“Saluran Distribusi” Pengertian & ( Fungsi – Tingkatan – Bentuk )

Posted on

“Saluran Distribusi” Pengertian & ( Fungsi – Tingkatan – Bentuk )

DosenPendidikan.Com – Untuk pembahasan kali ini kami akan mengulas mengenai Saluran Distribusi yang dimana dalam hal ini meliputi fungsi, tingkatan, dan bentuk, nah agar lebih dapat memahami dan dimengerti simak ulasan selengkapnya dibawah ini.

Pengertian Saluran Distribusi

Saluran distribusi “marketing channel, trade channel, distribution channel” ialah serangkaian jalur atau rute yang digunakan untuk menyalurkan produk atau barang dari produsen ke konsumen, berupa pelayanan pemindahan barang atau perpindahan hak kepemilikan untuk memperoleh keuntungan. Saluran Distribusi selalu melibatkan unsur produsen, konsumen, juga perantara yang berfungsi sebagai pemindahan kepemilikan barang. Perantara juga merupakan bagian dari saluran distribusi meskipun mereka tidak memiliki hak atas kepemilikan barang.

Saluran distribusi sangat penting untuk dijaga dan dipertahankan dengan baik. Sebab saluran distribusi ialah rangkaian jalur yang membawa produk dari produsen kepada konsumen, apabila saluran distribusi itu tidak efektif dan efisien maka setiap produk yang akan sampai ke tangan konsumen akan mengalami kendala yang nantinya merugikan produsen sendiri dan konsumen tentunya “Srawono, 2011:61”.

Fungsi Saluran Distribusi

Saluran distribusi memiliki fungsi penting bagi perusahaan, fungsi tersebut antara lain dijelaskan sebagai berikut (Lamb, 2001) :

  • Fungsi Transaksi
    Fungsi transaksi ialah fungsi yang meliputi bagaimana perusahaan menghubungkan dan mengkomunikasikan produknya dengan calon pelanggan. Fungsi ini membuat mereka sadar terhadap produk yang ditawarkan serta menjelaskan kelebihan serta manfaat produk tersebut.
  • Fungsi Logistik
    Fungsi logistik merupakan fungsi yang meliputi pengangkutan dan penyortiran barang termasuk sebagai tempat penyimpanan memelihar dan melindungi barang. Fungsi ini penting agar barang yang diangkut tiba tepat waktu dan tidak rusak atau cepat busuk.
  • Fungsi Fasilitas
    Fungsi fasilitas meliputi penelitian dan pembiayaan, penelitian yakni mengumpulkan informasi tentang jumlah anggota saluran dan pelanggan lainnya. Pembiayaan ialah memastikan bahwa anggota saluran tersebut mempunyai uang yang cukup guna memudahkan aliran barang melalui saluran distribusi sampai kekonsumen akhir.

Tingkatan Dan Bentuk Saluran Distribusi

Terdapat beberapa tingkatan dalam saluran distribusi “Laksana, 2008:124” yaitu:

  • Saluran nol tingkat atau saluran pemasaran langsung “Zero Level Channel”, produsen menjual langsung kepada konsumen.
  • Saluran satu tingkat “one-level Channel” mempunyai satu perantara penjualan. Di dalam pasar konsumen perantara ini sekaligus merupakan pengecer “retailer” sedangkan pasar industry merupakan sebuah penyalur tinggal dan penyalur industri.
  • Saluran dua tingkat “Two-level Channel” mempunyai dua perantara penjualan, di dalam pasar konsumen mereka merupakan grosir atau pedagang besar “wholeseler” dan sekaligus pengecer “retailer”, sedang dalam pasar industri mereka mungkin merupakan sebuah penyalur tinggal dan penyalur industri.
  • Sluran tiga tingkat “Three-level Channel” mempunyai tiga perantara penjualan yaitu grosir pemborong “jobber” dan pengecer “retailer” seorang pemborong biasanya ada ditengah antara grosir dan pengecer.

Terdapat tiga kelompok dalam pemasaran yang berperan sebagai saluran distribusi dalam kegiatannya “Gitosudarmo, 1999” yaitu:

Pedagang Perantara

Perantara pedagang “merchant middleman” ialah pedagang besar maupun pedagang eceran yang membeli suatu barang atau jasa “oleh karena itu, sempat memiliki atau mempunyai hak kepemilikan atas barang tersebut” kemudian menjualnya kembali. Walaupun meraka membantu produsen tetapi mereka ini ialah suatu lembaga yang bebas, jadi tidak dikendalikan oleh produsen.

Agen Perantara

Perantara agen “agen middleman” ialah para agen, broker, manufacturers representatives, pedagang komisioner, salesman dan sebagainya yang mencari konsumen yang kemudian melakukan negosiasi atas nama produsen untuk suatu barang atau jasa yang disalurkannya. Bedanya dengan pedagang perantara ialah pada hak kepemilikan barang atau jasa yang mana agen perantara tidak mempunyai hak atas kepemilikan barang tersebut.

Lembaga Pelayanan

Lembaga pelayanan “facilitator” ialah lembaga-lembaga yang bebas. Lembaga ini bersifat membantu penyaluran akan tetapi meraka tidak mempunyai hak kepemilikan barang atau negosiasi pembelian dan penjualan suatu barang atau jasa tertentu. Contohnya ialah lembaga keuangan, biro perjalan dan pengiriman barang, perusahaan pergudangan.

Demikianlah pembahasan mengenai “Saluran Distribusi” Pengertian & ( Fungsi – Tingkatan – Bentuk ) semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂

Baca Juga: