Terjadinya Kelangkaan Sumber Daya Alam ( SDA ), Ini Faktor Penyebabnya

Ekonomi hisam sam

DosenPendidikan.Com – Pastinya sebagian orang belum mengetahui apa sih yang dimaskud dengan Sumber Daya Alam,, Nah kali ini akan membahas mengenai kelangkaan sumber daya alam dan faktor penyebabnya. Sumber daya alam ( SDA ) ialah segala sesuatu yang berasal dari alam yang digunakan untu memenuhi kebutuhan hidup manusia. Yang tergolong didalamnya tidak hanya komponen biotik seperti hewan, tumbuhan dan mikroorganisme tetapi juga komponen abiotik seperti minyak bumi, gas alam berbagai jenis logam, air dan tanah.

jumlah penduduk

Inovasi teknologi, kemajuan peradaban dan populasi manusi serta revolusi industri telah membawa manusia pada era eksploitasi sumber daya alam sehingga persediannya terus berkurang secara signifikan terutama pada satu abad belakangan ini. Nah berikut inilah faktor apakah yang menjadi penyebab kelangkaan sumber daya alam simak dibawah ini.

Penjelasan Kelangkaan

Kondisi dimana kita tidak mempunyai cukup sumber daya untuk memuaskan semua kebutuhan kita, dengan singkat kata kelangkaan terjadi karena jumlah kebutuhan yang lebih banyak dari pada jumlah barang dan jasa yang tersedia. Kelangkaan ini bukan berarti sebuah masalah yang sulit diperoleh atau ditemukan. Kelangkaan juga dapat diartikan alat yang digunakan untuk memuaskan kebutuhan jumlahnya tidak seimbang dengan kebutuhan yang harus dipenuhi. Kelangkaan ini mengandung dua pengertian yaitu :

  • Alat pemenuhan kebutuhan tidak cukup untuk memnuhi kebutuhan.
  • Untuk mendapatkan alat pemuas kebutuhan memerlukan pengorbanan yang lain.

Untuk permasalahan kelangkaan selalu dihadapi merupakan masalah bagaimana sesorang bisa memenuhi kebutuhan yang banyak dan beraneka ragam dengan alat pemuas yang terbatas. Dalam menghadapi masalah kelangkaan, ilmu ekonomi yang berperan penting sekali karena masal ekonomi yang sebenarnya ialah bagaiman kita mampu menyeimbangkan antara keinginan yang tidak terbatas dan alat pemuas kebutuhan yang terbatas. Bila suatu sumber daya bisa digunakan untuk menghasilkan suatu alat pemuas kebutuhan dalam jumlah tidak terbatas, maka sumber daya tersebut dikatakan tidak mengalami kelangkaan.

Faktor Penyebab Kelangkaan

  • Keterbatasan Sumber Daya

    Di alam ini memnag meenyediakan sumber daya yang cukup terbilang melimpah ruah, namun tetap saja jumlahnya terbatas. Apalagi jika manusia mengolahnya dengan secara sembarangan. Walaupun sumber daya tersebut dapat diperbaharui atau tersedia secara bebas, tetap saja akan berkurang dan lama-kelamaan akan habis.

  • Perbedaan Letak Geografis

    Sumber alam biasanya tersebar yang tidak merata disetiap daerah. Ada daerah yaang sangat subur, dan ada pula daerah yang kaya akan bahan tambang. Namun ada pula daerah yang gersang dan selalu kekurangan sumber air. Perbedaan yang demikian menyebabkan sumber daya menjadi langka dan terbatas terutama bagi daerah yang tidak memiliki sumber daya yang melimpah.

  • Dengan Bertambahnya Jumlah Penduduk

    Dengan semakin pertumbuhan penduduk yang selalu labih cepat dibandingkan dengan pertumbuhan produksi barang dan jasa. Hal ini telah diamati oleh seorang ekonomi ( Thomas Robert Malthus ) yang menurutnya pedapatnya bahwa, jumlah manusia tumbuh mengikuti deret ukur ( 1,2,4,8,16 dan seterusnya ) sementara jumlah produksi hanya tumbuh mengikuti deret hitung ( 1,2,3,4,5 dan seterusnya ).

  • Keterbatasan Kemampuan Produksi

    Dalam segi bagaimana kemapuan produksi didukung oleh faktor-faktor produksi yang digunakan, misalnya kapasitas faktor produksi manusia terbatas karena masih dapat sakit, lelah, atau bosan. Mesin produksi juga bisa mengalami rusak dan aus. Selain itu, keterbatasan produksi juga ditentukan karena perkembangan teknologi yang tidak sama. Di negara maju, perkembangan teknologi berlangsung sangat cepat, sementara itu dinegara berkembang perkembangan kebutuhan barang dan jasa masih lebih cepat dari pada perkembangan teknologinya.

  • Bencana Alam

    Terjadinya bencana alam merupakan faktor perusak yang berada dilaur kekuasaa dan kemampuan manusia. Walaupun sebenarnya sebagian bencana terjadi akibat ulah manusia sendiri, seperti banjir, gempa buni, tanah longsor, kebakaran hutan dan lain-lain telah membawa dampak kerugian yang terbilang cukup besar. Kerusakan bangunan, tempat usaha, sumber daya alam dan bahkan korban jiwa yang mejadi korban bencana alam tersebut.

Demikianlah pembahasan mengenai Terjadinya Kelangkaan Sumber Daya Alam ( SDA ), Ini Faktor Penyebabnya semoga dengan adanya ulasan tersebut bisa menambah wawasan dan pengetahuan anda semua, terima kasih banyak atas kunjungannya.

Most popular articles related to Terjadinya Kelangkaan Sumber Daya Alam ( SDA ), Ini Faktor Penyebabnya
Shares