“Server & Client” Pengertian & ( Fungsi – Paradigma – Contoh )

Posted on

“Server & Client” Pengertian & ( Fungsi – Paradigma – Contoh )

DosenPendidikan.Com – Dalam dunia internet memang tak dapat lepas dari dua istilah ini, web server dan client server. Keduanya masih sangat berhubungan dan tak dapat dipisahkan. Istilah web dan client server ialah istilah yang digunakan dalam dunia IT. Server ialah suatu sistem komputer yang menyediakan berbagai layanan yang ditujukan pada client. Jadi client ialah pemalai layanan server. Nah dibawah ini akan dijelaskan lebih lanjut mengenai hal demikian tersebut.

Pengertian Dari Server

Server ialah suatu sistem komputer yang menyediakan berbagai macam jenis-jenis layanan tertentu yang ditujukan untuk client dalam suatu sistem jaringan komputer. Server dilengkapi oleh sistem operasi “OS” yang khusus untuk mengontrol ataupun memonitor akses dan juga sumber daya yang terdapat didalamnya.

Lalu selain itu server didukung oleh prosesor yang bersifat scalable serte RAM yang berkapasitas besar, dan dilengkapi oleh sistem operasi yang khusus, disebut sebagai sistem operasi jaringan komputer.

Server juga menjalankan perangkat-perangkat lunak administratif yang mengontrol akses terhadap jaringan komputer dan sumber daya yang ada didalamnya, seperti misalnya berkas ataupun pencetak dan memberikan akses kepada stasiun kerja anggota-anggota jaringan komputer.

Pengertian Dari Client

Client ialah komputer yang terdapat dalam jaringan komputer yang menggunakan berbagai macam sumber daya yang telah disediakan oleh server. Bisa juga definisi client ialah pemakai layanan server. Pada prinsinya client dan server merupakan suatu sistem yang merupakan aplikasi pada jaringan komputer yang saling terhubung dan berhubungan.

Fungsi Server Dan Client

Adapun fungsi server dan client yang diantaranya yaitu:

Fungsi Server

Fungsi server yaitu menerima dan memproses basis data yang diminta dari client, memeriksa autorisasi, memelihara data dictionary, melakukan query atau pemrosesan update dan memindahkan respon ke client dan sebagainya.

Fungsi Client

Fungsi client yaitu:

  • Mengatur user interface.
  • Memproses aplikasi, dalam pemrosesan aplikasi, client server inilah yang berperan didalamnya.
  • Menyediakan akses basis data secara bersamaan, menerima dan memeriksa sintaks input dari pengguna, menyediakan kontrol recovery dan sebagainya.

Paradigma Client Dan Server

  • Client
    Mengawali hubungan dengan server, lalu biasanya meminta layanan dari server. Untuk web, client di implementasikan dalam bentuk browser: untuk e-mail “electronic mail” dalam bentuk mail reader.
  • Server
    Menyediakan berbagai macam layanan yang diminta oleh client, misalnya: web server mengirimkan sebuah halaman web, mail server mengirimkan e-mail.

Contoh Server Dan Client

Contoh client server mengacu pada desain aplikasi atau macam dari arsitektur aplikasi client server tersebut, diantarnya; “one-tier” standalone, pada arsitektur ini semua pemrosesan dilakukan pada mainframe. Tipe model ini ialah dimana semua proses terjadi secara terpusat yang dikenal sebagai basis-host. Kekurangan yang terjadi pada tipe ini yaitu semakin banyak user yang mengakses, maka akan semakin kewalahan.

Model kedua yaitu client server “two-tier” ialah model aplikasi yang pemrosesannya terjadi pada client dan server. Model ini ialah tipikal aplikasi degnan banyak client dan server yang dihubungkan melalui sebuah jaringan.

Ketiga yaitu three-tier merupakan sebuah arsitektur dari client-server yang sudah di inovasi. Pada arsitektur tipe ini terdapat application server yang berdiri diantara client dan database server. Arsitektur semacam ini banyak diterapkan dengan menggunakan web application karena dengan demikian komputer client akan melakukan instalasi web browser.

Model keempat ialah multi-tier, model ini sangat mirip dengan model sebelumnya yaitu three tier. Perbedaannya terletak pada adanya business logic server. Model keempat yang merupakan arsitektur dari client server ini memberikan bentuk tree-tier yang diperluas dalam bentuk fisik yang terdistribusi.

Demikianlah pembahasan mengenai “Server & Client” Pengertian & ( Fungsi – Paradigma – Contoh ) semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian semua, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂

Baca Juga: