“Processor” Pengertian & ( Fungsi – Bagian – Cara Kerja )

Posted on

“Processor” Pengertian & ( Fungsi – Bagian – Cara Kerja )

DosenPendidikan.Com – Untuk pembahasan kali ini kami akan mengulas mengenai Processor yang dimana dalam hal ini meliputi Fungsi dan Cara Kerja, nah agar lebih dapat memahami dan mengerti simak ulasan selengkapnya dibawah ini.

Pengertian Processor

Processor ialah secara singkat dapat diartikan sebagai otak komputer, processor pada umumnya sering disebut juga dengan CPU “Central Processing Unit” yaitu suatu chip yang berupa IC “Integrated Circuit” yang mengontrol keseluruhan sistem komputer khususnya dalam menjalankan  intruksi, pengolah dan digunakan sebagai pusat ataupun otak dari kegiatan komputer dalam melakukan perhitungan serta menjalankan tugas input dan output.

Processor terletak pada soket yang terdapat di Motherboard, mengelolanya dan melakukan komunikasi. Oleh karena itu processor ialah alat atau suatu komponen yang sangat dibutuhkan paling utama tapi kalau tidak ada komponen yang lainnya maka processor tidak dapat bekerja atau berfungsi dengan sangat baik sebab komponen komputer itu saling berkaitan satu sama lain dengan komponen yang lainnya.

Bagian Processor

Adapun bagian Processor yang terpenting terbagi menjadi 3 “tiga” yaitu:

  • Aritcmatics Logical Unit “ALU”.
  • Control Unit “Cu”.
  • Memory Unit “Mu”.

Fungsi Processor

Karena komponen yang kecil ini sangat menentukan kecepatan performa dari sebuah komputer. Pada dasarnya fungsi sebuah processor ialah hanya untuk memproses data-data yang diterima dari input atau masukkan, lalu akan menghasilkan pengeluaran atau lebih dikenal dengan output.

Cara kerja processor akan terus terhubung dengan komponen/device komputer yang lainnya, terutama hardisk dan RAM “Random Acces Memory”. Fungsi dari processor juga diibaratkan sebagai sebuah otak dari komputer sebab setiap data yang akan diolah atau diproses akan selalu melewati processor lalu kemudian diolah dan menghasilkan data-data yang diinginkan dari si pengguna.

Cara Kerja Processor

Ialah menjalankan sekumpulan intruksi mesin yang memberitahu processor apa saja yang harus dilakukan, berdasarkan instruksi itu, processor melakukan 3 “tiga” hal dasar diantaranya:

  • Menggunakan ALU “Arithmetic Logic Unit” yaitu untuk melakukan operasi matematis seperti pengurangan, penambahan, perkalian dan juga pembagian. Mikro processor modern mengandung floating point unit yang dapat melakukan operasi-operasi yang sangat kompleks pada angka yang cukup besar.
  • Lalu memindahkan data dari satu lokasi memori ke lokasi yang lainnya.
  • Mengambil keputusan serta melompat ke instruksi lain sesuai keputusan tersebut.

Sederhananya cara kerja processor intinya ialah menerima umpan ataupun perintah masuk “inpot” baik dari mouse, keybord atau alat penginput data yang lainnya yang terhubung, lalu kemudian menerjemahkan atau memproses data-data perintah tersebut untuk kemudian mengeluarkan atau meneruskan outputnya ke hardware ataupun software terkait.

Demikianlah pembahasan mengenai “Processor” Pengertian & ( Fungsi – Bagian – Cara Kerja ) semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂

Baca Juga: