“Sensus Penduduk” Pengertian & ( Tujuan – Macam – Manfaat – Contoh )

Posted on
“Sensus Penduduk” Pengertian & ( Tujuan – Macam – Manfaat – Contoh )
Rate this post

“Sensus Penduduk” Pengertian & ( Tujuan – Macam – Manfaat – Contoh )

DosenPendidikan.Com – Untuk pembahasan kali ini kami akan mengulas mengenai sensus penduduk yang dimana dalam hal ini meliputi pengertian, tujuan, macam, manfaat dan contoh, agar lebih memahami dan mengerti simak ulasan dibawah ini.

Pengertian Sensus Penduduk

Jumlah penduduk Indonesia setiap saat selalu berubah, tiap detik terjadi kelahiran, kematian dan perpindahan penduduk. Keadaan itu disebut dinamakan kependudukan di Indonesia. Jumlah penduduk dapat diketahui dengan cara sensus penduduk, registrasi penduduk dan survei penduduk.

Sensus penduduk “cacah jiwa” ialah penghitungan jumlah penduduk oleh pemerintah dalam jangka waktu tertentu secara serentak. Sensus penduduk dilaksanakan tiap 10 tahun dan dilaksanakan oleh badan pusat statistik “BPS”.

Pemerintah Indonesia telah melaksanakan sensus penduduk pada tahun 1930, 1961, 1970, 1980, 1990, dan 2000. Kegiatan sensus penduduk meliputi kegiatan pengumpulan, pengolahan, penilaian, penganalisaan dan penyajian data-data kependudukan.

Data yang disajikan meliputi data demografi, sosial, ekonomi dan lingkungan hidup. Selanjutnya data-data tersebut dapat dipergunakan untuk berbagai keperluan misalnya untuk bahan perencanaan kebijakan pembangunan.

Macam-Macam Sensus Penduduk

Sensus penduduk ada dua macam yaitu:

  • Sensus de facto yakni penghitungan/pencacahan terhadap setiap penduduk yang berada disuatu wilayah ketika sensus dilaksanakan.
  • Sensus de yure yakni penghitungan/pencacahan terhadap penduduk yang benar-benar bertempat tinggal di wilayah yang dilaksanakan sensus. Jadi penduduk yang hanya bertemu atau menumpang tidak ikut didata.

Manfaat Sensus Penduduk

Manfaat diadakannya sensus penduduk menurut Wardiyatmoko dan Bintarto sebagai berikut:

  • Mengetahui jumlah penduduk seluruhnya.
  • Mengetahui golongan penduduk menurut jenis kelamin, umur dan banyaknya kesempatan kerja.
  • Mengetahui keadaan pertumbuhan penduduk.
  • Mnegetahui susunan penduduk menurut mata pencaharian agar diketahui struktur perekonomiannya.
  • Mengetahui persebaran penduduk, daerah yang terlalu padat dan daerah yang masih jarang penduduknya.
  • Mengetahui keadaan penduduk suatu kota dan mengetahui akibat perpindahan.
  • Merencanakan pembangunan bidang kependudukan.

Contoh Hasil Sensus Penduduk

Hasil sensus penduduk Indonesia penduduk yaitu:

  • Tahun 1920 = 34,3 juta jiwa.
  • Tahun 1930 = 60,7 juta jiwa.
  • Tahun 1961 = 97,1 juta jiwa.
  • Tahun 1971 = 119,2 juta jiwa.
  • Tahun 1980 = 147,5 juta jiwa.
  • Tahun 1990 = 179,3 juta jiwa.
  • Tahun 2000 = 209,6 juta jiwa.

Survei Penduduk Dan Regristasi Penduduk

Survei penduduk yaitu kegiatan yang dilakukan oleh pemerintah untuk melakukan penelitian dan menyediakan data statistik kependudukan pada waktu dan tempat tertentu. Survei yang dilakukan meliputi survei ekonomi nasional, survei angkatan kerja nasional dan survei penduduk antar sensus (SUPAS).

Sedangkan registrasi penduduk yaitu proses kegiatan pemerintah yang meliputi pencatatan kelahiran, kematian, perkawinan, perceraian, perubahan tempat tinggal dan perubahan pekerjaan secara rutin. Pencatatan ini terutama dilakukan ditingkat pemerintah terendah yaitu kelurahan. Sekarang, jumlah penduduk Indonesia menempati urutan keempat terbesar dunia setelah RRC, India dan Amerika Serikat, sebelumnya ketika Uni Soviet belum bubar, Indonesia menempati urutan kelima.

"Sensus Penduduk" Pengertian & ( Tujuan - Macam - Manfaat - Contoh )

Pada tabel tersebut Indonesia dikawasan Asia Tenggara menempati urutan pertama, didunia menempati urutan ke empat dan di Asia menempati urutan ketiga. Dari tabel diatas bila jumlah penduduk 5 negara yakni RRC, India, Amerika Serikat, Indonesia dan Brazil maka jumlahnya 2.890.800.000 jiwa, jumlah tersebut berarti lebih dari setengah (50%) penduduk dunia.

Demikianlah pembahasan mengenai “Sensus Penduduk” Pengertian & ( Tujuan – Macam – Manfaat – Contoh ) semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat menambah wawasan dan pengetahuan anda semua, terima kasih banyak atas kunjungannya.

Baca Juga:

loading...