“Propaganda” 10 Pengertian Menurut Para Ahli & ( Jenis – Contoh )

Posted on
“Propaganda” 10 Pengertian Menurut Para Ahli & ( Jenis – Contoh )
Rate this post

“Propaganda” 10 Pengertian Menurut Para Ahli & ( Jenis – Contoh )

DosenPendidikan.Com – Untuk pembahasan kali ini kami akan mengulas mengenai propaganda yang dimana dalam hal ini meliputi pengertian menurut para ahli, jenis dan contoh, agar memahmi dan mengerti simak ulasan berikut ini.

"Propaganda" 10 Pengertian Menurut Para Ahli & ( Jenis - Contoh )

Pengertian Propaganda Secara Umum

Secara umum propaganda didefinisikan sebagai skema untuk mempropagandakan suatu doktrin atau tindakan kepada seseorang atau sekelompok orang yang disebarkan melalui kata-kata, suara, iklan komersial, musik, gambar dan simbol-simbol lainnya.

Pengertian Propaganda Menurut Para Ahli

Adapun pengertian propaganda menurut para ahli yang diantaranya yaitu:

Menurut Qualter

“Propaganda is the deliberate attempt by some individual or group to form, control or alter the attitude of other groups by the use of the isntruments of communication with the intention that ini any given situatin the reaction of those so influenced will be that desired by propagandist”.

Artinya: Propaganda ialah suatu usaha yang dilakukan secara sengaja oleh beberapa individu atau kelompok untuk membentuk, mengawasi atau mengubah sikap dari kelompok-kelompok lain dengan menggunakan media komunikasi dengan tujuan bahwa pada setiap situasi yang tersedia, reaksi dari mereka yang dipengaruhi akan seperti yang diinginkan oleh si propaganda.

Menurut Lasswell

“Propaganda is ini the broadcast sense the technique of influencing human action by the manipulation of represe ntations”

Artinya:
Propaganda dalam arti yang luas, ialah teknik untuk mempengaruhi kegiatan manusia dengan memanifulasikan representasinya “representasi dalam hal ini berarti kegiatan atau berbicara untuk suatu kegiatan kelompok”.

Menurut Barnays

“Modern propaganda is a consistent, enduring effart to create or shape event to influence the relations of the public to an enterprise idea or group”

Artinya:
Propaganda modern ialah suatu usaha yang bersifat konsisten dan terus menerus untuk menciptakan atau membentuk peristiwa-peristiwa guna mempengaruhi hubungan publik terhadap suatu penguasa atau kelompok.

Menurut Ralph D. Casey

“Propaganda is the deliberate and conscious effort to fix an attiude or modify an opinioin as it relater to a doctrine or program and on the other hand the conscientious effort of the agencies of communications to disseminate facts in a spirit of objectivity and honesty.

Artinya:
Propaganda ialah suatu usaha yang dilakukan secara sengaja dan sadar untuk menetapkan suatu sikap atau mengubah suatu pendapat yang berkaitan dengan suatu doktrin atau program dan dipihak lain merupakan suatu yang sadar dari lembaga-lembaga komunikasi untuk menyebarkan fakta dalam semangat obyektivitas dan kejujuran.

Menurut Drs. R.A Santoso Sastropoetro

Propaganda ialah suatu penyebaran pesan yang terlebih dahulu telah direncanakan secara teliti untuk mengubah sikap, padangan, pendapat dan tingkah laku dari penerima komunikasi sesuai dengan pola yang telah ditetapkan oleh komunikator.

Menurut Prof. Onong Uchyna Efendi

Propaganda ialah komunikasi yang dilakukan secara berencana, sistematis dan berulang-ulang untuk mempengaruhi seseorang, khalayak atau bangsa agar melaksanakan kegiatan tertentu dengan kesadaran sendiri tanpa paksa atau dipaksa.

Menurut Drs. R. Roekomy

Propaganda ialah usaha mempengaruhi orang lain berdasarkan faktor-faktor psikologis tentang sesuatu yang baru atau belum diakui kebenarannya agar terbuat sesuai dengan yang diharapkan.

Menurut Prof. Dr. mar’at

Propaganda itu ialah suatu teknik cara usaha yang sistematis serta sungguh-sungguh dipikirkan secara mendalam dimana teknik atau cara/usaha ini dilakukan baik oleh seseorang maupun sekelompok orang untuk mempengaruhi pendapat atau sikap orang lain atau kelompok lain.

Menurut Prof. DR.H.C.J Duyker

Bahwa siapa pun yang melakukan propaganda menyebarkan pesan-pesan mempunyai keinginan untuk mengubah sikap, pendapat, tingkah laku dari sesama manusia sebagai objeknya.

Menurut William Albig

Pada awalnya kegiatan propaganda didasarkan pada komunikasi dari mulut ke mulut dan media cetak yang mencapai keompok kecil.

Jenis-Jenis Propaganda

Adapun jenis-jenis propaganda yang diantaranya yaitu:

White Propaganda

Merupakan sejenis propaganda yang dikenal kesahihan serta ketetapan cerita atau berita yang ingin disampaikan. Propaganda jenis ini kebiasaannya akan melalui saluran yang dimonopoli oleh phak pemerintah. Setiap maklumat yang disebarkan akan memberi kelebihan dan menonjolkan kebaikan pihak pemerintah.

Black Propaganda

Merupakan sejenis propaganda tertutup atau tersembunyi, propaganda jenis ini memberikan sumber informasi yang salah atau tidak tepat. Penyebar propaganda ini juga akan menyebarkan informasi palsu dan akan memberi kesan buruk kepada orang atau negara yang dituduh itu.

Grey Propaganda

Merupakan sejenis propaganda yang kurang ketepatan tentang informasi atau berita yang disebarkan, propaganda jenis ini biasanya tidak diketahui penyebar yang menyebarkan informasi tersebut. Apabila sesuatu informasi disebarkan, kita jarang mengetahui identitas penyebar maklumat tersebut. Propaganda jenis ini juga kebiasaannya akan menolak sesuatu kekejaman yang dilakukan oleh kuasa-kuasa besar.

Ratio Propaganda

Merupakan sejenis propaganda yang bersifat positif, propaganda jenis ini lebih menjurus ke arah perpadua dan mencipta nama yang baik. Selain itu ia mempromosikan ikatan persahabatan dan meningkatkan moral sesuatu perkaa yang disebarkan.

Contoh Propaganda

Adapun contoh propaganda yang diantaranya:

  • Contoh white propaganda yaitu seperti RRI dan TVRI kedua media ini dari dahulu sampai sekarang masih sering digunakan untuk alat komunikasi pemerintah untuk menyampaikan informasi tentang kebijakan pemerintah kepada rakyat indonesia secara luas.
  • Contoh black propaganda yang sempat kita dengar yaitu ketika itu ada seorang moderator acara silahturahmi suatu organisasi yang mengatakan bahwa pembicara yang mereka undang tidak bisa datang karena telah diculik oleh BIN “Badan Intelegen Negara” akan tetapi tuduhan tersebut tidak terbukti.
  • Contoh grey propaganda yang pernah kita liat ditelevisi yaitu propaganda yang dilakukan oleh partai politik yakni parati NASDEM mengatakan bahwasanya MENDAGRI, Gamawan Fauzi harus mundur dari jabatannya, karena beliau tidak mampu menyelesaikan program E-KTP yang akibatnya berujung pada masalah DTP yang masih belum terselesaikan hingga saat ini. Tapi MENDAGRI membantah dan mengatakan bahwa prorgram E-KTP tidak ada hubungannya dengan DPT.
  • Contoh ratio propagandaa yang sangat hangat diingatan kita, yang pada tanggal 28 oktober yang kita peringati hari sumpah pemuda, sebagai contoh yakni isi sumpah pemuda digunakan untuk mengingatkan dan menyatukan para pemuda di seluruh Indonesia untuk tetap bersatu demi kajayaan bangsa.

Demikianlah pembahasan mengenai “Propaganda” 10 Pengertian Menurut Para Ahli & ( Jenis – Contoh ) semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat menambah wawasan dan pengetahuan anda semua, terima kasih banyak atas kunjungannya.

Baca Juga:

loading...