“Teks Ulasan” Pengertian & ( Ciri – Struktur – Kaidah Kebahasaan – Contoh )

Bahasa Indonesia hisam sam

“Teks Ulasan” Pengertian & ( Ciri – Struktur – Kaidah Kebahasaan – Contoh )

DosenPendidikan.Com – Untuk kali ini kami akan membahas mengenai teks ulasan yang dimana dalam hal ini akan mengulas pengertian, ciri, struktur, kaidah kebahasaan dan contoh, nah untuk lebih jelasnya simak uraian berikut ini.

"Teks Ulasan" Pengertian & ( Ciri - Struktur - Kaidah Kebahasaan - Contoh )

Pengertian Teks Ulasan

Teks ulasan yaitu teks yang berisi ulasan atau penilaian terhadap suatu karya (drama atau film), mengulas suatu film dan drama mengharuskan kita untuk bersikap kritis.

Sikap kritis ini sangat penting agar ulasan yang kita tulis tersebut berkontribusi bagi kemajuan film dan drama itu sendiri.

Ciri-Ciri Teks Ulasan

Yang membedakan teks ulasan dengan teks cerita sejarah maupun teks lain ialah di dalamnya memiliki ciri-ciri yaitu:

  • Struktur terdiri atas: Orientasi, Tafsiran, Evaluasi dan Rangkuman.
  • Memuat informasi berdasarkan pandangan atau opini penulis terhadap suatu karya atau produk.
  • Opininya berdasarkan fakta yang di-interpretasi-kan.
  • Dikenal dengan istilah lain yaitu resensi.

Struktur Teks Ulasan

Struktur teks itu merupakan bagian-bagian yang membangun sebuah teks sehingga menjadi suatu teks yang utuh, adapun struktur yang membangun teks ulasan dari orientasi, tafsiran, evaluasi dan rangkuman.

Untuk lebih jelasnya simak ulasan dibawah ini.

  • Orientasi berisi pengenalan tentang gambaran umum mengenai sebuah karya (film dan drama) yang akan diulas, gambaran umum ini menyiapkan “latar belakang” bagi pembaca mengenai apa yang akan diulas.
  • Tafsiran, berisi gambaran detail mengenai sebuah karya (film dan drama) yang diulas misalnya bagian-bagian dari hasil karya, keunikan, keunggulan, kualitas dan sebagainya.
  • Evaluasi, berisi pandangan dari pengulas mengenai hasil karya yang diulas, hal ini dilakukan setelah melakukan tafsiran yang cukup terhadap hasil karya tersebut. Pada bagian ini penulis akan menyebutkan bagian yang bernilai (kelebihan) atau bagian yang kurang bernilai (kekurangan) dari suatu karya (film dan drama).
  • Rangkuman, berisi kesimpulan dari ulasan terhadap suatu karya ( film dan drama), bagian ini juga memuat komentar penulis apakah hasil karya tersebut bernilai/berkualitas atau tidak untuk ditonton/disaksikan.

Kaidah Kebahasaan Teks Ulasan

Nah berikut ini kaidah kebahasaan yang terkandung dalam teks ulasan:

  • Teks ulasan drama/film berisi penonjolan terhadap unsur-unsur karya seni yang hendak di-ulas.
  • Menggunakan kata-kata opini atau persiasif.
  • Menggunakan konjungsi internal dan konjungsi eksternal.
  • Menggunakan ungkapan perbandingan (persamaan/perbedaan).
  • Menggunakan kata kerja material dan kata kerja relasional.

Contoh Teks Ulasan

Candi Borobudur

Bagian Orientasi

Borobudur merupakan candi Budha dan dikenal sebagai candi terbesar di Indonesia, bahkan seluruh dunia. Candi Budha terbesar ini berada di kota Magelang, Provinsi Jawa Tengah, Indonesia yang tepatnya berada sekitar 100 km sebelah barat laut dari kota Jogja.

Walaupun candi ini berada di Magelang namun keberadaannya sering dijadikan sebagai salah satu tujuan destinasi wisata di Jogja, kabarnya candi yang mempunyai bentuk stupa ini sudah didirikan pada tahun 800, hingga sekarang, Candi Borobudur ini masih digunakan juga sebagai tempat beribadah.

Bagian Tefsiran Isi

Walaupun sudah ada sejak ribuan tahun yang lalu, hingga sekarang keindahan dan keagungan Candi Borobudur dapat dinikmati. Setiap harinya ada banyak wisatawan yang berdatangan untuk berwisata dengan datang ke Borobudur.

Orang-orang yang datang ke Candi Borobudur tak hanya ingin menikmati dan menyaksikan salah satu bangunan megah ini, melainkan mereka juga ingin mengetahui kisah-kisah sejarah hingga mitos yang menyelimuti candi Budha terbesar di dunia ini. Sebagai salah satu tempat wisata yang terkenal di dunia, Candi Borobudur termasuk dalam kategori tujuh keajaiban dunia yang masih dapat dinikmati hingga saat ini.

Bagian Evaluasi

Bukan hal yang menjadi rahasia lagi untuk masyarakat dunia, bahwa Borobudur merupakan salah satu wisata yang menarik untuk dikunjungi. Memang di candi ini terdapat peninggalan-peninggalan sejarah yang bisa ditemukan untuk dipelajari.

Namun, syangnya struktur bangunan di Borobudur tak lagi utuh akibat adanya gempa yang terjadi beberapa waktu yang lalu, itulah alasan mengapa pihak pengelola dan pengurus candi melakukan renovasi bangunan, sehingga keaslian bangunannya tidak seperti dulu.

Bagian Rangkuman

Candi Borobudur itu ialah candi Budha yang juga menjadi salah satu candi terbesar sekaligus keajaiban dunia yang sudah diketahui oleh banyak orang. Candi ini mengandung sejarah yang luar biasa dan memiliki keindahan yang cukup memikat hati.

Sehingga tidak heran disana banyak sekali wisatawan dari berbagai wilayah penjuru dunia, bagi yang merasa kebingungan untuk menghabiskan waktu liburan, sebaiknya datanglah ke Candi Borobudur untuk mendapatkan sensasi wisata yang berbeda sekaligus berjalan-jalan sembari mengetahui sejarah peradaban agama Budha di Indonesia.

Demikianlah pembahasan mengenai “Teks Ulasan” Pengertian & ( Ciri – Struktur – Kaidah Kebahasaan – Contoh ) semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat menambah wawasan dan pengetahuan anda semua, terima kasih banyak atas kunjungannya.

Baca Juga:

Most popular articles related to “Teks Ulasan” Pengertian & ( Ciri – Struktur – Kaidah Kebahasaan – Contoh )
Shares