“SDGs ( Sustainable Development Goals )” Pengertian & ( Tujuan – Target – Perbedaan )

Posted on

“SDGs ( Sustainable Development Goals )” Pengertian & ( Tujuan – Target – Perbedaan )

DosenPendidikan.Com – Untuk pembahasan kali ini kami akan mengulas mengenai SDGs ( Sustainable Development Goals ) yang dimana dalam hal ini meliputi pengertian, tujuan, target dan perbedaan, nah agar lebih dapat memahami dan di mengerti simak ulasan selengkapnya dibawah ini.

Pengertian SDGs ( Sustainable Development Goals )

SDGs ( Sustainable Development Goals ) yang merupakan sebuah dokumen yang akan menjadi sebuah acuan dalam kerangka pembangunan dan perundingan negara-negara di dunia. Konsep SDGs melanjutkan konsep pembangunan Milenium Development Goals “MDGs” yang dimana konsep itu sudah berakhir pada tahun 2015. Jadi kerangka pembangunan yang berkaitan dengan perubahan situasi dunia yang semula menggunakan konsep MGDs sekarang diganti dengan SDGs.

Tujuan SDGs ( Sustainable Development Goals )

Ada banyak tujuan darin konsep SDGs, namun ada tiga tujuan yang diantaranya yaitu:

  • SDGs diharapkan bisa mengakhiri segala bentuk kemiskinan di semua negara manapun.
  • SDGs bertujuan mengakhiri segala bentuk kelaparan, mencapai ketahanan pangan dan meningkatkan gizi dan mendorong pertanian secara berkelanjutan.
  • Target SDGs ialah menjamin adanya kehidupan yang sehat, serta mendorong kesejahteraan untuk semua orang di dunia pada semua usia.

Target SDGs ( Sustainable Development Goals )

Target utamanya mengentaskan kemiskinan, tapi Indonesia akan menggunakan tiga indikator terkait dengan dokumen SDGs yakni pembangunan manusia atau human development yang meliputi pendidikan dan kesehatan. Lingkungan dalam skala kecil atau social economic development dan lingkungan yang besar atau environmental development berupa ketersediaan kualitas lingkungan dan sumber daya alam yang baik.

Perbedaan Dengan MGDs (Milenium Development Goals )

Pada dasarnya MGDs dan SDGs punya persamaan dan kesamaan tujuan yang sama, yakni SDGs melanjutkan cita-cita mulia MGDs yang ingin konsen menganggulangi kelaparan dan kemiskinan di dunia.

Namun dokumen yang disepakati pimpinan dunia pada tahun 2000 tersebut hanis pada tahun 2015, para pemimpin dunia merasa agenda Milenium Development Goals perlu dilanjutkan, sehingga muncul sebuah dokumen usulan bernama sustainable development goals.

Demikianlah pembahasan mengenai “SDGs ( Sustainable Development Goals )” Pengertian & ( Tujuan – Target – Perbedaan ) semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian semua, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂

Baca Juga: