“Wan ( Wide Area Network )” Pengertian & ( Karakteristik – Jenis – Fungsi )

Posted on

“Wan ( Wide Area Network )” Pengertian & ( Karakteristik – Jenis – Fungsi )

DosenPendidikan.Com – Untuk pembahasan kali ini kami akan mengulas mengenai Wan ( Wide Area Network ) yang dimana dalam hal ini meliputi pengertian, karakteristik, jenis dan fungsi, nah agar lebih dapat memahami dan dimengerti simak ulasannya dibawah ini.

Pengertian Wan ( Wide Area Network )

Yang dimaksud dengan Wide Area Network atau disingkat dengan Wan ialah suatu jenis jaringan data yang luas mecangkup negara dan benua, sarana transmisi yang digunakan umumnya seperti telepon, kabel bawah laut dan satelit.

Singkatnya Wan yakni jenis jaringan komputer yang mencangkup negara dan benua atau Wan merupakan gabungan dari jaringan LAN “Local Area Network” dan MAN “Metropolitan Area Network”. Protocol pada jaringan Wan termasuk kedalam physical layer yang ada dalam 7 layer OSI. Data-data pada Wan diatur dengan menggunakan seperangkat aturan yang terdapat pada Data Link 7 layer OSI.

Karakteristik Jaringan Wan

Adapun beberapa karakteristik dari jaringan Wan diantaranya sebagai berikut:

  • Biasanya Wan digunakan untuk menghubungkan perangkat-perangkat yang tidak dapat dihubungkan melalui jaringan Lan dan jaringan Man, oleh karena itu jaringan Wan digunakan untuk menghubungkan jaringan yang sangat luas.
  • Wan memiliki cangkupan area yang sangat luas, jadi biasanya pada jaringan Wan akan melibatkan Operator telekomunikasi, tujuannya menggunakan operator telokomunikasi yakni supaya perangkat-perangkat yang ada dalam jaringan Wan dapat saling berkomunikasi satu sama lain.
  • Menggunakan koneksi serial dari berbagai macam jenis untuk dapat mengakses bandwith dalam lokasi yang berjauhan atau luas.
  • Dapat melakukan pertukaran paket data maupun frame antar router atau switch dan jaringan Lan yang sudah dibangun.
  • Bekerja pada layer fisik dan pada layer data link dari layer OSI.

Jenis-Jenis Koneksi Dari Protocol Wan

Koneksi pada protocol Wan saat ini umumnya dibagi menjadi tiga macam diantaranya sebagai berikut ini.

Leased Line

Lased line sering disebut dnegan koneksi dedicated point to point. Koneksi dedicated point to point tidak memerlukan proses call setup untuk memulai pengirim data. Jadi mekanisme pengiriman paket data dilakukan dengan Synchronous serial.

Circuit Switching

Pada koneksi Circuit Switching terlebih dahulu akan melakukan call setup untuk membentuk koneksi, tujuannya supaya dapat memulai pengiriman data. PTSN dan ISDN merupakan protocol pada WAN yang menggunakan koneksi circuit switching pada jaringan publik.

Packet Switching

Dengan koneksi Packet Switching user dapat membagi bandwidth pada pengguna lain sehingga koneksinya akan lebih stabil dan dapat mengatur bandwidth sesuai dengan jumlah pengguna. Packet Switching ialah pengembangan dari koneksi Lased Line dan mekanis mekoneksinya secara Synchronous Serial.

Fungsi Dari Jaringan Wan

Beberapa fungsi dari jaringan Wan diantaranya sebagai berikut:

Menghubungkan Jaringan Lan Dan Jaringan Man Menjadi Satu Jaringan

Dapat dikatakan ini merupakan fungsi yang paling uatama dari jaringan Wan, karena menintegrasikan dan menghubungkan jaringan Lan dan jaringan Man menjadi satu jaringan. Hal ini sangat berguna bagi perusahaan yang mempunyai banyak cabang di luar kota dan luar negeri.

Membantu Mempercepat Proses Berbagai Data Atau Sharing File

Berbagi data atau sharing file dari kantor pusat ke kantor cabang yang ada di laur kota dapat dilakukan dengan cepat dan lebih efesien.

Untuk Mempercepat Sekaligus Mempermudah Araus Komunikasi Dan Informasi

Dengan danya jaringan Wan maka perusahaan ataupun kantor dapat mempermudah dan mempercepat menyampaikan berbagai informasi ke kantor-kantor cabang yang ada diluar kota atau kantor cabang dapat meminta informasi terbaru dari kantor pusat.

Update Data Antar Perusahaan Atau Kantor Dapat Dilakukan Setiap Saat

Melakukan update data antar perusahaan atau kantor dapat dilakukan setiap saat dan kapanpun jika diperlukan.

Menghemat Biaya Operasional

Karena penggunaan waktu dalam menyampaikan informasi jadi lebih mudah dan lebih efisein, tentunya pengeluaran biaya operasional-pun akan berkurang, jadi dapat dikatakan dengan menyampaikan informasi menggunakan jaringan Wan dapat menghemat pengeluaran biaya operasional suatu perusahaan ataupun kantor.

Demikianlah pembahasan mengenai “Wan ( Wide Area Network )” Pengertian & ( Karakteristik – Jenis – Fungsi ) semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian semua, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂

Baca Juga: