Sistem Respirasi Pada Manusia Serta Penjelasannya Lengkap

Posted on

DosenPendidikan.Com – Pada sistem respirasi pada manusia ini sama juga dengan halnya seperti sistem pernapasan pada manusia yang merupakan proses bernapas yang dimulai dari pengambilan oksigen yang disalurkan ke bagian dalam tubuh sampai pengeluaran karbondioksida. Oksigen yang telah dihirup oleh manusia dari udara bebas yang selanjutnya dibuang ke lingkungan yang berupa karbondioksida.

sistem respirasi

Pada sistem respirasi pada manusia ini mencakup dual hal yang meliputi, saluran dan mekanisme pernapasan. Saluran pernapasan merupakan sebuah organ tubuh manusia yang dapat digunakan sebagai tempat perlintasan dan pertukaran gas. Nah berikut ini saluran pernapasan atau alat yang digunakan manusia untuk bernapas.

Saluran Rongga Hidung

Sistem pernapasan manusia dimulai dari penghirupan udara yang melewati rongga hidung. Didalam rongga hidung terdapat rambut halus dan selaput lendir yang memiliki fungsi sebagai penyaringan udara yang masuk. Selain itu udara yang masuk akan disesuaikan dengan suhu dan kelembapannya sebelum masuk ke paru-paru agar tidak terlalu kering dan lembap. Udara yang dihirup manusia tidak hanya mengandung oksigen melainkan gas-gas yang lain, tetapi hanya oksigen yang bisa berikatan dengan darah. Setelah udara melewati rongga hidung akan masuk pada tenggorokan.

Saluran Faring

Udara yang telah dihirup oleh rongga hidung akan masuk ke dalam faring. Faring sendiri mempunyai dua cabang saluran yaitu saluran pernapasan yang terletak pada bagian depan dan pencernaan pada bagian belakang. Masuknya udara yang melalui faring ini bisa menyebabkan pita suara menjadi bergetar sehingga terjadinya suara. Ketika orang sedang makan sambil berbicara maka makanan bisa masuk pada saluran pernapasan karena pada saat yang bersamaan saluran pernapasan juga akan terbuka. Oleh karena itu, tidak jarang bagi seorang yang makan sambil berbicara atau tertawa akan mengalami tersedak.

Tenggorokan ( Trakea )

Tenggorakan ialah pipa yang terletak dileher bagian depan dengan memiliki panjang kurang lebih 10 cm yang mempunyai 3 lapisan pada dindingnya, yaitu lapisan luar ( jaringan ikat ), lapisan tengah ( otot polos dan cincin tulang rawan ) dan lapisan dalam ( jaringan epitelium besilia ). Tenggorokan mempunyai peran yang merupakan sebagai penghubung hidung dan mulut ke paru-paru.

Cabang-Cabang Tenggorokan ( Bronkus )

Brokus merupakan cabang trakea yang menuju ke paru-paru kanan dan kiri sehingga terdapat bronkus kanan dan kiri. Bronkus kiri kedudukannya lebih datar dari pada yang kanan. Yang mempunyai fungsi yakni sebagai penghubung oksigen yang dihirup yang menuju ke paru-paru.

Paru-Paru

Paru-paru merupakan sebagai organ manusia yang terletak didalam rongga dada yang dibatasi oleh otot dan rusuk pada bagian samping serta dibatasi oleh diafragma pada bagian bawahnya. Paru-paru ini merupakan cabang suatu saluran dengan gelembung pada ujungnya yang disebut dengan alveoli. Kemudia didalam alveoli ini terjadi pertukaran gas-gas.

Demikianlah pembahasan mengenai Sistem Respirasi Pada Manusia Serta Penjelasannya Lengkap ini semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat menambah wawasan dan pengetahuan anda semua, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂