“Ruang Lingkup Ekonomi Industri” Pengertian & ( Struktur – Perilaku – Kinerja )

Posted on
“Ruang Lingkup Ekonomi Industri” Pengertian & ( Struktur – Perilaku – Kinerja )
5 (100%) 2 votes

“Ruang Lingkup Ekonomi Industri” Pengertian & ( Struktur – Perilaku – Kinerja )

DosenPendidikan.Com – Untuk pembahasan kali ini kami akan mengulas mengenai ruang lingkup ekonomi industri yang dimana dalam hal ini meliputi pengertian, struktur, perilaku dan kinerja, nah agar lebih memahami dan di mengerti simak ulasannya dibawah ini.

"Ruang Lingkup Ekonomi Industri" Pengertian & ( Struktur - Perilaku - Kinerja )

Pengertian Ekonomi Industri

Ekonomi industri ialah ilmu ekonomi yang mempelajari aspek ekonomi dari industri yaitu aspek pasar dan perusahaan. Tujuan dari ekonomi industri yaitu menerangkan cara-cara perkembangan dalam sektor ekonomi. Ditinjau dari segi mikro dan makro, ekonomi industri memiliki definisi sebagai berikut:

  • Ekonomi industri dari segi mikro ialah kumpulan perusahaan-perusahaan yang memproduksi barang-barang yang homogen dan substitusi yang erat.
  • Ekonomi industri dari segi makro ialah pembentukan pendapatan dan dapat menambah nilai tambah yang lebih besar.

Ruang Lingkup Ekonomi Industri

Di dalam ekonomi industri terdapat beberapa ruang lingkup atau variabel yang ada di dalam perusahaan-perusahaan industri yang meliputi:

Struktur Industri

Struktur industri merupakan sifat permintaan dan penawaran barang dan jasa yang dipengaruhi oleh jenis barang yang dihasilkan, jumlah dan ukuran distribusi penjual “perusahaan” dalam industri, jumlah dan ukuran distribusi pembeli, diferensiasi produk serta mudah tidaknya “persyaratan” masuk ke dalam industri. Jadi bisa dikatakan bahwa struktur industri merupakan cerminan dari suatu struktur pasar pada suatu industri.

Pasar dalam arti sempit merupakan tempat bertemunya pembeli dan penjual. Sementara itu dalam arti luas, pasar merupakan wujud abstrak suatu mekanisme ketika pihak pembeli dan penjual bertemu untuk mengadakan transaksi yang melibatkan harga dan kuantitas. Adapun jenis pasar dalam struktur industri yaitu:

  • Monopoli yakni pasar yang hanya terdapat produsen tunggal, produk tanpa barang subsitusi yang serupa/identik.
  • Persaingan sempurna yaitu pasar yang terdapat banyak produsen dengan produk yang serupa/identik. Selain itu baik produsen ataupun konsumen tidak bebas menentukan harga karena harga ditentukan oleh kekuatan pasar.
  • Oligopoli yakni pasar yang hanya ada beberapa produsen sehingga pengaruh produsen juga sangat kecil dan tidak ada produsen yang berkuasa secara dominan. Dalam hal ini ada produsen yang mampu bertahan dan juga sebaliknya. Produsen yang mampu bertahan itu biasanya menggunakan startegi bisnis sehari-hari. Sementara itu, faktor yang membuat produsen tidak mampu bertahan antara lain: Kekurangan modal, kekurangan SDM, dan kekurangan strategi.
  • Persaingan monopolitik yakni pasar yang terdapat banyak produsen namun produknya terdiferensiasi.

Dari beberapa jenis pasar yang terdapat dalam struktur industri terdapat unsur-unsur yang menjadi syarat suatu struktur pasar yaitu:

  • Jumlah dan ukuran distribusi penjual.
  • Jumlah dan ukuran distribusi pembeli.
  • Diferensiasi produk.
  • Persyaratan masuk.

Perilaku Industri

Dalam ekonomi industri perilaku diartikan sebagai cara yang dilakukan oleh perusahaan agar mendapatkan pasar. Dengan kata lain perilaku merupakan pola tanggapan dan penyesuaian berbagai perusahaan yang terdapat dalam suatu industri untuk mencapai tujuannya dan menghadapi persaingan, perilaku dapat dilihat sebagai cara perusahaan untuk:

  • Menentukan harga jual.
  • Promosi produk “iklan”.
  • Koordinasi kegiatan di dalam pasar “kolusi, kartel dan sebagainya”.
  • Penelitian dan pengembangan “riset and development/R&D”.

Perilaku perusahaan menjadi suatu hal yang menarik hanya ketika terjadi persaingan yang tidak sempurna. Dalam suatu pasar persaingan sempurna, satu perusahaan tidak dapat menentukan harga pasar. Dalam keadaan yang demikian suatu perusahaan tidak memiliki perangsang untuk beriklan untuk bereaksi pada saingan-saingan atau untuk berusaha mencegah terjadi entry. Sekalipun banyak perusahaan kecil dalam suatu industri kompetitif bisa mengkoordinir suatu kartel, perusahaan baru akan masuk ke dalam pasar. Situasi ini menjadi berbeda bila kompetisinya dalam bentuk pasar persaingan tidak sempurna. Oleh karena itu terdapat beberapa unsur penting dalam perilaku industri yaitu:

  • Kolusi/kerjasa.
  • Perilaku startegis.
  • Iklan/penelitian dan pengembangan.

Kinerja Industri

Kinerja industri merupakan hasil kerja yang dipengaruhi oleh struktur dan perilaku industri dimana hasil biasa diidentikkan dengan besarnya penguasaan pasar atau besarnya keuntungan suatu perusahaan di dalam suatu industri. Secara lebih rinci kinerja dapat pula tercermin melalui efisiensi, pertumbuhan “termasuk perluasan pasar” kesempatan kerja, kesejahteraan personalia. serta kebanggaan kelompok. Adapun unsur-unsur dalam kinerja industri meliputi:

  • Profitabilitas.
  • Efisiensi.
  • Progresivitas.

Demikianlah pembahasan mengenai “Ruang Lingkup Ekonomi Industri” Pengertian & ( Struktur – Perilaku – Kinerja ) semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian semua, terima kasih banyak atas kunjungannya. ๐Ÿ™‚ ๐Ÿ™‚ ๐Ÿ™‚

Baca Juga:

loading...