“Workshop” Pengertian & ( Manfaat – Ciri – Jenis – Contoh )

Posted on

“Workshop” Pengertian & ( Manfaat – Ciri – Jenis – Contoh )

DosenPendidikan.Com – Apakah kalian pernah mendengar istilah Workshop?? Dalam hal ini mungkin istilah ini kalian terasa asing bagi beberapa orang karena belum begitu mengetahuinya. Akan tetapi istilah ini tidak asing bagi orang yang telah atau sudah mengikuti suatu Workshop yang diselenggarakan di tempat kerjanya atau di lingkungan masyarakat tempat tinggal kalian.

Kalau begitu tidak usah berlama-lama,, kami disini akan memberikan beberapa penjelasan mengenai Workshop yang dimana menyangkut seperti manfaat,, ciri,, jenis dan contohnya,, nah bagi kalian yang belum mengetahuinya kalau begitu simak pemaparannya dibawah ini.

Pengertian Workshop

Workshop ialah kegiatan yang dimana dalam kegiatan tersebut terdapat orang-orang yang memiliki keahlian dalam bidang tertentu,, berkumpul lalu memabahas permasalahan tertentu dan memberi pengajaran/pelatihan kepada para peserta.

Dapat dikatakan juga workshop yaitu memberikan pengajaran/pelatihan kepada para peserta,, mengenai teori dan juga praktek pada suatu bidang. Atau dengan kata lain workshop yaitu latihan untuk peserta yang bekerja secara perseorangan atau secara kelompok untuk menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan pekerjaan/tugas yang sebenarnya dengan maksud untuk memperoleh sebuah pengalaman.

Manfaat Workshop

Dalam hal ini pada suatu acara workshop maka akan berkumpul orang-orang yang memiliki minat dan keahlian yang sama pada bidang tertentu,, mereka akan berkumpul untuk dapat mengikuti arahan ahli untuk membahas suatu permasalahan.

Yang tentunya workshop memiliki rangkaian kegiatan dalam pelaksanaannya,, umumnya rangkaian acara workshop seperti:

  • Tujuan dilaksanakannya workshop.
  • Permasalahan yang dibahas.
  • Prosedur teknis workshop.
  • Membahas permasalahan.
  • Dan menentukan cara untuk memecahkan permasalahan yang dibahas.

Contoh Workshop

Adapun beberapa contoh workshop seperti yang dilakukan oleh lembaga pendidikan mengenai akreditasi atau workshop yang dilakukan oleh suatu lembaga usaha tentang cara memilih jenis usaha waralaba yang baik.

Ciri-Ciri Workshop

Adapun ciri-ciri dari workshop diantaranya:

  • Permasalahan yang dibahas yang dibahas yakni permasalahan yang muncul atau berasal dari peserta workshop.
  • Metode yang digunakan untuk menyelesaikan masalah yaitu dengan cara musyawarah dan juga dengan penyelidikan,, sehingga peserta workshop dapat mengambil bagian untuk menyelesaikan masalah tersebut secara aktif.
  • Tentunya setiap peserta harus aktif dan berpartisipasi dalam memberikan bantuan dalam kegiatan tersebut untuk menyelesaikan permasalahan,, sehingga bisa mendapatkan hasil yang baik dalam musyawarah tersebut.

Jenis-Jenis Workshop

Adapun jenis-jenis dari workshop yang diantaranya yaitu:

Workshop Berdasarkan Lembaga Atau Organisasi

Misalnya workshop dalam dunia pendidikan yang membahas mengenai permasalahan yang selalu muncul dalam pendidikan dan menyelesaikan persoalan tersebut. Jadi workshop jenis ini tergantung pada lembaga/organisasi yang menyelenggarakannya.

Workshop Berdasarkan Waktu

Workshop yang berdasarkan waktu di bagi menjadi 2 “dua” macam yang diantaranya yaitu:

  • Workshop yang beruntun
    Maksudnya suatu workshop yang dilakukan dalam waktu tertentu diadakan secara terus menerus,, biasanya workshop jenis ini dilakukan selama 3 “tiga” hari secara terus menerus.
  • Workshop yang berkala
    Bedanya dengan workshop beruntun,, workshop berkala dilakukan dalam jangka waktu mingguan atau bulanan.

Berdasarkan Sifat

Workshop berdasarkan dari sifatnya dibagi menjadi 2 “dua” macam yaitu:

  • Workshop yang mengikat
    Merupakan workshop yang diselenggarakan oleh orang-orang atau lemabag tertentu,, misalnya untuk membahas masalah program kerja yang hasil dari workshop tersebut dapat mengikat peserta yang hadir.
  • Workshop yang tidak mengikat

Merupakan workshop yang tidak mengikat peserta yang hadir didalamnya jadi apapun hasi dari workshop tersebut tidak harus di ikuti oleh peserta.

Demikianlah pembahasan mengenai “Workshop” Pengertian & ( Manfaat – Ciri – Jenis – Contoh ) semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian semua,,, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂

Baca Juga: