“Proxy” Pengertian & ( Cara Kerja – Fungsi – Yang Dapat Dilakukan )

Posted on
“Proxy” Pengertian & ( Cara Kerja – Fungsi – Yang Dapat Dilakukan )
5 (100%) 1 vote

“Proxy” Pengertian & ( Cara Kerja – Fungsi – Yang Dapat Dilakukan )

DosenPendidikan.Com – Untuk pembahasan kali ini kami akan mengulas mengenai Proxy yang dimana dalam hal ini meliputi pengertian, cara kerja, fungsi dan hal-hal yang dapat dilakukan, nah agar lebih dapat memahami dan dimengerti simak ulasan selengkapnya dibawah ini.

Pengertian Proxy

Pengertian proxy ialah server yang menyediakan suatu layanan untuk meneruskan setiap permintaan user kepada server lain yang terdapat di internet. Atau definisi proxy server yang lainnya yaitu suatu server atau program komputer yang mempunyai peran sebagai penghubung antara suatu komputer dengan internet.

Cara Kerja Proxy Server

Bagaimanakah proxy bekerja? Sebenarnya prinsip kerja proxy sangatlah sederhana, saat user menggunakan layanan suatu proxy lalu meminta file atau data yang terdapat di public server “internet” maka proxy akan meneruskan ke internet jadi seolah-olah proxy tersebut yang memintanya. Dan saat proxy server telah mendapatkan apa yang diminta oleh user, proxy akan memberikan respon kepada user jadi seolah-olah dialah public servernya.

Fungsi Proxy

Nah berikut ini beberapa fungsi proxy sebagai berikut:

Fungsi Conecting Sharing

Salah satu fungsi proxy ialah sebagai connesting sharing yaitu sebagai penghubung atau perantara pengambilan data dari suatu alamat IP dan diantaranya ke alamat IP lainnya ataupun kepada IP komputer user.

Fungsi Filtering

Terdapat beberapa proxy yang dilengkapi dengan firewall yang dapat memblokir beberapa atau sebuah alamat IP yang tidak diinginkan, sehingga beberapa website tidak dapat diakses dengan memakai proxy tersebut. Itulah salah satu fungsi dari proxy sebagai filtering.

Fungsi Caching

Dan fungsi proxy yang lainnya yaitu sebagai fungsi caching, disini maksudnya proxy juga dilengkapi dengan media penyimpanan data dari suatu web dari query ataupun permintaan akses user. Misala permintaan untuk mengakses suatu web dapat lebih cepat jika telah ada permintaan akses ke suatu web pada pemakai proxy sebelumnya. Itulah fungsi proxy sebagai chacing.

Hal-Hal Yang Dapat Dilakukan Oleh Web Proxy

Web proxy ialah komputer server yang bertindak sebagai komputer lainnya berfungsi untuk melakukan request terhadap kontent dari suatu jaringan internet ataupun jaringan intranet. Adapun hal-hal yang dapat dilakukan oleh web proxy diantaranya sebagai berikut ini:

  • Dapat menyembunyikan alamat IP address.
  • Dapat diipakai untuk mengakses suatu website yang telah diblok oleh ISP “Internet Service Provider” atau oleh suatu organisasi.
  • Dapat digunakan untuk men-blok beberapa atau sebuah websiste yang nantinya tidak dapat diakses.
  • Dapat men-filter cookies yang tidak di inginkan dan seluruh cookies yang tersimpan di encrypt.
  • Dan dapat meningkatkan keamanan privacy pengguna.

Demikianlah pembahasan mengenai “Proxy” Pengertian & ( Cara Kerja – Fungsi – Yang Dapat Dilakukan ) semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian semua, terima kasih banyak atas kunjungannya. πŸ™‚ πŸ™‚ πŸ™‚

Baca Juga:

loading...