“Storyboard” Pengertian & ( Fungsi – Tujuan – Cara Membuat )

Posted on

“Storyboard” Pengertian & ( Fungsi – Tujuan – Cara Membuat )

DosenPendidikan.Com – Apakah kalian mengetahui apa itu storyboard? mungkin saja bila kalian seorang yang sering berkecimpung dalam dunia desain grafis pastinya sudah mengerti atau mengetahui istilah yang satu ini. Karena Storyboard berhubungan dengan gambar menggambar,, misalnya seperti sketsa gambar kajadian-kejadian pada cerita suatu film atau video pendek.

Dalam hal ini tentunya dalam pembuatan film storyboard sangatlah penting lohh,,,, terutama film animasi maupun dalam video pendek. Jika kalian ingin memahami mengenai “apa itu Storyboard” maka kaki akan memberikan ulasan mengenai Storyboard agar kalian dapat memahaminya.

Pengertian Storyboard

Storyboard merupakan suatu sketsa gambar yang disusun secara berurutan sesuai naskah cerita, dengan storyboard maka pembuat cerita dapat menyampaikan ide cerita secara lebih mudah kepada orang lain,, karena dengan storyboard maka pembuat cerita dapat membuat seseorang membayangkan suatu cerita mengikuti gambar-gambar yang sudah tersaji, sehingga dapat menghasilkan persepsi yang sama dengan ide cerita yang dibuat.

Storyboard juga dapat di artikan sebagai naskah yang disajikan dalam bentuk sketsa gambar yang berurutan,,berguna untuk memudahkan pembuatan alur cerita maupun pengambilan gambar. Sejarah singkatnya pada tahun 1933 untuk yang pertama kalinya seorang animator yang bernama Webb Smith membuat Storyboard. Ide ini berasal dari gambar-gambar yang terpisah yang disusun di papan buletin untuk membuat suatu alur cerita.

Alasan-alasan penggunaan Storyboard yaitu:

  • Dapat memudahkan sebelum membuah suatu film,, animasi,, video pendek,, dll.
  • Digunakan untuk mengingatkan animator mengenai alur cerita.
  • Digunakan supaya memudahkan pembaca dalam memahami alur cerita.

Fungsi Storyboard

Fungsi umum dari Storyboard yakni sebagai suatu konsep dan ungkapan yang kreatif dalam menyampaikan ide atau gagasan. Pada storyboard juga seseorang dapat menambahkan arahan-arahan seperti arahan audio, letak atau arahan informasi lainnya. Adapun beberapa fungsinya lainnya seperti:

  • Dalam pembuatan suatu fiolm misalnya storyboard berguna untuk menggambarkan alur cerita berdasarkan garis besarnya saja dari bagian awal,, tengan dan akhir.
  • Lalu berguna untuk membuat perencanaan pada film.
  • Dan secara keseluruhan dapat memudahkan dalam membuat dan memahami alur film. Saat ini Storyboard juga berguna dalam pembuatan suatu game,, misalnya membuat sketsa alur game tersebut dari awal sampai selesai.

Tujuan Dari Storyboard

Adapun tujuan dari Storyboard yaitu:

  • Sebagai panduan bagi orang-orang yang terlibat didalamnya,, mulai dari sutradara, penulis cerita, lighting dan kameramen.
  • Memungkinkan seorang pembuat film untuk mempresvisualisasikan ide-idenya.
  • Sebagai alat untuk mengkomunikasi ide keseluruhan film
  • Menjelaskan tentang alur narasi dari sebuah cerita.
  • Berperan dalam pewaktuan “timing” pada sequence,, percobaan-percobaan dengan sudut padang kamera,, perpindahan dan kesibambungan “continuty” antara elemen-elemen dalam sebuah frame.

Langkah-Langkah Atau Cara Membuat Storyboard

Adapun untuk langkah-langkah dalam membuat Storyboard yaitu:

  • Catat hal-hal yang dianggap penting yang di dapat dari ide,, maupun dari konsep yang akan dibuatkan Storyboardnya.
  • Pilihlah media yang cocok untuk membuat Storyboard,
  • Membuat daftar kronologi pada cerita yang akan dibuatkan Storyboardnya.
  • Tentukan jalan ceritanya.
  • Membuat semua sketsa bagi seluruh frame yang akan dibuat dan berikan informasi/deskripsi yang dianggap penting.

Dalam membuat sketsa gambar kalian dapat menggunakan media kertas dan digambar secara manual atau bisa juga dengan menggunakan perangkat lunak/aplikasi multimedia yang ada pada komputer.

Demikianlah pembahasan mengenai “Storyboard” Pengertian & ( Fungsi – Tujuan – Cara Membuat ) semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂

Baca Juga: