Struktur Dan Fungsi Jaringan Batang Tumbuhan

Rate this post

Struktur Dan Fungsi Jaringan Batang Tumbuhan – Pada umumnya tumbuhan yang kita lihat memiliki batang yang berdiri tegak di atas tanah serta mendukung cabang, daun, dan bunga. Tempat melekatnya daun dan tunas pada batang adalgh buku (nodus) dan batang di antara dua buku disebut ruas (internodus).

Anatomi batang tumbuhan monokotil dan dikotil memiliki ciri masing- masing. Perhatikan Gambar 3.7 yang menunjukkan ciri yang berbeda antara jaringan penyusun batang monokotil dan dikotil!

Struktur dan jaringan batang

Struktur dan jaringan batang

Seperti halnya pada akar, batang bila diiris melintang menunjukkan bagian- bagian (daerah) atau jaringan-jaringan penyusun dari luar ke dalam tersusun sebagai berikut : epidermis, korteks, dan silinder pusat. Jaringan terluar dari batang, yaitu epidermis.

Pada batang dikotil dewasa. epidermis akan rusak dan digantikan oleh periderm (jaringan gabus).
Periderm memiliki kambium gabus atau felogen. Felogen membelah ke arah luar membentuk felem dan ke arah dalam membentuk feloderm.

Di bawah epidermjs terdapat daerah korteks. Daerah korteks tersusun oleh jaringan parenkim Pada batang dikotil lapisan kortek yang paling dalam adalah jaringan endodermis.

Biasanya sel-selnya mengandung amilum. Berbeda dengan pengamatan secara anatomis qada akar. pada’Batang endodermis dan perikambium tidak tampak jelas. Pada monokotil tidak ditemukan endodermis. Bagian terdalam dari batang, yaitu silinder pusat atau stele.

Silinder pusat terdiri atas tiga bagian, yaitu perikambium, jaringan pengangkut, dan empulur. Pada dikotil berkas pengangkut tersusun dalam lingkaran. Berkas pengangkutnya bertipe kolateral terbuka atau bikolateral. Kolateral terbuka, yaitu antara xilem dan floem terdapat kambium.

Tipe berkas pengangkut berkolateral memiliki susunan xilem yang diapit oleh floem luar dan floem dalam, anftaflfcxilem dan floem luar terdapat kambium. Berkas pengangkut pada batang monokotil tersusun tersebar dan bertipe kolateral tertutup, yaitu antara xilem dan folem tidak ada berkas.

Berkas floem atau pembuluh tapis adalah berkas pengangkut yang menqanqkut hasil fotosintesis dari daun ke seluruh bagian tumbuhan. Berkas xilerri atau pembuluh kayu tersusun dari berbagai jenis sel, yaitu sel serat dan sel-sel pembentuk pembuluh angkut xilerri.

Sel-sel itu mengalami penebalan dinding, sehingga selain berfungsi untuk mengangkut air dan zat hara dari akar ke daun, xilem juga akan berfungsi sebagai jaringan penguat.

Seperti halnya pada akar, bagian terdalam batang juga tersusun atasempulur batang. Pada tumbuhan dikotil. di antarafloem dan xilem dibatasi oleh kambium. Jaringan kambium mempunyai sifat selalu membelah dan menvebabkan batang bertambah besar.

Tahukah kamu lingkaran tahun pada batang? Lingkaran tahun ini menunjukkan aktivitas kambium yang dapat digunakan untuk menghitung umur dari tumbuhan ini. Coba carilah informasi, mengapa lingkaran tahun dapat digunakan untuk menghitung umur tumbuhan!

Yang Perlu Diperhatikan Dan Di Pahami

Peneliti dapat menentukan umur pohon dengan melihat lingkaran tahun yang terbentuk. Lingkaran tahun terbentuk karena aktivitas pembelahan sel- sel kambium yang dipengaruhi oleh musim. Pada musim penghujan air banyak tersedia, sehingga aktivitas sel-sel kambium meningkat, namun keadaan sebaliknya terjadi pada musim kemarau.

Perbedaan inilah yang menyebabkan terbentuknya lingkaran tahun. Usia dapat diketahui dengan menghitung jumlah lingkaran yang ditemukan pada batang. Pada Gambar 3.7 ada 4 lingkaran tahun yang nampak, berarti usia pohon tersebut adalah 4 tahun.

Beberapa batang memiliki fungsi tambahan, misalnya pada kunyit dan kentang. Rimpang kunyit dan umbi kentang sebenarnya adalah batang yang memiliki fungsi tambahan sebagai tempat penyimpan cadangan makanan. Sebagai bukti bahwa rimpang kunyit dan umbi kentang adalah batang, lihatlah gambar3.10.

Jaringan Batang lai

Jaringan Batang lai

 

Demikian Penjelasan Tentang Struktur Dan Fungsi Jaringan Batang Tumbuhan Semoga Bermanfaat Buat Para Sahabat Setia DosenPendidikan.Com 😀