Akuntansi Internasional : Pengertian, Tujuan, Fungsi, Karakteristik Dan Klasifikasinya

Diposting pada

Akuntansi Internasional : Pengertian, Tujuan, Fungsi, Karakteristik Dan Klasifikasinya

DosenPendidikan.Com – Untuk pembahasan kali ini kami akan mengulas mengenai Akuntansi Internasional yang dimana dalam hal ini meliputi Pengertian Akuntansi Internasional, Tujuan Akuntansi Internasional, Fungsi Akuntansi Internasional, Karakteristik Akuntansi Internasional dan Klasifikasi Akuntansi Internasional. Nah agar lebih dapat memahami dan mengerti simak pemaparan selengkapnya dibawah ini.

Pengertian Akuntansi Internasional Menurut Para Ahli

Adapun pengertian akuntansi internasional menurut para ahli yang diantaranya yaitu:

  • Menurut Charles T. Horngres Dan Walter
    Akuntansi internasional merupakan sistem informas yang digunakan untuk mengukur aktivitas bisnis, mengolah data menjadi laporan, serta mengkomunikasikan hasil laporan tersebut kepada pihak pengambil keputusan.
  • Menurut Warren Dkk
    Akuntansi internasional merupakan sistem informasi yang dapat menghasilkan laporan keuangan kepada pihak yang berkepentingan terkait aktivitas ekonomi dan kondisi perusahaan.
  • Menurut Soemarso
    Akuntansi internasional ialah suatu disiplin yang memberikan informasi pentimg sehingga memungkinkan tersedianya pelaksanaan dan penilaian secara efisien. Sistem ini menggunakan sistem akuntansi yang digunakan oleh masing-masing negara.

Tujuan Akuntansi Internasional

Tujuan dari akuntansi internasional ialah untuk memberikan informasi yang relevan, akurat dan tepat waktu sehingga akan membantu para pengguna guna mengambil keputusan.

Fungsi Akuntansi Internasional

Sebagai sistem yang digunakan oleh beberapa negara terkait, makna akuntansi internasional berdasarkan fungsinya terdapat beberapa fungsi. Adapun untuk fungsi utamanya ialah bertukar informasi mengenai akuntansi di beberapa negara untuk mendapatkan informasi guna mendapatkan keputusan dengan melihat perubahan yang terjadi di lingkup internasional. Adapun fungsi-fungsi tersebut ialah sebagai berikut:

Parent-Foreign Subsidiary Accounting

Pertama dengan konsep parent-foreign subsidiary accounting digunakan sebagai jenis konsep akuntansi yang paling lama. Dengan begitu akuntansi internasional seringkali hanya menyangkut tentang proses penyusunan laporan konsolidasi yang bersumber dari perusahaan induk dengan perusahaan cabang yang berbeda dari masing-masing negara.

Comparative

Kedua yaitu konsep comparative atau sering disebut dengan international accounting. Jenis akuntansi ini lebih menekankan upaya untuk mempelajari perbedaan-perbedaan akuntansi yang terjadi di berbagai negara.

Dalam hal ini, negara yang dimaksud ialah negara yang memiliki hubungan dan pengakuan terhadap praktik pelaporan dan perbedaan akuntansi, pengakuan terhadap prinsip serta praktik akuntansi pada setiap negara.

World Accounting

Ketiga world accounting yang merupakan konsep atau kerangka yang berlaku di setiap negara yang dijadikan sebagai tujuan akhir dari akuntansi internasional. Dalam fungsi ketiga ini, sebuah laporan keuangan harus memberikan pandangan atau gambaran yang benar dan adil terhadap usaha organisasi sesuai dengan konsep yang sudah ditentukan. Hal ini karena pada akhirnya laporan tersebut akan digunakan oleh beberapa pihak sehingga harus valid dan menggambarkan keuangan organisasi atau perusahaan.

Karakteristik Akuntansi Internasional

Nah berikut ini ialah beberapa karakteristik akuntansi internasional yang perlu kalian ketahui yaitu:

Karakteristik Akuntansi Internasional
  • Akuntansi internasional akan fokus pada masalah atau isu yang berhubungan dengan perusahaan yang memproduksi bisnis secara internasional. Akuntansi jenis internasional ini biasanya digunakan oleh beberapa perusahaan yang multinasional sehingga ia berhubungan langsung dengan pihak-pihak di luar negeri.
  • Akuntansi internasional juga mencakup studi mengenai standar akuntansi serta praktik akuntansi di seluruh negara dan membandingkan standar dan praktik tersebut pada masing-masing negara. Setiap negara yang berdiri, tentu memiliki peraturan yang berbeda sehingga penerapan akuntansi juga memiliki sistem yang berbeda pula. Namun meskipun begitu, masing-masing dari negara tidak akan melenceng jauh dari prinsip-prinsip akuntansi secara umum.
  • Karakteristik selanjutnya aspek akuntansi yang dibahas hanya meliputi tentang pelaporan keuangan, transaksi dan penjabaran valas, sistem evaluasi kinerja, perpajakan dan audit keuangan. Biasanya akuntansi internasional mencakup wilayah yang luas yaitu wilayah internasional atau wilayah antarnegara, kemudian wilayah internasional tersebut akan dibandingkan dengan akuntansi lain yang memiliki cakupan wilayah lebih sempit. Dalam akuntansi antar negara ini harus ada penyesuaian antara beberapa hal seperti bahasa, standar akuntansi, mata uang dang beberapa hal lain yang ikut mempengaruhi sistem akuntansi itu sendiri.
  • Dengan hilangnya batasan antar negera sejak mulai diberlakukannya ekonomi global sehingga sangat sulit untuk mengetahui dari manakah suatu produk atau perusahaan baru berasal. Adanya ekonomi global, pemakaian akuntansi internasional ini berlaku umum untuk berbagai negara.
  • Selanjutnya adalah ketergantungan pada perdagangan internasional akan membuat akuntansi internasional digunakan oleh semua pihak dari berbagai negara. Pasar uang dan pasar modal biasanya menjadi salah satu bagian yang tidak dapat dipisahkan pada era globalisasi ini. Para calon investor maupun investor sendiri akan menggunakan informasi keuangan organisasi atau perusahaan sebagai pedoman dalam memprediksi keputusan bisnis yang harus diambil seperti surat-surat berharga seperti saham dan lainnya.

Setelah kalian memahami apa saja karakteristik akuntansi internasional, maka kami harapkan dapat mempermudah kalian dalam memahami ekonomi serta bisnis internasional yang memiliki cakupan luas jika dilihat dari segi ruang lingkup akuntansi.

Dengan adanya akuntansi internasional, akan mempermudah pencatatan dalam skala internasional, dengan begitu pada era globalisasi ini, manfaat sistem akuntansi dapat dirasakan secara menyeluruh.

Klasifikasi Akuntansi Internasional

Klasifikasi akuntansi internasional yang dimaksudkan disini adalah bagaimana untuk membedakan perbandingan atau sistem akuntansi keuangan nasional maupuan regional. Klasifikasi adalah dasar yang digunakan untuk memahami dan menganalisis bagaimana dan mengapa sistem akuntansi nasional yang berbeda-beda. Sebagai pengguna kita juga dapat membedakan apakah sistem akuntansi yang digunakan cenderung menyatu ataukah berbeda.

Klasifikasi ini bertujuan untuk mengelompokkan sistem-sistem dalam akuntansi keuangan berdasarkan karakteristik khususnya. Klasifikasi ini mengungkapkan bahwa struktur dasar ketika anggota-anggota kelompok memiliki kesamaan yang ataupun yang membedakan adil antara kelompok-kelompok lain yang sangat beragam, dengan mengetahui kesamaan dan perbedaan tersebut, pemahaman seseorang mengenai sistem akuntansi menjadi lebih baik.

Klasifikasi akuntansi internasional memiliki dua cara yaitu klasifikasi dilakukan dengan berbagai pertimbangan yang bergantung pada pengetahuan pengalaman dan intuisi. Cara yang klasifikasi akuntansi internasional yang kedua ialah secara empiris yaitu dengan menggunakan metode statistik untuk mengumpulkan data dan prinsip serta praktik akuntansi di seluruh dunia.

Akuntansi internasional saat ini memang sangat dibutuhkan oleh setiap organisasi ataupun perusahaan yang bergerak di bidang internasional. Perkembangan akuntansi internasional juga mengalami kenaikan yang signifikan dari waktu ke waktu, namun hal tersebut berdampak positif bagi beberapa organisasi atau perusahaan yang bergerak di bidang masing-masing.

Demikianlah pembahasan mengenai Akuntansi Internasional : Pengertian, Tujuan, Fungsi, Karakteristik Dan Klasifikasinya semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya.

Baca Juga: