Profesi Yang Terdapat Dalam Akuntansi
Profesi Yang Terdapat Dalam Akuntansi

Profesi Yang Terdapat Dalam Akuntansi

Posted on

Profesi Yang Terdapat Dalam Akuntansi – dosenpendidikan – Dalam akuntansi terdapat bermacam-macam profesi yang dapat kita ambil kedepannya. Profesi apa yang akan kita ambil di kedepannya, kita haruslah memikirkannya mulai dari sekarang dan mulailah untuk menekuninya agar dapat menguasainya dengan baik dan benar.

Profesi Yang Terdapat Dalam Akuntansi
Profesi Yang Terdapat Dalam Akuntansi

Seseorang yang ahli di bidang Akuntansi sering di sebut dengan seorang Akuntan.

Akuntan Ini Ahli Di Bidang

1. Ahli Teori Akuntansi
2. Ahli Akuntansi Biaya
3. Ahli Pengauditan
4. Ahli Sistem Akuntansi
5. Ahli Perpajakan
6. Ahli dalam Sistem Informasi Manajemen
7. Ahli Akuntansi Keuangan
8. Ahli Ekonomi Perusahaan

Bidang Yang Terdapat Di Profesi Akuntan Digolongkan Menjadi Beberapa Bagian Yaitu

1. Akuntan Publik

Adalah profesi yang praktiknya adalah sebagai pelayanan kebutuhan dalam masyarakat atau suatu pihak-pihak yang sangat butuh keahlian dengan menerima honor. Tugas dari akuntan publik adalah sebagai pemberi penyempurnaan bagi suatu organisasi perusahaan, pemeriksa dalam penyusunan suatu sistem akuntansi, dan memberikan persepsinya tentang cara memecahkan masalah yang berkaitan dengan ekonomi yang ada di perusahaan.

2. Akuntan Swasta

Adalah profesi yang berkerja di suatu perusahan swasta yang bertugas sebagai penasehat ataupun pembantu menyelesaikan tugas-tugas dari pemilik ataupun pemimpin dari perusahaan tersebut. Tugas dari akuntan swasta ini adalah mengatur dalam pencatatan data keuangan, membuat suatu laporan tentang keuangan yang ada, dan membuat suatu sistem akuntansi untuk perusahaan dan melakukan pemeriksaan secara intern.

3. Akuntan Pemerintah

Adalah suatu profesi yang berkerja di suatu badan pemerintahan tugas utamanya adalah sebagai pengawas keuangan yang menjadi milik negara. Badan dari pemerintahan yang sering membutuhkan jasa seseorang yang berprofesi sebagai akuntan pemerintah adalah BPKN dan Direktorat Akuntan Negara (DAN).

4. Akuntan Pendidik

Adalah suatu profesi akuntan yang berkerja sebagai tenaga pengajar pada suatu perguruan tinggi dan tugasnya adalah mengembangkan pendidikan akauntansi. Profesi ini tidak hanya mengajar akan tetapi mempunyai pekerjaan lain seperti membuka praktik sebagai pelayanan kebutuhan dalam masyarakat ataupun suatu pihak yang membutuhkan keahlian khususnya.

Sekianlah Profesi Yang Terdapat Dalam Akuntansi semoga bermanfaat.