“Sektor Produksi” Dalam Ekonomi & ( Perluasan – Peningkatan Mutu )

Posted on

“Sektor Produksi” Dalam Ekonomi & ( Perluasan – Peningkatan Mutu )

DosenPendidikan.Com – Untuk pembahasan kali ini kami akan mengulas mengenai sektor produksi dalam ekonomi, yang dimana dalam hal ini meliputi perluasan dan peningkatan mutu, nah agar lebih dapat memahami dan dimengerti simak ulasannya dibawah ini.

Produksi ialah suatu kegiatan yang dikerjakan untuk menambah nilai guna suatu benda atau menciptakan benda baru yang sehingga lebih bermanfaat dalam memenuhi kebutuhan. Kegiatan menambah daya guna suatu benda tanpa mengubah bentuknya dinamakan produksi jasa. Sedangkan kegiatan menambah daya guna suatu benda dengan mengubah sifat dan bentuknya dinamakan produksi barang.

Produksi bertujuan untuk memenuhi kebutuhan manusia untuk mecapai kemakmuran. Kemakmuran dapat tercapai jika tersedia barang dan jasa dalam jumlah yang mencukupi. Orang atau perusahaan yang menjalankan suatu proses produksi disebut Produsen.

Sektor-Sektor Produski Dalam Ekonomi

Kegiatan produksi berlangsung pada sektor-sektor yang akan dijalaskan antara lain sebagai berikut:

Produksi Sektor Primer

Produksi sektor primer ialah mengolah eksplorasi sumber alam. Contoh produksi sektor primer ialah seperti kegiatan pertanian, pertambangan dan perikanan.

Produksi Sektor Sekunder

Produksi sektor sekunder ialah mengolah hasil sektor primer menjadi barang siap pakai. Contoh produksi sektor sekunder ialah seperti kegiatan pabrik susu dan penerbitan buku.

Produksi Sektor Tersier

Produksi sektor tersier ialah menyediakan jasa. Contohnya produksi sektor tersier ialah seperti kegiatan perbankan, pendidikan yang dilakukan guru, kegiatan salon kecantikan dan kegiatan perancangan interior rumah.

Produksi Sektor Publik

Produksi sektor publik ialah kegiatan produksi yang dimiliki oleh negara atau pemerintah. Contoh produksi sektor publik ialah seperti kegiatan PT PLN Persero kegiatan PT Pos Indonesia dan kegiatan PT Kereta Api Indonesia.

Produksi Sektor Swasta

Produksi sektor swasta ialah kegiatan produksi yang dimiliki oleh perseorangan atau kelompok tertentu “bukan pemerintah”. Contoh produksi sektor swasta ialah seperti kegiatan yang dilakukan oleh Astra Grup, BCA Grup dan Media Indonesia.

Produksi Sektor Konsumsi

Produksi sektor konsumsi ialah kegiatan produksi yang menghasilkan barang atau jasa yang langsung dapat memenuhi kebutuhan manusia.

Produksi Sektor Investasi

Produksi sektor unvestasi ialah kegiatan produksi yang menghasilkan barang atau jasa yang dibutuhkan oleh produksi sektor konsumsi.

Perluasan Produksi Dan Peningkatan Mutu

Seorang produsen akan selalu berusaha meningkatkan jumlah dan mutu produksinya dengan cara antara lain yakni sebagai berikut:

  • Ekstensifikasi.
  • Intensifikasi.
  • Diversifikasi.
  • Rasionalisasi.
  • Meningkatkan kualitas bahan baku lewat pemilihan dan pengawasan bahan baku serta berbagai penelitian.
  • Meningkatkan kualitas SDM “Sumber Daya Manusia”
  • Mekanisasi.
  • Rehabilitasi.

Demikianlah pembahasan mengenai “Sektor Produksi” Dalam Ekonomi & ( Perluasan – Peningkatan Mutu ) semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian semua, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂

Baca Juga: