Sejarah Peradaban Yunani Beserta Penjelasannya

Posted on
Sejarah Peradaban Yunani Beserta Penjelasannya
Rate this post

DosenPendidikan.Com – Yunani terletak di ujung selatan Jazirah Balkan menjorok ke Laut Tengah. Memiliki bentuk menyerupai jari-jari tangan yang dijulurkan ke Laut Tengah, hal ini disebabkan tanah tersebut terdiri atas ujung-ujung tanah yang menjulur ke laut dan teluk diantaranya yang menjorok ke darat.

Peradaban Yunani

Yunani memiliki atas suku-suku bangsa diantara yaitu :

  • Suku bangsa Doria
  • Suku bangsa Aeolia
  • Suku bangsa Acholia
  • Dan suku bangsa Ionia

Diantara ke empat suku bangsa tersebut bangsa Ionia yang terbilang paling maju dan dari nama Ionia inilah lahir nama Yunani.

Dalam segi kepercayaan Bangsa Yunani percaya kepada banyak dewa ( polytheisme ), Dewa tertingginya Zeus yang berkedudukan di gunung Olympus. Dewa-dewa lainnya seperti yaitu :

  • Minerva ( putrid Zeus sebagai dewi ilmu pengetahuan )
  • Aphrodite ( dewi kecantikan )
  • Apollo ( dewa penyair dan peramal )
  • Aries ( dewa perang )

Setiap empat tahun sekali diadakan pesta olah raga di kota Olympia untuk menghormati dewa Zeus. Untuk cabang olah raga yang dilombakan atletik, gulat dan tinju. Bangsa Yunani terkenal dengan perniagaannya sehingga mereka berkenalan dengan kebudayaan Mesir di Afrika Utara, Palestina, Syira serta Mesopotamia di Asia. Mereka menjadi perantara kebudayaan-kebudayaan daerah ini. Pulau Kreta merupakan jembatan antara tiga benua dan pusat-pusat kebudayaan lama yaitu Afrika Utara ( Mesir ), Asia Barat ( Funisia ) dan Eropa Selatan ( Yunani ).

Suku bangsa Yunani yang terdiri dari bangsa Doria, Aeolia, Acholia dan Ionia ini saling bermusuhan satu sama lainnya, terutama bangsa Doria ( Sparta ) dengan bangsa Ionia ( Athena ). Meskipun demikian, mereka tetap menganggap satu keturunan yang sama yaitu Hellen. Oleh karena itu mereka menyebut dirinya bangsa Hellen, Negerinya disebut Hellas.

Pada masa pemerintahan Pericle ( 490429 SM ) dibangun kuil-kuil yang indah untuk para dewa. Dibukit Akropolis didirikan kuil yang megah Parthenon yang diarsiteki Iktianus. Pujangga Homerus mengarang sebuah buku yang berjudul “ Illias dan Odyssea ” yang isinya menceritakan perang antara tentara Yunani dengan Troya.

Negara Bangsa Yunani ( Negara Kota )

Negara bangsa Yunani disebut negara kota, dua buah polis yang terkenal ialah Athena dan Sparta lebih jelasanya berikut ini.

Athena

Athena merupakan negara laut ( maritim ) yang mengutamakan perniagaan. Untuk segi pemerintahan dan pendidikannya bersifat demokratis. Dari Athena ini muncul orang-orang pandai yang Ahli pengetahuan seperti yaitu :

  • Socrates ( abad ke – 6 SM )
  • Plato ( abad ke – 5 SM )
  • Dan Aristoteles ( abad ke – 4 SM )

Demikian pula para seniman seperti :

  • Phidias ( seorang arsitek dan pemahat terkenal )
  • Sophocles ( penulis cerita sandiwara yang termasyur )

Pada awalnya pemerintahan Athena ialah aristokrasi, yang kekuasaan dipegang oleh kaum bangsawan.

Sparta

Sparta merupakan ibu kota bangsa Doria yang terletak di Jazirah Peleponesos. Sparta dikepalai oleh seorang raja yang merangkap kepala angkatan perang, kepala agama dan kepala pengadilan. Pada masa perang kepala negara ini memiliki kekuasaan mutlak.

Hasil Kebudayaan Bangsa Yunani

Untuk hasil kebudayaan bangsa Yunani yaitu sebagai berikut :

  • Sastra

    Banyak karya sastra dan penyair terkenal di Athena, seperti Homerus ( yang mengarang “ Illias dan Odyssea ” ), Thutydides dan Herodotus ( penulis sejarah terkenal ), Sopocle, Aeschylus, Aeschylus, Aristophanes ( yang menghasilkan karya-karya sandiwara ).

  • Filsafat

    Para ahli filsafat Yunani yang sangat terkenal yaitu : Socrates, Plato dan Aristoteles.

  • Ilmu Pengetahuan

    Dalam ilmu pengetahuan muncul ahli-ahli diantaranya :

    1. Muncul ahli-ahli sejarah, seperti Herodotus dan Thuchidides.
    2. Munculnya ahli-ahli ilmu bangunan seperti Pythagoras.
    3. Munculnya ahli ilmu kedokteran Hipocrates dengan buku karyanya yang terkenal “ Aphorismen dan Pragnose ”.
    4. Muncul ahli-ahli ilmu pengetahuan alam seperti Thales, Archimedes dan Democritus.

Demikianlah pembahasan mengenai Sejarah Peradaban Yunani Beserta Penjelasannya semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat menambah wawasan dan pengetahuan anda semua, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂

loading...