“Akuntansi Biaya” Pengertian & ( Tugas – Tujuan )

Diposting pada

“Akuntansi Biaya” Pengertian & ( Tugas – Tujuan )

DosenPendidikan.Com – Untuk pembahasan kali ini kami akan mengulas mengenai Akuntansi Biaya yang dimana dalam hal ini meliputi Tugas dan Tujuan, nah agar lebih dapat memahami dan mengerti simak ulasan selengakapnya dibawah ini.

Pengertian Akuntansi Biaya

Yang dimaksud dengan akuntansi biaya merupakan salah satu disiplin ilmu akuntansi yang dipakai untuk menganalisa, menggolongkan dan mencatat tentang biaya produski ataupun biaya pemasaran terhadap produk maupun jasa yang diperoleh perusahaan.

Akuntansi biaya bisa dipakai untuk mencukupi kebutuhan pihak eksternal dalam hal ini ialah investor, kreditor dan lain-lain atau pihak internal “manajemen” pada sebuah perusahaan. Penyajian informasi biaya pada bagian internal umumnya dengan menyesuaikan keperluan manajemen sedangkan penyajian laporan keuangan untuk pihak eksternal menggunakan laporan seperti neraca, laba-rugi dan arus kas informasi biaya sangat dibutuhkan oleh manajemen perusahaan sebab bisa membantu dalam hal pengambilan keputusan, yang mana keputusan tersebut akan dapat mempengaruhi perusahaan.

Tugas Akuntansi Biaya

Adapun tugas akuntansi Biaya ialah sebagai berikut:

  • Mampu menyediakan berbagai macam data biaya yang dibutuhkan untuk pengendalian kegiatan ataupun perencanaan perusahaan.
  • Mampu menetapkan metode, prosedur pengendalian, perbaikan operasi dan program pengurangan biaya atau anggaran.
  • Mampu mengembangkan sistem biaya maupun analisa dalam hal penentuan harga pokok dan jika terjadi penyimpangan dapat menganalisanya.
  • Sanggup menyediakan data biaya yang nantinya diperlukan untuk pengambilan keputusan.
  • Mampu berpartisipasi dalam penyusunan anggaran.
  • Mampu menyusun laporan-laporan keuangan.

Tujuan Akuntansi Biaya

Adapun tujuan akuntansi Biaya ialah sebagai berikut:

Simak Juga :  "Branding" Pengertian Menurut Para Ahli & ( Fungsi - Tujuan - Unsur - Jenis )
  • Untuk pengendalian biaya,, misalnya dalam hal mengendalikan biaya, harus diawali dengan menentukan biaya yang harus dikeluarkan dan melakukan produksi terhadap satuan produk maupun jasa.
  • Untuk menentukan harga pokok suatu produk atau jasa. Umumnya akuntansi biaya dalam hal penentuan harga pokok dari produk ataupun jasa yang dihasilkan oleh perusahaan ditujukan untuk memenuhi kebutuhan manajemen dan pihak luar perusahaan. Oleh karena itu proses perancangan akuntansi biaya ini bermanfaat untuk menentukan harga pokoknya berlandaskan pada Standar Akuntansi Kekuangan “SAK” yang masih berlaku. Berbagai macam biaya pembuatan produk maupun jasa yang dihasilkan oleh perusahaan akan dicatat, digolongkan dan diringkas oleh akuntansi biaya. Sehingga nantinya laporan biaya yang disuguhkan nantinya berupa biaya historis perusahaan tersebut.
  • Untuk pengambilan keputusan, keputusan yang diambil oleh manajemen akan berhubungan dengan masa depan perusahaan yang dipimpinnya. Oleh karena itu informasi akuntansi yang benar atau relevan akan mempengaruhi dalam hal pengambilan keputusan manajemen yang mana keputusan tersebut akan berpengaruh pada perusahaan dimasa yang akan datang. Karena bisa membantu dalam hal pengambilan keputusan, maka laporan akuntansi biaya termasuk dalam bagian akuntansi manajemen.

Demikianlah pembahasan mengenai “Akuntansi Biaya” Pengertian & ( Tugas – Tujuan ) semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂

Baca Juga:


Simak Juga :  "Sektor Produksi" Dalam Ekonomi & ( Perluasan - Peningkatan Mutu )