“Aktiva Tetap” Pengertian & ( Karakteristik – Sifat – Contoh )

Diposting pada

“Aktiva Tetap” Pengertian & ( Karakteristik – Sifat – Contoh )

DosenPendidikan.Com – Untuk pembahasan kali ini akan memberikan ulasan mengenai aktiva tetap yang dimana dalam hal ini meliputi karakteristik, sifat dan contohnya, nah agar lebih dapat memahami dan dimengerti simak pemaparan selengkapnya dibawah ini.

Pengertian Aktiva Tetap

Aktiva tetap ialah kekayaan yang dimiliki oleh suatu perusahaan, yang dimana kekayaan tersebut didapatkan dalam bentuk siap pakai atau telah dibangun terlebih dahulu, sifatnya permanen dan dapat digunakan dalam kegiatan normal perusahaan untuk jengka waktu yang relatif panjang serta memiliki nilai cuku material.

Aktiva tetap yaitu sumber daya ekonomi yang didapatkan dan dikuasai oleh perusahaan sebagai hasil dari transaksi masa lalu, salah satunya yaitu aktiva tetap yang digunakan oleh perusahaan dalam kegiatan operasionalnya dalam menghasilkan produk atau jasa.

Karakteristik Aktiva Tetap

Adapun karakteristik dari aktiva tetap diantaranya sebagai berikut:

  • Tidak untuk dijual kembali.
  • Memiliki wujud fisik.
  • Memiliki nilai material, harga dari asetr cukup signifikan misalnya seperti: harga tanah, harga mesin, harga bangunan dan lain sebagainya.
  • Memiliki periode manfaat dengan jangka waktu yang panjang “lebih dari 1 tahun”/
  • Dapat memberikan banyak manfaat dimasa yang akan datang.
  • Aset dapat digunakan secara efektif dalam aktivitas normal perusahaan “tidak untuk dijual kembali seperti halnya produk, persediaan dan inventasuj.
  • Dimiliki oleh perusahaan tidak sebagai investasi.

Sifat & Contoh Aktiva Tetap

Adapun sifat & contoh aktiva tetap yang diantaranya yaitu:

Simak Juga :  "Efek Beragun Aset ( EBA )" Pengertian & ( Manfaat - Risiko - Contoh )

Aktiva Tetap Berwujud

Yang dimaksud dengan aktiva tetap berwujud “tangible fixed assets” yaitu merupakan aktivsa yang memiliklibentuk fisik, terdapat 3 “tiga” jenis aktiva tetap berwujud, diantarnya dibawah ini.

  • Yang pertama aktiva yang merupakan sumber dari penyusutn atau depresiasi, contohnya seperti: bangunan atau gedung, peralatan, kendaraan, investaris, mesin-mesin peroduksi dan lain sebagainya.
  • Yang kedua aktiva yang merupakan sumber dari deplesi atau penyusun, contohnya seperti tambang mineral, mineral deposits atau sumber alam dan lain sebagainya. Sumber alam atau tambang dapat habis melalui kegiatan-kegiatan eksploitasi pada sumber-sumber alam atau atau tambang tersebut dapat memberikanm hasilnnya.
  • Yang ketiga altiva tidak mengalami penyusutan atau tidak mengalami deplesi, contohnya seperti tempat atau tanah dimana bangunan perusahaan di dirikan dan lain sebangainya.

Aktiva Tetap Tidak Berwujud

Sedangkan yang dimaksud dengan aktiva tidak berwujud “Intangible Assets” yaitu merupakan aktiva yang tidak memiliki wujud fisik, akan tetapui memiliki manfaat yang besar untuk perusahaan yang dinyatakan dalam bentkk jaminan tertentui contoh seperti hak cipta, hak paten, hokopp monopoili, biaya untuk riset, meraka daganga, biya untuk mendirikan perusahaan dan dan lain sebagainya.

Demikianlah pembahasan ini kami akan mengulas mengenai “Aktiva Tetap” Pengertian & ( Karakteristik – Sifat – Contoh ) semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian semua.:) 🙂 🙂

Baca Juga:


Simak Juga :  Pengertian, Faktor Dan Elemen Siklus Ekonomi Indonesia Menurut Pengamat Ekonomi