“Sifat-Sifat Cahaya” Pengertian & ( Contoh – Gambar )

Rate this post

“Sifat-Sifat Cahaya” Pengertian & ( Contoh – Gambar )

DosenPendidikan.Com – Untuk pembahasan kali ini kami akan membahas mengenai sifat-sifat cahaya yang dimana dalam hal ini meliputi cahaya merambat lurus dan cahaya memiliki bayang-bayang, agar lebih memahami dan dimengerti simak ulasan dibawah ini.

Sifat-Sifat Cahaya

Cahaya merupakan energi berbentuk gelombang elektromagnetik yang kasat mata dengan panjang gelombang sekitar 380-750 nm. Pada bidang fisika, cahaya ialah radiasi elektromagnetik, baik dengan panjang gelombang kasat mata maupun yang tidak.

Selain itu, cahaya ialah paket partikel yang disebut foton, kedua definisi tersebut merupakan sifat yang ditunjukjan cahaya secara bersamaan sehingga disebut “dualisme gelombang-partikel”.

Paket cahaya yang disebut spektrum kemudian dipersepsikan secara visual oleh indera penglihatan sebagai warna. Bidang studi cahaya dikenal dengan sebutan optika, merupakan area riset yang penting pada fisika modern.

Cahaya Merambat Lurus

Benda gelap “tidak tembus cahaya” seperti kertas tampak oleh mata manusia karena memantulkan cahaya yang kemudian diterima mata. Benda tampak hijau karena memantulkan cahaya hijau ke mata pengamat. Benda tampak hitam karena tidak ada cahaya yang dipantulkan benda tersebut ke mata.

Benda tembus cahaya seperti plastik dapat dilihat mata melalui sinar pantulnya atau sinar yang diteruskannya, benda tembus cahaya berwarna kuning, memantulkan cahaya kuning dan juga meneruskan cahaya kuning.

Sehingga mata yang menerima sinar pantulnya atau sinar terusannya menerima kesan benda itu berwarna kuning, bila lampu baterai ditutup plastik kuning disorotkan ke tembok warna putih, maka dapat kita lihat telau yang berwarna kuning pada tembok.

"Sifat-Sifat Cahaya" Pengertian & ( Contoh - Gambar )

Bayang-Bayang

Bila sinar datang pada benda gelap, maka dibelakang benda terbentuk ruang gelap yang dinamakan bayang-bayang. Bila ruang gelap itu ditangkap layar, maka bidang gelap yang terbentuk itu pun juga disebut bayang-bayang.

"Sifat-Sifat Cahaya" Pengertian & ( Contoh - Gambar )

Bayang-bayang umbra dibentuk oleh sinar-sinar yang merupakan garis singgung luar benda tersebut. Bayang-bayang kabur terbentuk oleh sinar-sinar yang merupakan garis singgung dalam benda-benda tersebut. Bayang-bayang yang cukup kita kenal ialah bayang-bayang saat terjadi gerhana bulan atau gerhana matahari.

Demikianlah pembahasan mengenai “Sifat-Sifat Cahaya” Pengertian & ( Contoh – Gambar ) semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat menambah wawasan dan pengetahuan anda semua, terima kasih banyak atas kunjungannya.

Baca Juga: