“Seminar Pendidikan” Pengertian & ( Tujuan – Yang Terlibat – Yang Perlu Diperhatikan – Fungsi )

Posted on

“Seminar Pendidikan” Pengertian & ( Tujuan – Yang Terlibat – Yang Perlu Diperhatikan – Fungsi )

DosenPendidikan.Com – Dalam hal ini seorang mahasiswa dinilai harus cakap maupun terampil dalam seminar pendidikan disebabkan karena kebutuhan pokok seorang mahasiswa dalam mempertanggungjawabkan karya ilmiahnya. Mahasiswa yang kreatif dalam menyampaikan sebuah karya ilmiah ialah mahasiwa yang benar-benar bisa mempertanggungjawabkan karya ilmiah,, kecakapan berbahasa atau retorika juga dapat menarik perhatian orang lain mendengarkannya ketika ia berbicara untuk mendukung hasil karyanya.

Pengertian Seminar Pendidikan

Secara terminology seminar ialah sebuah kegiatan yang dibuat untuk penyampaian suatu karya ilamiah dari seorang pakar atau peneliti yang dipresentasikan kepada peserta agar dapat mengambil keputusan yang sama terhadap karya ilmiah antara sumber dengan peserta.

Pendidikan ialah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan,, pengendalian diri,, kepribadian,, kecerdasan, akhlak mulia,, serta keterampilan yang diperlukan dirinya dan masyarakat.

Dilihat dari keduanya maka yang dimaksud dengan seminar pendidikan ialah suatu kegiatan penyampaian karya ilmiah tentang pendidikan yang direncanakan di presentasikan sumber atau peneliti dalam mengambil kesimpulan dan tujuan persamaan pendapat tentang hasil karya ilmiah tersebut demi mengambil kebenaran isi dari hasil karya ilmiah.

Tujuan Seminar Pendidikan

Seminar tentunya haruslah direncanakan baik waktu, tempat, peserta dan juga menentukan pengarah dan sumber dari hasil karya ilmiah agar dapat terlaksana dengan baik sesuai dengan tujuan seminar yang akan dilaksanakan.

Sebagaimana kita ketahui tujuan seminar pendidikan ialah untuk mengkoreksi kembali hasil dari sebuah karya ilmiah untuk mengambil keputusan bersama demi kesempurnaan hasil.

Yang Terlibat Dalam Seminar

Adapun yang terlibat dalam seminar ialah:

  • Ruang seminar
  • Pengarah
  • Peserta
  • Moderator
  • Notulen
  • Jalannya seminar

Yang Perlu Diperhatikan Supaya Seminar Berjalan Baik

Adapun beberapa hal yang perlu diperhatikan supaya seminar berjalan dengan baik yaitu:

  • Seminar ialah sebuah diskusi dua arah,, tidak ada seorang yang lebih mendominasi pembicaraan,, ialah tugas moderator untuk memperhatikan ini.
  • Seminar bisa dimulai dengan pertanyaan-pertanyaan yang sudah jelas ada jawabannya,, lalu mengarah ke pertanyaan-pertanyaan lain yang lebih dalam dan tidak ada jelas jawabannya. Pertanyaan jenis kedualah yeng memberikan manfaat terbesar,, tidaklah banyak pertanyaan yang seperti demikian.
  • Semua pertanyaan dan pernyataan dinyatakan dengan jelas tanpa ambiguitas, Jika sebuah pertanyaan atau pertanyaan belum jelas,, moderator harus bisa menunjukkan itu dan meminta sang pengujar untuk memperjelasnya.
  • Masih berhubungan dengan poin pertama,, setiap pertanyaan haruslah jelas sebelum ditanggapi dengan jawaban. Penanggap berhak meminya penjelasan lebih lanjut atas pertanyaan sebelum ia menjawab. Tanggapan tentunya juga harus relevan dengan pertanyaan, moderator juga harus memperhatikan ini.
  • Sebuah pertanyaan bisa dilihat sebagai jembatan kepada pertanyaan lain yang lebih mendasar,, hanya cara demikian sebuah seminar dapat memberikan manfaat lebih.
  • Bila ada istilah yang sama,, tetapi dipakai dengan arti yang berbeda oleh beberapa orang,, moderator harus menunjukkan itu dan membuat kesepakatan dalam arti apa istilah itu dipakai sebelum melanjutkan seminar.
  • Sebuah seminar yang baik tidaklah harus menghasilkan sebuah kesimpulan tunggal. Setiap orang bisa pulang dengan pendapatnya masing-masing. Dan yang terpenting ialah mata mereka lebih terbuka,, mereka telah melihat ide-ide yang baru yang sebelumnya tidak terpikirkan oleh mereka.

Fungsi Seminar Pendidikan

Kita sebagai mahasiswa yang aktif hendaklah mengikuti seminar,, karena seminar sangat bermanfaat bagi kita untuk memperdalam ilmu disamping itu seminar membuat kita bebas mengaspirasikan pendapat ataupun pertanyaan yang sulit kita ketahui.

Seminar pendidikan ini juga berfungsi sebagai media komunikasi untuk saling memberikan andil pengetahuan dan bertukar pengalaman selain itu juga tempat ilmuan untuk mengidentifikasikan masalah,, mengembangkan rencana dan metologi penelitian dan tempat ilmuan memikirkan cara bagaimana menerapkan hasil penelitiannya.

Demikianlah pembahasan mengenai “Seminar Pendidikan” Pengertian & ( Tujuan – Yang Terlibat – Yang Perlu Diperhatikan – Fungsi ) semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂

Baca Juga: