Asumsi : Pengertian Dalam Ekonomi, Filsafat, Penelitian Dan Penyampaian

Diposting pada

Asumsi : Pengertian Dalam Ekonomi, Filsafat, Penelitian Dan Penyampaian

DosenPendidikan.Com – Lantas apa yang dimaksud dengan asumsi,,?? Secara umum, pengertian asumsi ialah suatu anggapan atau dugaan sementara yang belum dapat dibuktikan kebenarannya serta membutuhkan pembuktian secara langsung. Ada juga yang mengatakan arti asumsi ialah suatu tindakan memperkirakan keadaan tertentu yang belum terjadi.

Pengertian Asumsi Secara Umum

Arti asumsi ialah suatu skenario untuk melakukan simulasi situasi yang mungkin terjadi dengan memperhatikan berbagai faktor yang kompleks dan menyeluruh, asumsi seringkali dikaitkan dengan aturan praktis.

Asumsi dapat juga diartikan sebagai suatu landasan berpikir yang dianggap benar walaupun hanya untuk sementara, karena asumsi bukanlah suatu kepastian. Orang membuat asumsi karena ingin mengetahui, menanyakan, memprediksikan atau menduga tentang sesuatu yang akan atau telah terjadi.

Membuat suatu asumsi bisa dilakukan oleh siapa saja dan tentang apa saja. Singkatnya pengertian asumsi ialah suatu dugaan sementara yang dianggap sebagai kebenaran oleh si pembuat asumsi dan membutuhkan pembuktian agar dugaan tersebut menjadi kebenaran yang mutlak.

Asumsi Dalam Ekonomi

Pada dasarnya asumsi dalam ekonomi hampir sama dengan penjelasan diatas, namun konteksnya hanya pada bidang ekonomi. Dan salah satu contoh asumsi ekonomi yang banyak digunakan ialah asumsi Ceteris Paribus.

Asumsi Cateris Paribus dipakai untuk menyatakan hubungan antara harga dan jumlah barang yaitu untuk mengurangi faktor-faktor yang kompleks sehingga menyederhanakan berbagai formula dalam ekonomi.

Asumsi Dalam Filsafat

Asumsi dalam filsafat ialah spekulasi realitas akan hakikat yang ada, baik dalam wujud abstrak atau dalam wujud konkret. Dalam filsafat, asumsi merupakan bagian dari antologi yang berguna untuk mendapatkan pengetahuan dan menjadi landasan dalam penelitian hingga dapat dibuktikan kebenarannya.

Asumsi Penelitian

Asumsi penelitian ialah semua pernyataan yang dapat diuji kebenarannya dengan melakukan percobaan dalam penelitian. Dalam penelitian umumnya menggunakan asumsi dasar karena faktor-faktor di kehidupan nyata sangat kompleks.

Penyampaian Asumsi

Asumsi : Pengertian Dalam Ekonomi, Filsafat, Penelitian Dan Penyampaian

Sebagian asumsi bisa disampaikan secara terbuka dan beberapa diantaranya tidak. Namun pada dasarnya asumsi dapat disampaikan walaupun secara tersirat dalam ucapan. Sebagai contoh mengenai asumsi dapat kita lihat di bidang keilmuan yaitu asumsi tentang objek empiris:

  • Asumsi pertama, objek-objek tertentu memiliki kesamaan misalnya sifat, struktur, bentuk dan lainnya. Dengan asumsi ini maka objek tertentu yang memiliki kesamaan dapat dikelompokkan.
  • Asumsi kedua, anggapan bahwa suatu benda tidak mengalami perubahan dalam periode waktu tertentu. Namun pada dasarnya tidak ada kelestarian yang obsolut karena pada dasarnya semua benda mengalami perubahan seiring berjalannya waktu.
  • Asumsi ketiga, anggapan bahwa setiap peristiwa dan gejala bukanlah suatu kebetulan, tapi karena adanya hukum sebab-akibat “Determinisme”.

Demikianlah pembahasan mengenai Asumsi : Pengertian Dalam Ekonomi, Filsafat, Penelitian Dan Penyampaian semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya.

Baca Juga: