“Spanduk” Pengertian & ( Fungsi – Ciri – Manfaat – Jenis – Cara Membuat )

Posted on
“Spanduk” Pengertian & ( Fungsi – Ciri – Manfaat – Jenis – Cara Membuat )
5 (100%) 1 vote

“Spanduk” Pengertian & ( Fungsi – Ciri – Manfaat – Jenis – Cara Membuat )

DosenPendidikan.Com – Untuk pembahasan kali ini kami akan mengulas mengenai spanduk yang dimana dalam hal ini meliputi pengertian, fungsi, ciri, manfaat, jenis dan cara membuat, untuk lebih memahami simak ulasan dibawah ini.

Pengertian Spanduk

Spanduk merupakan suatu media informasi, spanduk ialah kain membentang dan biasanya berada ditepi-tepi jalan yang berisi tulisan, warna dan gabar. Spanduk dapat kita buat sendiri bisa dengan menggunakan car, sablon “screen printing” ataupun dengan cara print digital.

Secara umum spanduk dibagi dalam dua macam yakni spanduk kain dan spanduk MMT. Spanduk kain biasanya dikerjakan dengan cat, sablon ataupun dengan print digital. Sementara untuk spanduk berbahan MMT hanya bisa dikerjakan dengan print digital.

Fungsi Spanduk

Spanduk berfungsi sebagai media promosi baik itu berupa produk/jasa, acara, sekolah dan sebagainya. Selain itu spanduk merupakan media promosi yang murah dan sangat efektif. Dengan melihat spnduk yang menarik, konsumen pun akan tertarik untuk membeli produk atau jasa kita. Setidaknya itu sudah terbukti dengan banyaknya spanduk yang terpasang di pinggir-pinggir jalan araya. Spanduk memang menjadi media promosi yang murah dan efektif untuk saat ini.

Ciri-Ciri Spanduk

Adapun ciri-ciri Spanduk yang diantaranya yaitu:

  • Ukuran 90/100 x 800 cm
  • Kaliamatnya pendek, tulisannya besar
  • Warna menyolok atau kontras agar mudah di lihat dan dibaca
  • Ditempatkan diperempatan jalan atau tempat yang strategis

Kelebihan & Kelemahan Spanduk

Adapun kelebihan dan kelemahan spanduk yaitu:

Kelebihan

  • Proses pembuatan tidak terlalu rumit
  • Jangkauan pemasangan sangat luas dan frekuensi tinggi
  • Mencakup semua target audience
  • Penempatannya fleksibel secara geografis
  • Mudah diingat sebelum membeli produk
  • Bisa dilihat berulang-ulang oleh pengguna jalan

Kelemahan

  • Kurang efektif karena sebagian masyarakat yang lewat di depan spanduk
  • Waktu pemasangan secara singkat
  • Tidak bisa menampilkan informasi secara lengkap
  • Bila frekuensinya terlalu tinggi, mengakibatkan kebosanan pada target audience
  • Mengganggu keindahan lingkungan bila terpasang tidak teratur

Manfaat Spanduk

Spanduk digunakan sebagai media penerangan/penyampaian informasi baik di luar ruang maupun dalam ruang. Ukuran spanduk bervariasi tergantung pada kebutuhan. Spanduk dipilih oleh para penyampai pesan karena selain harga cetaknya yang terjangkau juga karena spanduk memiliki ruang yang luas untuk informasi yang akan disampaikan.

Jenis-Jenis Spanduk

Dalam hal ini ada 3 macam jenis spanduk, mulai dari yang termurah yaitu: spanduk sablon, spanduk spray/semprot dan yang terbaru spanduk printing. Yang kesemuanya memiliki kelemahan serta kelebihan masing-masing.

Spanduk Sablon

  • Kelebihan yaitu sehari bisa jadi 100 spanduk
  • Kelemahan yaitu apabila campuran catnya tidak pas maka akan luntur bila kena air

Spanduk Spray

  • Kelebihan yaitu lebih tahan terhadap air
  • Kelemahan yaitu pengerjaan lebih lama

Spanduk Printing

  • Kelebihan yaitu hasil lebih bagus karena bisa full colour
  • Kelemahan yaitu harganya masih tergolong cukup mahal

Cara Membuat Spanduk

Banyak spanduk yang kita lihat di berbagai tempat namun terkadang ada beberapa spanduk yang bila kita amati, isi spanduk yang dibuat tersebut tidak memperhatikan atau melupakan hal penting berikut ini.

Desain Spanduk

Desain spanduk yang menarik tentu akan menarik perhatian orang untuk melihatnya, awalnya dari melihat desain spanduk maka orang lantas akan membaca apa isi atau informasi yang ada di dalam spanduk tersebut.

Ukuran Spanduk

Besar kecilnya ukuran spanduk hendaknya disesuaikan dengan space atau tempat dimana spanduk akan ditempatkan sehingga tidak akan terjadi hal seperti spanduk terlalu kecil atau spanduk terlalu besar.

Tulisan Spanduk Terlalu Kecil

Ini menjadi kendala ketika spanduk akan diletakkan diluar ruang yang memiliki lalu-lintas cepat karena para audience/pembaca tidak akan sempat membaca informasi yang ada di dalam spanduk secara detail. Jadi besar kecilnya ukuran teks sebaiknya disesuaikan dengan tujuan dimanakah spanduknya nantinya ini akan ditempatkan. Berbeda jika spanduk akan ditempatkan di dalam ruangan dimana pambaca akan dapat membaca keseluruhan isi spanduk tanpa khawatir akan bergegas pergi.

Desain Spanduk Terlalu Padat

Walaupun ukuran spanduk terbilang besar sebagai media informasi, banyaknya informasi yang akan disampaikan hendaknya diringkas agar kalimat-kalimat tersebut tidak memenuhi spanduk yang nantinya akan melelahkan mata pembaca. Jikapun ada hal yang lebih mendetail yang akan disampaikan maka anda dapat mencantumkan dalam spanduk tersebut alamat website atau blog anda karena di website atau blog tersebut anda dapat memberikan keterangan yang lebih mendetail.

Jenis Huruf Spanduk

Pemilihan huruf untuk spanduk hendaknya disesuaikan dengan kebutuhan, idealnya gunakan huruf yang jelas “tidak menggunakan huruf latin yang berukir-namun ini kembali kepada kebutuhan” agar informasi yang akan disampaikan cepat diterima oleh pembaca. “Sebaiknya dan usahakan pilihlah atau gunakan huruf yang sifatnya gratis untuk keperluan personal atau komersial, anda dapat mendownloadnya di internet dengan menggunakan kata kunci, free font for commercial use”.

Fotor Untuk Spanduk

Jika ingin menggunakan foto di dalam spanduk anda maka pilihlah foto yang beresolusi besar agar tidak pecah atau blur hasilnya ketika spanduk dicetak. Besarnya resolusi foto ditentukan kembali oleh ukuran spanduk yang akan digunakan. Lebih besar resolusi fotonya maka lebih baik ” sebaiknya dan usahakan gunakan foto atau gambar orisinil untuk spanduk anda”.

Demikianlah pembahasan mengenai “Spanduk” Pengertian & ( Fungsi – Ciri – Manfaat – Jenis – Cara Membuat ) semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat menambah wawasan dan pengetahuan anda semua, terima kasih banyak atas kunjungannya.

Baca Juga:

loading...