“Sumber Hukum” Pengertian & ( Macam – Contoh )

Posted on

“Sumber Hukum” Pengertian & ( Macam – Contoh )

DosenPendidikan.Com – Teori mengajarkan bahwa hukum bertujuan semata-mata untuk mencapai keadilan. Menurut teori ini, isi hukum semata-mata harus ditentukan oleh kesadaran etis kita mengenai apa yang adil dan apa yang tidak adil. Teori ini pertama kali dikemukakan oleh Aristoteles filsuf Yunani dalam bukunya Ethica Nicomachea dan Rhetorica yang menyatakan “hukum mempunyai tugas yang suci yaitu memberi kepada setiap orang yang berhak menerimanya”. Nah lalu apa yang dimaksuda dengan sumber hukum, kali ini kami akan memberikan ulasan agar kalian lebih dapat memahami dan dimengerti kalau begitu simak selengkapnya dibawah ini.

Pengertian Sumber Hukum

Sumber hukum ialah segala sesuatu yang dapat mengaktifkan aturan-aturan yang mempunyai sifat memaksa, yakni apabila melanggarnya akan mengakibatkan timbulnya sanksi tegas.

Macam Dan Contoh Sumber Hukum

Adapun dalam hal ini sumber hukum dibagi menjadi dua jenis yakni sumber hukum material dan sumber hukum formal.

Sumber Hukum Material

Yaitu semua aturan, norma atau kaidah yang menjadi sumber dari manusia untuk bersikap dan bertindak. Atau pengertian lainnya dari sumber hukum materi ialah tempat dari manakah material itu diambil.

Sebuah keyakinan dan atau perasaan hukum dari seseorang atau individu dan juga pendapat masyarakat yang bisa menentukan isi hukum. Dengan begitu dapat dikatakan bahwa faktor-faktor yang bisa mempengaruhi pembentukan hukum ialah adanya keyakinan atau perasaan hukum seseoranng dan pendapat masyarakat.

Sumber Hukum Formal

Yaitu sumber hukum yang juga bisa disebut sebagai penerapan dari hukum material, sehingga hukum formas bisa berjalan dan ditaati oleh seluruh objek hukum. Macam-macam hukum formal ialah sebagai berikut:

  • Undang-Undang
    Yaitu segala sesuatu aturan yang mempunyai kekuatan hukum yang mengikat, yang dijaga oleh pemerintah negara tersebut. Contohnya seperti: UU, PP, Perpu dan lain sebagainya.
  • Kebiasaan
    Yaitu segala macam perbuatan yang sama dan dilakukan secara continue sehingga menjadi hal yang umum dilakukan. Contohnya: adat istiadat didaerah yang dilaksanakan dengan cara turun-temurun yang sudah menjadi hukum di daerah tersebut.
  • Yurisprudensi
    Yaitu segala macam keputusan hakim dari masa lampau atau masa lalu dari suatu perkara yang sama, sehingga dijadikan keputusan oleh para hakim dimasa kini. Seorang hakim dapat membuat suatu putusan sendiri, jikalau perkara yang sedang disidangkan tersebut tidak diatur sama sekali oleh undang-undang.
  • Traktat
    Yaitu segala macam bentuk perjanjian yang dilaksanakan oleh 2 “dua” negara atau lebih. Dan perjanjian tersebut mempunyai sifat yang mengikat bagi antar negara-negara yang terlibat traktat ini dan otomatis traktat tersebut juga mengikat warga negara dari negara yang bersangkutan.
  • Doktrin
    Yaitu segala macam pendapat para ahli hukum terkenal yang dijadikan patokan atau asas-asas penting dalam hukum dan penerapannya.

Demikianlah pembahasan mengenai “Sumber Hukum” Pengertian & ( Macam – Contoh ) semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian semua, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂

Baca Juga: