“Software ( Perangkat Lunak )” Pengertian & ( Macam – Fungsi )

Posted on
“Software ( Perangkat Lunak )” Pengertian & ( Macam – Fungsi )
5 (100%) 1 vote

“Software ( Perangkat Lunak )” Pengertian & ( Macam – Fungsi )

DosenPendidikan.Com – Perangkat lunak ialah lebih sering disebut dengan software yaitu suatu kumpulan beberapa perintah yang dieksekusi oleh mesin komputer dalam menjalankan pekerjaannya. Perangkat lunaj ini merupakan catatan untuk mesin komputer untuk menyimpan perintah, serta dokumen maupun arsip yang lainnya.

Atau definisi yang lainnya yaitu program komputer yang memiliki fungsi untuk sarana interaksi antara pengguna atau user dengan hardware “perangkat keras”. Perangkat lunak dapat dikatakan juga sabagai “penterjemah” perintah-perintah yang dijalankan pengguna komputer untuk diteruskan ke atau diproses oleh hardware.

Pengertian Software ( Perangkat Lunak )

Perangkat lunak atau yang lebih dikenal dengan sebutan software ini merupakan data elektronik yang disimpan sedemikian rupa oleh komputer, data yang disimpan tersebut dapat berupa program ataupun berupa instruksi yang akan dijalankan oleh perintah, maupun oleh catatan-catatan yang diperlukan oleh komputer untuk menjalankan perintah yang dijalankannya.

Untuk mencapai keinginan tersebut dibuat atau dirancanglah suatu susunan logika, logika yang dirancang atau disusun ini diolah melalui perankat lunak yang sering disebut dengan program dan data-data yang diolahnya. Pengelolahan pada perangkat lunak ini melibatkan beberapa hal. diantaranya seperti sistem operasi “OS”, program dan juga data. Software ini mengatur sedemikian rupa sehingga logika yang ada bisa dimengerti oleh mesin komputer.

Macam Software ( Perangkat Lunak )

Perangkat lunak/software ini dibagi menjadi ke dalam 3 “tiga” macam diantaranya yaitu:

Sistem Operasi

Yang merupakan bagian dari software komputer yang menggunakan kemampuan komputer secara langsung serta menyeluruh untuk mengerjakan suatu tugas ataupun fungsi tertentu sesuai dengan kebutuhan penggunanya. Jenis-jenis sistem operasi misalnya seperti: Microsoft Windows, Linux, Mac OS, dan yang lainnya.

Aplikasi ( Software Application )

Pengertian perangkat lunak aplikasi ( Software Application ) ialah bagian dari software komputer yang menggunakan kemampuan komputer secara langsung dan menyeluruh untuk mengerjakan suatu tugas/fungsi tertentu sesuai dengan kebutuhan pengguna. Jenis-jenis aplikasi komputer misalnya seperti: Pengolah kata – Microsoft Word, OpenOffice, Pengolah angka – Microsoft Excel, Presentasi – Microsoft PowerPoint, Anti virus dan masih banyak lagi yang lainnya.

Software Bahasa Pemrograman ( Language Program )

Ialah suatu program yang digunakan untuk menerjemahkan instruksi-instruksi yang ditulis dalam bahasa pemrograman ke dalam bahasa mesin supaya dapat diterima dan juga dipahami oleh komputer. Atau suatu program untuk pengembangan sistem seperti bahasa pemrograman turbo pscal, visual basic, delphi, pemerograman editor dan masih banyak lagi yang lainnya.

Fungsi Software ( Perangkat Lunak )

Dalam peran yang penting dalam berjalannya sistem komputer, tentu memiliki fungsi-fungsi khusus yang dimiliki software. Fungsi-fungsi software tersebut antara lain sebagai berikut:

  • Software menyediakan fungsi dasar untuk kebutuhan komputer yang dapat dibagi menjadi sistem operasi atau sistem pendukung.
  • Software berfungsi dalam mengatur berbagai hardware untuk bekerja secara bersama-sama.
  • Sebagai penghubung antara software-software yang lain dengan hardware.
  • Sebagai penerjemah terhadap software-software lain dalam setiap instruksi-instruksi ke dalam bahasa mesin sehingga dapat di terima oleh herdware.
  • Mengidentifikasi program.

Demikianlah pembahasan mengenai “Software ( Perangkat Lunak )” Pengertian & ( Macam – Fungsi ) semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian semua, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂

Baca Juga:

loading...