“Surat Pembaca” Pengertian & ( Ciri – Fungsi – Manfaat – Penulisan – Contoh )

Posted on
“Surat Pembaca” Pengertian & ( Ciri – Fungsi – Manfaat – Penulisan – Contoh )
5 (100%) 1 vote

“Surat Pembaca” Pengertian & ( Ciri – Fungsi – Manfaat – Penulisan – Contoh )

DosenPendidikan.Com – Untuk pembahasan kali ini kami akan mengulas mengenai surat pembaca yang dimana dalam hal ini meliputi pengertian, ciri, fungsi, penulisan dan contoh, nah agar lebih memahami dan dimengerti simak ulasannya dibawah ini.

Pengertian Surat Pembaca

Surat pembaca ialah surat yang ditulis oleh pembaca yang dimuat dalam surat kabar/koran, tabloid atau majalah yang berisi tanggapan, kritik, saran, keluhan, ajakan, imbuhan, ucapan terima kasih dan lain-lain.

Ciri-Ciri Surat Pembaca

Surat pembaca memiliki ciri yang membedakan dengan macam surat lainnya, ciri dari surat pembaca yaitu:

  • Merupakan surat yang berisi pesan: keluhan, pujian, himbauan, undangan dan sebagainya kepada instansi atau orang tertentu. Selain itu, surat pembaca dapat juga berupa surat balasan yang dikirimkan untuk menjawab keluhan surat pembaca sebelumnya.
  • Bersifat umum artinya surat yang boleh dibaca oleh orang banyak, mengingat isi pesan yang disampaikan mempengaruhi hajat hidup orang banyak.
  • Singkat, padat, dan jelas. Surat pembaca terdiri atas 1-4 paragraf, isi yang disampaikan dalam surat pembaca langsung ke pokok pembicaraan.
  • Menggunakan bahasa yang baku, sopan dan komunikatif.

Fungsi Dan Manfaat Surat Pembaca

Fungsi dan manfaat menulis surat pembaca, menulis surat pembaca memiliki fungsi dan manfaat antara lain yaitu:

  • Membantu pengirim surat pembaca mendapatkan jawabannya, surat pembaca yang dikirimkan berisi pertanyaan, keluhan dan sebagainya yang membutuhkan jawaban atau tanggapan. Dengan menulis surat pembaca, pengirim surat akan merasa puas akan tanggapan yang dikirimkan oleh pihak terkait.
  • Sebagai media perantara “orang ketiga” antara orang pertama “yang mengirim surat” dengan orang kedua “objek yang dituju”.
  • Menjadi bahan informasi akan suatu hal kepada orang banyak, hal ini karena surat pembaca bersifat public, artinya dapat dibaca oleh banyak orang, dengan demikian public menjadi mengetahui akan suatu hal “masalah, pujian dan sebagainya” yang disampaikan.

Penulisan Surat Pembaca

Format penulisan surat pembaca ialah sebagai berikut:

Judul

Menunjukkan keluhan, pujian, terhadap objek yang dituju. Dengan demikian, penyuting dari surat kabar akan lebih mudah menunjukkan surat kepada objek yang tepat.

Identitas pengirim

Pada bagian ini pengirim mengungkapkan jati dirinya, mulai dari nama, usia, pekerjaan, contact person. Jangan khawatir sebagian besar identitas pengirim surat dirahasiakan oleh penyunting surat pembaca, seperti nama dan contact person akan dilindungi dengan tidak dituliskan dalam kolom surat pembaca “atau disensor”.

Isi Surat

Merupakan bagian inti surat yang memngungkapkan maksud dari surat, berupa keluhan atau pujian atau himbauan atau pertanyaan dan lainnya. Pada bagian ini juga disertai harapan pengiriman surat akan permasalahan yang diungkapkan.

Contoh Surat Pembaca

Jelang SEA Games, Palembang Perlu Menata Diri

Redaksi Yth,
Saya ialah wong palembang yang sedang menuntut ilmu di Jakarta. Minggu lalu saya pulang kampung. Selama dua hari di Palembang saya sempatkan berkeliling di Jakabaring Sport City “JSC” sebagai satu kawasan olahraga terpadu SEA Games XXVI mendatang.
Saya bangga dengan penunjukan Palembang sebagai penyelenggara kembar SEA Games bersama Jakrta. Melintasi Tugu Parameswara, saya mengelilingi stadion sepak bola Gelora Sriwijaya yang megah dengan arsitekturnya yang menawan.
Namun demikian ditengah kekaguman saya dengan pesatnya kemajuan pembangunan yang dicapai Kota Palembang khususnya dalam menyongsong pelaksanaan SEA Games sebulan mendatang, masih menyisakan pekerjaan rumah “PR” yang cukup berat yakni semakinb semrawutnya transportasi kota.
Kondisi tercermin dari tidak dapatnya saya memprediksi waktu yang harus ditempuh dari bandara menuju kediaman saya ataupun sebaliknya. Jalanan telah penuh sesak dengan sepeda motor, angkot, bus kota atapun kendaraan pribadi. Harapan saya semoga dalam waktu yang sudah sangat singkat ini, pemerintah dapat mengatasi kemacetan lalu lintas Kota Palembang.

Stacia Andani
Mahasiswi Binus Jakarta
“Dikutip dari: koran harian Sumatera Ekpres edisi 13 Oktober 2011”

Demikianlah pembahasan mengenai “Surat Pembaca” Pengertian & ( Ciri – Fungsi – Manfaat – Penulisan – Contoh ) semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat menambah wawasan dan pengetahuann kalian semua, terima kasih banyak atas kunjungannya. πŸ™‚ πŸ™‚ πŸ™‚

Baca Juga:

loading...