahkan pada premi dasar saat terjadi perubahan data atau keterangan pihak tertanggung dan luasnya resiko yang dijaminkan. Untuk penambahan data interest yang diasuransikan maka dikenakan tambahan premi.

Reduksi Premi

Reduksi premi yaitu potongan dari besarnya premi yang disebabkan oleh keadaan tertentu,, misalnya pembayaran premi secara sekaligus untuk beberapa tahun atau pembayaran premi melalui lembaga-lembaga keuangan tertentu.

Tarif Kompeni

Tarif kompeni yaitu besaran tarif yang ditetapkan oleh aosiasi perusahaan asuransi yang berfungsi untuk menghindari persaingan yang tidak sehat. Supaya menghindari terjadinya persaingan yang tidak sehat diantara perusahaan asuransi, maka pihak asosiasi perusahaan asuransi menyusun daftar tarif asuransi.

Jadwal Pembayaran Premi Asuransi

Jadwal untuk pembayaran premi biasanya dibayar atau dikumpulkan dalam berbagai jadwal tergantung pilihan pembayaran misalnya seperti bulanan, setengah tahunan ataupun tahunan hal ini tergantung pada jenis perusahaan asuransi yang dipilih.

Orang yang memegang polis asuransi memiliki kewajiban untuk membayar premi asuransinya secara teratur sesuai dengan jadwal. Jika pemegang polis asuransi gagal melakukan pembayaran sesuai dengan jadwal yang dipilih, biasanya akan dibatalkan polis asuransinya oleh pihak perusahaan dan akan kehilangan haknya untuk melakukan klaim asuransi.

Demikianlah pembahasan mengenai “Premi Asuransi” Pengertian & ( Fungsi – Faktor Yang Mempengaruhi – Komponen – Jadwal Pembayaran ) semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂

Baca Juga: