“Stratifikasi Sosial” Pengertian & ( Proses Terjadi – Faktor Penyebab – Macam – Fungsi )

Posted on

“Stratifikasi Sosial” Pengertian & ( Proses Terjadi – Faktor Penyebab – Macam – Fungsi )

DosenPendidikan.Com – Nah apabila kita berbicara dalam mengenai sosial hal ini memang tidak ada habisnya, pasalnya ada banyak sekali hal yang harus kita ketahui seperti hukum sosial, stratifikasi sosial, proses terjadinya, faktor dan macam serta fungsi, hal demikian kita hidup dilingkungan sosial. Nah untuk kalian yang belum paham akan stratifikasi sosial, berikut ini kami akan sajikan informasi terkait dengan Stratifikasi sosial, berikut pemaparannya.

Pengertian Stratifikasi Sosial

Yang dimaksud dengan stratifikasi sosial ialah pengelompokan anggota masyarakat ke dalam lapisan sosial yang bertingkat. Pengertian lainnya dari stratifikasi sosial merupakan pengelompokan anggota masyarakat atas dasar status sosial yang dimilikinya.

Stratifikasi sosial atau pelapisan sosial sudah dikenal sejak manusia menjalankan kehidupan. Stratifikasi sosial terbentuk akibat dari kebiasaan manusia dalam hal berkomunikasi, berhubungan atau bersosialisasi satu sama lainnya dengan teratur atau tersusun, baik itu secara sendiri-sendiri maupun berkelompok.

Akan tetapi pada akhirnya apapun bentuknya dalam kehidupan bermasyarakat sangat membutuhkan penataan dan juga organisasi, oleh karena itu dalam rangka menata kehidupan inilah yang pada akhirnya akan terbentuk sedikiy demi sedikit stratifikasi sosial.

Proses Terjadinya Stratifikasi Sosial

Adapun proses terjadinya stratifikasi sosial yaitu:

Terjadi Dengan Sendirinya Atau Otomatis

Faktor ini terjadi dikarenakan telah ada sejak seseorang itu lahir atau proses ini dapat terjadi sebab pertumbuhan masyarakat. Seseorang individu menempati lapisan tertentu yang bukan karena disengaja yang dibuat oleh masyarakat atau dirinya sendiri akan tetapi terjadi dengan sendirinya atau otomatis, misalnya karena keturunan.

Terjadi Dengan Cara Disengaja

Faktor ini dapat terjadi secara sengaja dengan maksud untuk kepentingan atau tujuan bersama. Sistem ini telah ditentukan dengan terdapatnya wewenang dan juga kekuasaan yang diberikan oleh seseorang atau organisasi. Contohnya seperti diberikan oleh perusahaan tempat bekerja, partai politik, pemerintah dan lain sebagainya.

Faktor-Faktor Yang Menjadi Penyebab Terjadinya Stratifikasi Sosial

Adapun faktor-faktor yang menjadi penyebab terjadinya stratifikasi sosial yang diantaranya:

  • Kekayaan, seseorang akan menempati urutan paling atas apabila dia mempunyai kekayaan yang lebih.
  • Kehormatan, seseorang yang sangat dihormati umumnya selalu menempati lapisan paling tinggi sering kita ditemui di masyarakat, contohnya seperti seseorang yang berjasa besar.
  • Kekuasaan, ukuran dari suatu kekuasaan seseorang pun bisa menjadi faktor-faktor penyebab terjadinya, stratifikasi sosial dan umumnya seseorang yang memiliki kekuasaan selalu menempati lapisan paling tinggi, contohnya seperti bupati, gubernur, presiden dan lain sebagainya.
  • Berpengetahuan luas atau berilmu tinggi, seseorang yang mempunyai ilmu pengetahuan yang luas akan menempati urutan paling atas dalam stratifikasi sosial.

Macam-Macam Stratifikasi Sosial

Adapun macam-macam stratifikasi sosial yang diantaranya yaitu:

Stratifikasi Sosial Tertutup

Yang merupakan jenis stratifikasi dimana pada setiap anggota masyarakat tidak dapat pindah ke tingkat sosial yang lebih tinggi maupun lebih rendah. Misalnya pada sistem kasta suatu daerah atau negara yang mana terdapat golongan darah biru dan golongan masyarakat biasa.

Stratifikasi Sosial Terbuka

Yang merupakan suatu sistem dimana setiap anggota masyarakat yang ada didalamnya dapat berpindah-pindah dari satu tingkatan ke tingkatan lainnya. Misalnya tingkatan jenjang pendidikan, jabatan pekerjaan, kekuasaan dan lain sebagainya.

Fungsi Stratifikasi Sosial

Adapun fungsi stratifikasi sosial yaitu:

  • Sebagai suatu alat penyaluran hak dan kewajiban, contohnya seperti: menentukan kedudukan, jabatan, penghasilan seseorang dan lain sebagainya.
  • Untuk mempersatukan dengan pola menkoordinasikan pada bagian yang ada dalam struktur sosial, gunanya agar tujuan yang telah direncanakan sebelumnya berhasil.
  • Sebagai penempatan seseorang pada lapisan atau strata tertentu dalam struktur sosial.
  • Sebagai penentu tingkatan mudah atau paling tidak bertukar kedudukan atau status dalam struktur sosial.
  • Mendorong masyarakat agar mau bergerak sesuai dengan fungsinya.

Demikianlah pembahasan mengenai “Stratifikasi Sosial” Pengertian & ( Proses Terjadi – Faktor Penyebab – Macam – Fungsi ) semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian semua, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂

Baca Juga: