“VGA Card” Pengertian & Fungsi – Jenis – Bentuk ( Kelemahan – Kelebihan )

Posted on
“VGA Card” Pengertian & Fungsi – Jenis – Bentuk ( Kelemahan – Kelebihan )
5 (100%) 2 votes

“VGA Card” Pengertian & Fungsi – Jenis – Bentuk ( Kelemahan – Kelebihan )

DosenPendidikan.Com – Untuk pembahasan kali ini kami akan mengulas mengenai VGA Card yang dimana dalam hal ini meliputi pengertian, jenis, bentuk dan kelemahan maupun kelebihannya, nah agar lebih dapat memahami dan dimengerti simak ulasan selengkapnya dibawah ini.

Pengertian VGA Card

VGA Card ialah atau suka disebut juga dengan kartu VGA, berasal dari singkatan “Video Graphics Accelerator” yang berfungsinya mengola data graphis untuk ditampilkan pada layar monitor komputer. VGA juga memiliki prossesor yang disebut dengan GPU “Graphics Processing Unit” dan juga membutuhkan memory. Kartu VGA berfungsi untuk menerjemahkan keluaran komputer ke monitor. Untuk proses desain grafis ataupun bermain permainan video game dan lain-lain, diperlukan kartu grafis yang berdaya tinggi.

Fungsi VGA Card

Fungsi VGA Card ialah untuk menerjemahkan ataupun mengubah sinyal digital yang berasal dari komputer menjadi tampilan grafis pada layar monitor. VGA Card juga memiliki fungsi menerjemahkan output komputer ke monitor. Untuk bermain video game, membuat design graphic dan sebagainya.

Jenis-Jenis VGA Pada Komputer

Adapun untuk jenis-jenis VGA pada komputer meliputi yaitu:

  • VGA Card ISA ialah suatu jenis dari kartu VGA “Video Graphics Accelerator”, yang dimasukkan pada slot ekspansi ISA “Industry Standard Architecture” bus yang masih bersistemkan I/O 8-bit atau 16-bit.
  • VGA Card EISA ialah jenis dari kartu Video Graphics Accelerator yang dapat dipasangkan pada slot ekspandi EISA “Extended Industry Standard Architecture” bus yang ialah 32-bit sistem I/O.
  • VGA Card PCI ialah jenis dari kartu VGA “Video Graphics Accelerator” yang dipasang pada slot ekspansi PCI “Peripheral Component Interconnect” bus yang ialah 32-bit ataupun 64-bit sistem I/O.
  • VGA Card AGP ialah jenis VGA Card yang dapat dipasangkan pada slot ekspandi AGP “Accelerated Graphics Port” bus yang ialah 128-bit dan 256-bit sistem I/O.
  • VGA Card PCI Express “PCIe” ialah jenis VGA Card yang dapat dimasukkan pada slot ekspansi PCIe “Peripheral Component Interconnect Express” bus yang ialah berangkaian seri sistem I/O-nya dengan kecepatan tranfernya mencapai hingga 32 GByte/s.

Bentuk VGA Card

Kartu VGA terbagi menjadi 2 “dua” jenis menurut bentuknya yaitu VGA Card on board dan VGA Card add-on. Kartu VGA on board dapat kalian jumpai di semua motherboard/mainboard pada saat kalian membeli komputer atau laptop sebab sudah menjadi satu paket.

VGA ini dapat kalian gunakan untuk menampilkan output pada layar monitor dengan sangat baik. Sebenarnya jika tidak melakukan pemrosesan grafis tingkat tinggi, kita tidak memerlukan karti VGA add-on. Jika kalian merasa kartu VGA on-board kurang maksimal atau kurang canggih, kalian bisa menambahkan VGA Card add-on. Hal ini utamanya bagi kalian para desainer grafis, pemain game 3D, editor film dll.

Maka dari itu, keberadaan VGA Card add-on ialah sesuai dengan kebutuhan kalian. Ketika terlihat nyata bahwa VGA on board kalian tidak mampu melakukan apa yang menjadi kebutuhan kalian, maka VGA Card add-on dapat ditambahkan. Tetapi ini hanya berlaku pada PC “Personal Computer” saja sebab untuk perangkat lainnya seperti laptop tidak tersedia slot untuk penambahan kartu VGA Card add-on. Apalagi kartu VGA add-on juga membuat kebutuhan daya listrik pada komputer menjadi tinggi dan ini hanya bisa dipenuhi oleh PC saja.

Kelemahan Dan Kelebihan Dari VGA Card

VGA Card on-board memiliki kelebihan yaitu sudah menjadi satu paket dengan mainboard/motherboard, sehingga dipastikan tidak akan ada masalah dengan komputer kalian ketika digunakan. Terlebih lagi, VGA Card on-board dapat dikatakan gratis. Setiap kalian membeli mainboard, pasti sudah terpasang kartu VGA on-board. Tentu saja ini sangat baik untuk kalian yang memiliki budget/dana yang terbatas dalam membeli komputer.

Sementera kekurangannya dari VGA Card on-board ialah tidak memiliki memori sendiri. Hal ini berakibat “pemotongan” memori utama CPU atau laptop kalian yang dikenal dengan RAM “Random Access Memory” untuk digunakan oleh VGA. Kalau RAM terbatas, tentu saja kinerja PC secara keseluruhan akan menjadi melambat.

Sedangkan untuk VGA Card add-on yaitu kelebihannya ialah bisa melakukan pekerjaan rendering berat dan juga tidak “memakan” memori utama atau RAM dalam CPU “Central Prosesing Unit”. Proses yang melibatkan grafis tidak akan membebani prosesor dan juga komputer kalian akan lebih cepat dalam memproses sesuatu.

Sedangkan kelemahannya yaitu harganya agak mahal, bahkan dapat lebih mahal dari seperangkat motherboard/mainboard ditambah dengan prosesor serta RAM. Selain itu, kelemahan lainnya yaitu membuat komputer kalian membutuhkan tenaga listrik agar lebih besar dari biasanya. Jika kalian memiliki power supply yang kapasitasnya tidak besar, maka kinerja PC/Komputer tak akan normal, sehingga kalian diharuskan mengganti power supply dengan yang agak lebih tinggi dan tentunya ini harganya tidak murah atau mahal.

Demikianlah pembahasan mengenai “VGA Card” Pengertian & Fungsi – Jenis – Bentuk ( Kelemahan – Kelebihan ) semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian semua, terima kasih banyak atas kunjungannya. ๐Ÿ™‚ ๐Ÿ™‚ ๐Ÿ™‚

Baca Juga:

loading...