9 Contoh Karangan Argumentasi

Diposting pada

9 Contoh Karangan Argumentasi – Untuk pembahasan kali ini kami akan memberikan ulasan mengenai Contoh Karangan Argumentasi yang dimana dalam hal ini meliputi contoh Tentang Pendidikan, Kesehatan, Sampah, Narkoba, Banjir, Teknologi, Rokok dan Guru, nah agar lebih dapat memahami dan mengerti simak ulasan selengkapnya dibawah ini.

9 Contoh Karangan Argumentasi Tentang Pendidikan & Kesehatan

Contoh Karangan Argumentasi

Berikut dibawah ini terdapat beberapa contoh karangan argumentasi, antara lain sebagai berikut:


1. Contoh Karangan Argumentasi Tentang Teknologi

Maraknya Facebook di Indonesia


Facebook, tak asing lagi rasanya mendengar kata itu. Tentu saja, bagaimana tidak? Sudah lama sekali Facebook masuk dalam kehidupan di bumi ini. Facebook secara cepat dapat menggantikan posisi Friendster. Hampir sebagian besar pengguna Friendster (Fs) saat ini berganti dan beralih ke Facebook (FB). Ada apa gerangan dengan semua ini?


Facebook merupakan sebuah website yang berbasis jaringan sosial. Menurut pengamatan, ternyata FB memberikan fasilitas yang cukup banyak bagi penggunanya. Di samping fasilitas yang didapat, pengguna diberi kemudahan dalam mengakses, dan kemudahan chating secara online dengan teman.


Di Indonesia, sekarang ini sedang heboh – hebohnya mengenai Facebook. Tak hanya kalangan remaja saja, anak SD bahkan orang tua pun tak sedikit yang gila facebook. Begitu cepatnya Facebook menarik perhatian masyarakat. Bahkan, sekarang ini, tak punya Facebook bisa dibilang tidak gaul.


Menurut saya, Facebook memiliki dampak positif dan negatif dalam kehidupan. Positifnya, facebook merupakan salah satu sarana untuk mengetahui dan mempelajari perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, membuat kita tidak “gaptek” isttilahnya.

Baca Juga Artikel Terkait Tentang Materi: Penjelasan Paragraf Argumentasi Beserta Ciri, Jenis Dan Contohnya


Namun dilihat dari sisi negatifnya, bagi saya facebook lebih banyak merugikan. Bagaimana tidak? Sebagai seorang pelajar, yang tentunya mempunyai kewajiban untuk belajar, Facebook sangat mengganggu terhadap pelajaran saya, baik waktu maupun konsentrasi untuk belajar.


Hampir setiap hari orang-orang buka facebook, hanya sekedar update status ataupun chatingan, dan banyak lagi. Dan itu hanya buang-buang waktu saja, padahal masih banyak yang lebih penting yang harus dikerjakan. Namun entah kenapa, facebook seakan menyihir para penggunanya. Siapa sih sekarang yang tidak tahu Facebook?


Belakangan ini, di masyarakat banyak kasus yang terjadi akibat Facebook. Contohnya saja, kasus anak-anak perempuan yang di culik, akibat berkenalan dengan orang asing di facebook. Ada pula yang melakukan penipuan melalui Facebook. Status Facebook yang mungkinkata-katanya tidak tepat saja, bias menjadi masalah. Jadi sebenarnya Facebook itu penting atu tidak ?


2. Contoh Karangan Argumentasi Tentang Pendidikan

SULIH BAHASA FILM ASING

Himbauan Mendikbud dan Menpen untuk melakukan sulih bahasa (dubing) semua film asing, baik di TV maupun di gedung bioskop, nampaknya lebih merupakan instruksi lantaran ada batas waktu yang diberikan selambat-lambatnya 16 Agustus 1996, atau 3,5 bulan setelah himbauan dilontarkan.


Yang jadi masalah tentu bukan semata-mata waktu yang singkat itu, tetapi berbagai hal yang menyangkut film itu sendiri. Ini tergambar dari pendapat berbagai pihak yang berbeda-beda mengenai hal ini.


Kalangan televisi sendiri lebih banyak menyoroti masalah kesulitan teknis bila himbauan itu harus dipenuhi. Misalnya kesiapan rumah produksi dengan para pesulih bahasanya, jumlah dan kualitas pesulih bahasa yang terbatas.


Hanya Freddy M. Nindan, Manajer produksi PT Eltra Studio yang menyinggung kualitas film aslinya. Baginya hanya film-film kurang berbobot saja, dan tentu film anak-anak yang perlu disulih-bahasakan.


Ketua Badan Pertimbangan Perfilman Nasional, Johan Tjasmadi malahan lebih berhati-hati. Sebagai insane film yang mengerti hakikat sebuah film sebagai karya multi media yang bukan hanya sekedar kaya gambar, nampaknya Johan Tjasmasi paham benar bahwa pesulih bahasa sebuah film asing tak boleh sembarangan. Langkah itu harus dibicarakan secara mendalam dengan berbagai pihak.


Dr. Salim Said, pengamat film dan penulis kritik sejarah film Indonesia yang andal lebih terbuka mengatakan, sulih bahasa asing justru akan membuka pintu lebar-lebar bmasuknya nilai-nilai asing. Ini dapat dipahami. Dengan teks terjemahan, hal-hal yang dianggap rawan, baik dalam bidang social, budaya, maupun politik tidak perlu diterjemahkan.


Hanya penonton yang paham bahasa asing film tersebut mungkin jeli menangkap hal itu, lantas karena pendidikan dan kemampuan memfilter pengaruh asing sudah cukup tak akan terpengaruh, sedangkan sulih bahasanya ringkas pada hal mulut pelakonnya masih komat-kamit.

Baca Juga Artikel Terkait Tentang Materi: Pengertian Paragraf Argumentasi Menurut Ahli Bahasa


Memang diakui di beberapa negara sulih bahasa film asing sudah dilakukan dengan baik. Selain itu film dengan bahasa aslinya juga masih tersedia di pasaran. Beberapa tahun lalu saya sempat menonton film berdasarkan karya Shakespeare di Paris, dalam bahasa aslinya dengan teks terjemahan Perancis. Sebagai orang yang buta bahasa Perancis, saya belajar beberapa kata Perancis dari menonton film itu.


Ada beberapa hal yang menyangkut film dan pendidikan yang perlu diperhatikan dalam kewajiban menyulih-bahasakan semua film asing. Pertama, film sebagai karya multi media dan karya seni berbicara melalui gambar, suara dan bahasa. Tiga unsur itu saling menunjang dan mutu serta keindahan karya film itu dapat rusak kalau salah satu unsurnya terganggu.


Tidak percaya? Secara sederhana pernah anda menonton film yang dikenal bermutu bagus di gedung bioskop kelas kambing dengan kualitas proyektor rendah, sistem akustik gedung tak memadai juga pengeras suara semutu pengeras suara rapat umum, yang tersaji adalah pertunjukan yang menyakitkan, bukan saja bagi mata tetapi juga telinga dan hati kita.


Dialog (bahkan dalam film Indonesia) tak terdengar jelas meski pengeras suara berbunyi keras. Menonton film asing dengan teks terjemahan dalam kondisi seperti ini bak membaca buku di tengah kebisingan.


Bahasa dalam sebuah film yang bagus bukan sekedar unsure tempelan. Saya tidak bias membayangkan harus menikmati sebuah film karya Kurozawa dengan sulih bahasa apa saja. Cara pemain pria dan wanita Jepang dalam mengungkapkan perannya melalui bahasa mempunyai warna khusus.


Keindahan bahasa film itu membawa nilai tersendiri. Demikian juga film-film berbahasa Perancis, Arab, Jerman, bahkan daalam bahasa-bahasa yang jarang sekali kita dengar.


Karena itu, saya menaruh hormat pada TPI yang sering menyiarkan film-film berbahasa Arab dengan versi aslinya. Jiwa budaya yang dihembuskan melalui bahasa itu memberikan nikmat tersendiri bagi pecinta film yang tidak sekedar mengejar makna, tetapi juga keindahan budaya.


Dalam hubungan ini, mungkin perlu dipertimbangkan usul yang sudah dikemukakan tadi, bahwa sebaiknya film yang disulihbahasakan hanya film-film ‘kodian’ semacam telenovela.


Disadari atau tidak, sebuah film adalah sumber pelajaran. Kita tidak saja memperoleh pengetahuan dari sebuah film, tetapi juga memahami lebih jauh budaya, tata cara, adapt kebiasaan sebuah masyarakat yang jauh dari masyarakat kita.


Film dalam bahasa aslinya dapat pula dipAKAI SEBAGAI SUMBER PELAJARAN BAHASA. Kita bisa belajar bahasa-bahasa asing, Arab, Inggris, Perancis, Jepang, dan Jerman, melalui film-film asing yang baik.

Baca Juga Artikel Terkait Tentang Materi: 20 Contoh Teks Eksplanasi Beserta Strukturnya [LENGKAP]


Sebuah bahasa Mandarin ditolak untuk dipakai dalam sebuah film yang diputar di TV harus kita terima sebagai keputusan politik. Penguasaan bahasa asing bukan saja dipakai untuk sarana meningkatkan pelayanan bidang pariwisata yang sedang kita galakkan.


Soal tuduhan bahasa asing dapat merusak penggunaan bahasa Indonesia, barangkali tidak sepenuhnya benar. Mereka yang benar-benar menguasai bahasa asing biasanya juga dapat menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar.


Dan alas an bahwa sulih bahasa bertujuan memasyaraaaakatkan bahasa Indonesia mungkin tidak terlalu tepat. Banyak forum-forum lain untuk mencapai tujuan tersebut, sedangkan sulih bahasa dengan kualitas tak terjamin justru akan mengobrak-abrik tatanan bahasa kita.


3. Contoh Karangan Argumentasi Tentang Pendidikan

Kapan Pendidikan Gratis Terwujud

Pendidikan gratis hanya janji yang bergema luas saat kampanye dan pemilihan pimpinan daerah maupun pusat. Saat pemilihan usai akan lain ceritanya. Anak-anak miskin di kota, desa, dan pedalaman tetap mengalami kesulitan untuk mengakses pendidikan yang layak.


Di perkotaan sekolah berlomba-lomba meningkatkan sarana dan prasaran dengan jalan menaikkan pungutan dengan dalil sumbangan pendidikan, uang gedung, dan lain-lain karena biasanya masyarakat perkotaan lebih memilih sekolah yang mempunyai sarana pendidikan yang baik sehingga mereka tidak akan segan untuk membayar mahal demi memberikan pendidikan yang terbaik bagi anak-anak mereka.


Sebaliknya di pinggiran kota, pedesaan, dan pedalaman, sekolah tidak bisa mengenakan pungutan kepada orang tua siswa karena tidak ada lagi yang bisa dipungut dari masyarakat. Para siswa harus puas dengan kondisi fasilitas pendidikan.


4. Contoh Karangan Argumentasi Tentang Rokok

Bahaya Rokok Bagi Kesehatan

Kebiasaan merokok dapat mengantarkan Anda kepada kematian. Sudah banyak sekali korban yang meninggal akibat merokok. Berdasarkan data yang dihimpun oleh Kementerian Kesehatan setiap 10 menit sekali ada orang yang meninggal akibat rokok di Indonesia.


Memang efek kematian yang disebabkan oleh rokok tidak bisa dirasakan langsung oleh perokok melainkan butuh waktu yang lama hingga bebeapa tahun.


Menurut Dr. Aria Nugraha, Asap yang dihisap oleh perokok akan menggerogoti organ pernafasan mereka seperti paru-paru tenggorokan dan lain-lain sehingga menyebabkan beberapa penyakit seperti Bronchitis, serangan jantung, dan gangguan kehamilan pada ibu yang sedang mengandung. Semakin lama asap yang mereka hirup akan semakin mempercepat proses itu.


Lalu mengapa rokok sangat berbahaya? Di dalam sebuah batang rokok terdapat zat-zat kimia yang berbahaya seperti racun, pemutih lantai dan bahkan bahan bakar roket. Tidak hanya batang rokok saja yang berbahaya, asap dan Tar juga bisa menyabakan kanker karena kandungan nikotinnya yang sangat berbahaya bagi tubuh kita.


Oleh karena itulah merokok bisa menyebakan kematian karena rokok dapat menyebakan berbagai macam penyakit yang bisa mematikan Anda.


5. Contoh Karangan Argumentasi Tentang Kesehatan

Bahaya Nyamuk dan Obat Nyamuk

Tidak diragukan lagi, nyamuk memang berbahaya terutama nyamuk penyebar malaria dan demam berdarah. Untuk melindungi diri dari gangguan nyamuk kita biasa pakai obat nyamuk. Tetapi apakah kita sadar jika pemakaian obat nyamuk ternyata dapat merugikan kesehatan manusia. Lalu bagaimana dong!


Kawan,kawan selain obat nyamuk kita dapat juga memakai kelambu di tempat tidur, nyamuk tidak mampu menembus celah kecil kelambu. Kelambu ini tentu saja aman dan bebas efek samping yang merugikan kesehatan. Sayangnya ada orang yang merasa kelambu itu tidak praktis dan mengurangi keindahan tempat tidur, maka mereka ramai-ramai beli obat nyamuk.


Bermacam-macam obat nyamuk memang sudah lengkap sekali dari jenis oles (lotion), obat nyamuk semprot, obat nyamuk bakar, hingga obat nyamuk elektrik. Kira-kira mana diantara jenis tersebut yang paling aman bagi kesehatan kita?


Menurut para pakar kesehatan, keempat jenis obat nyamuk tersebut tetap saja membahayakan jika dipakai dalam waktu jangka pajang. Obat nyamuk terdiri atas unsur insektisida, zat pewarna, dan pewangi, yang kesemuannya mempunyai dampak buruk.


Jika dosis yang terkandung masih dapat ditoleransi, maka bahaya dapat dikurangi. Setiap kemasan obat nyamuk tentu saja memiliki aturan pakai yang berbeda dari satu jenis dengan jenis lainnya. Bacalah aturan pakai baik-baik pada kemasannya, agar tidak salah pakai!

Baca Juga Artikel Terkait Tentang Materi: 22 Contoh Teks Prosedur Sederhana, Kompleks dan Protokol


Dari keempat jenis obat nyamuk tersebut urutan terbaiknya adalah lotion, elektronik, semprot dan obat nyamuk bakar. Jika kamu jeli tentu harganya  juga sesuai bukan? Yang terbaik tentu saja harganya lebih mahal dari yang lainnya.


6. Contoh Karangan Argumentasi Tentang Lingkungan

Jagalah Kebersihan

Menjaga kebersihan lingkungan adalah hal mendasar yang harus dimiliki oleh setiap keluarga dalam sebuah lingkungan masyarakat. Apabila setiap keluarga yang ada di lingkungan sadar dan mulai memperhatikan kebersihan lingkungan maka sampah tidak lagi menjadi masalah.


Mulai memilah sampah organic dan non organic adalah hal yang paling mudah, namun entah mengapa hal itu pun sulit terlaksana.


Mesti ada keinginan yang kuat dari tiap individu atau ada penggerak dan pelopor yang rela dari rumah ke rumah warga mengajak dan menjelaskan manfaatnya. Apabila hal ini bisa berjalan dengan semestinya maka kita tidak perlu harap harap cemas menunggu tukang sampah datang setiap hari.


Banyak sekali yang bisa kita manfaat dari sampah rumah tangga yang kita anggap kotor dan menjijikkan. Selain lingkungan sekitar akan terjaga, bersih dan bebas dari bau tidak sedap sampah organic bisa di ubah menjadi pupuk, gas untuk memasak, dll.


Sampah non organic bisa dijual kembali bahkan bisa dimanfaatkan menjadi barang baru. Sudah banyak cerita sukses dari pelaku lingkungan yang memanfaatkan sampah. Tapi tidak semua masyarakat perduli dan tergerak untuk mengikuti jejak mereka.


Karena diperlukan keinginan yang kuat untuk menjaga lingkungan dan bumi pada umumnya atau paling tidak menjaga lingkungan kebersihan di sekitar tempat tinggal kita saja.


Sepertinya masyarakat kita perlu lebih sering mendapatkan penyuluhan, dorongan dan bantuan agar semangat menjaga lingkungan menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat Indonesia.


7. Contoh Karangan Argumentasi Tentang Narkoba

PENGARUH NARKOBA TERHADAP PERKEMBANGAN GENERASI BANGSA

Dewasa ini narkoba menjadi masalah serius di belahan dunia manapun. Banyak kasus  narkoba yang susah diselesaikan. Narkoba (Narkotika, Psikotropika dan Bahan Adiktif berbahaya lainnya) adalah zat yang jika dimasukkan dalam tubuh manusia, baik secara diminum, dihirup, maupun disuntikan, dapat mengubah pikiran, suasana hati atu perasaan, dan perilaku seseorang.


Menurut UU No. 22 Tahun 1997 tentang narkoba yaitu, zat atau obat yang berasal dari tanaman atau bukan tanaman, baik sintetis maupun semi sintetis. Zat tersebut menyebabkan penurunan atau perubahan kesadaran, menghilangkan rasa, mengurangi hingga menghilangkan rasa nyeri, dan dapat menimbulkan ketergantungan.


Seperti namanya, narkoba terdiri atas tiga macam, yaitu :

1. Narkotika. Yang termasuk narkotika, yaitu :

  • Tanaman papaver, opium mentah, opium masak (candu, jicing, jicingko), opium obat, morfina, kokaina, ekgoniana, tanaman ganja, dan damar ganja.
  • Garam-garam dan turunan-turunan dari morfina dan kokaina, serta campuran-campuran dan sediaan-sediaan yang mengandung bahan tersebut di atas.

2. Psikotropika, antara lain:

Sedatin (Pil BK), Rohypnol, Magadon, Valium, Mandarax, Amfetamine, Fensiklidin, Metakualon, Metifenidat, Fenobarbitol, Flunitrazepam, Ekstasi, Shabu-shabu, LSD (Lycergic Alis Diethylamide), dsb.


3. Adiktif berbahaya lainnya, yaitu :

Alkohol yang mengandung ethyl etanol, inhalen/sniffing (bahan pelarut) berupa zat organik (karbon) yang menghasilkan efek yang sama dengan yang dihasilkan oleh minuman beralkohol atau obat anaestetik jika aromanya dihisap. Contoh : lem/perekat, aceton, ether, dsb.


Adapun narkoba menurut efeknya dibagi menjadi tiga, yakni :

1. Depresan, yaitu menekan sistem syaraf pust. Contohnya : opioda dan berbagai turunannya seperti morphin dan heroin, serta putaw.


2. Stimulan, merangsang fungsi tubuh dan meningkatkan kegairahan serta kesadaran. Contoh : Kafein, Kokain, Amphetamin, Shabu-shabu dan ekstasi.


3. Halusinogen, mengubah daya persepsi atau mengakibatkan halusinasi. Contoh : mescaline dari kaktus, psilocybin dari jamur-jamuran, LSD, dan ganja.


Saat ini, narkoba telah menjamur pada lingkungan remaja. Hal ini sungguh menjadi ancaman yang berbahaya bagi bangsa Indonesia. Sianipar (2004) mengatakan bahwa berdasarkan survey nasional penyalahgunaan narkoba yang dilaksanakan oleh Badan Narkotika Nasional (BNN) terhadap 13.710 responden yang terdiri dari pelajar SLTP, SLTA dan mahasiswa diperoleh data bahwa dalam setahun terakhir terdapat 3,9% responden yang menyalahgunakan narkoba. Terdapat banyak motivasi dan penyebab orang mengonsumsi narko antara lain:

  1. Untuk merasakan kesenangan, menimbulkan percaya diri, merasakan kepuasan dan relaksasi.
  2. Untuk merasa lebih baik, menghilangkan stress dan depresi.
  3. Meningkatkan kinerja tubuh
  4. Rasa ingin tahu.
  5. Gengsi kepada teman
  6. Lari dari masalah.

Namun pada hakikatnya, bila narkoba digunakan terus-menerus maka akan mengakibatkan ketergantungan. Hal ini akan mengakibatkan gangguan fisik, seperti : gangguan pada system syaraf, gangguan pada jantung dan pembuluh darah, gangguan pada kulit, gangguan pada paru-paru, sering sakit kepala, mual-mual dan muntah, murus-murus, suhu tubuh meningkat, pengecilan hati dan sulit tidur, penurunan fungsi hormon reproduksi dan gangguan fungsi seksual, perubahan periode dan ketidakteraturan menstruasi, amenorhoe (tidak haid), hepatitis B dan C, HIV, dan terakhir kematian.


Adapun gangguan psikis, seperti : lamban kerja, ceroboh, tegang dan gelisah, pesimis, apatis, pengkhayal, penuh curiga, menjadi berutal/ganas, sullit konsentrasi, perasaan kesal dan tertekan, dan sering menyakiti diri sendiri. Selain itu ada pula dampak sosial, seperti : gangguan mental, anti-sosial dan asusila, dikucilkan, menjadi beban keluarga, dan masa depan menjadi suram.


Sulit bagi seseorang untuk melepaskan diri dari ketergantungan akan narkoba. Hal itu harus dimulai dari kesadaran si pemakai dan kemauan yang kuat, serta didukung dari orang yang ada disekitarnya.


Sedangkan untuk menghindari narkoba kita disarankan untuk lebih mendekati diri kepada Tuhan dan menyadari akibat yang akan diterima jika memakai narkoba.


8. Contoh Karangan Argumentasi Tentang Pendidikan Karakter

Pendidkan adalah sarana untuk membuat manusia menjadi lebih beradab dan berilmu. Tanpa pendidkan kita semua tidak lain dan tidak bukan hanyalah sekumpulan binatang.


Dengan pendidikan, kita bisa menjadi seperti apa yang kita inginkan dan dengan pendidikan kita juga bisa pergi kemanapun kita mau.


Oleh sebab itu, pendidikan sangatlah penting untuk diberikan kepada seluruh umat manusia. Namun, ada satu yang tak kalah penting dengan pendidikan, yaitu pendidikan karakter.


Sama halnya dengan pendidikan-pendidikan lain yang tujuan utamannya untuk mengajarkan. Pendidikan karakter mengajarkan karakter atau nilai-nilai moral yang baik kepada manusia.


Mengapa pendidikan karakter ini perlu dilakukan? Pada dasarnya ilmu tanpa moral atau karakter akan menciptakan individu-individu yang berbahaya dan bejat, seperti koruptor, dictator, dan lain-lain.


Dengan pendidikan karakter, maka akan mencegah timbulnya orang-orang seperti itu. Karena biasanya orang-orang dengan karakter baik akan berperilaku baik pula.


Coba bayangkan orang yang berilmu dan memiliki karakter yang baik, pastilah akan menjadi individu yang baik dan berguna bagi orang lain.


Pendidikan karakter mengajarkan kita tentang moral-moral atau nilai yang baik sebagai manusia, seperti tanggung jawab, taat kepada Tuhan, jujur, percaya diri, dan masih banyak lagi.


Dengan memasukan nilai-nilai tersebut kepada seluruh individu pastilah akan terbentuk individu-individu dengan karakter yang kuat dan berilmu. Itulah mengapa pendidikan karakter tidak kalah penting dengan pendidikan-pendidikan lainnya.


9. Contoh Karangan Argumentasi Tentang Sampah

Membuang sampah sembarangan telah menjadi kebiasaan buruk masyarakat Indonesia. Masyarakat dalam kegiatannya sehari hari selalu secara sadar dan sengaja membuang sampah sembarangan. Hal itu  terjadi karena kurangnya kesadaran dan rasa tanggung.


jawab dari masing masing individu terhadap kebersihan lingkungan. Hal ini dibuktikan dengan adanya penelitian yang menunjukkan bahwa  empat dari seratus orang di Indonesia masih membuang sampah sembarangan.


Pemerintah sendiri sudah membuat aturan tentang masalah pembuangan sampah di sembarang tempat serta telah menetapkan sanksi bagi para pelakunya. Namun di lain pihak, masyarakat tetap saja acuh terhadap peraturan tersebut dan masih mengotori lingkungan sekitar.


Kebiasaan membuang sampah sembarang ini bisa ditemukan dimana saja, misalnya di angkutan umum, di sekolah, di sungai, dan bahkan di jalan raya.


Membuang sampah sembarangan tentu saja membawa dampak yang besar pada lingkungan maupun pada masyarakat sendiri.


Menurut Rahmat Fajar Lubis, peneliti pusat penelitian geoteknologi lipi menyatakan bahwa sampah yang dibuang sembarangan ke sungai, akan membuat sungai tersumbat dan menyebabkan banjir ketika musim hujan tiba apalagi jika curah hujannya tinggi.


Selain itu, sampah yang berserakan dimana mana akan menjadi sarang penyakit yang bisa mengganggu kesehatan para masyarakat itu sendiri.


Kita sebagai manusia yang memiliki derajat paling tinggi diantara mahluk hidup yang lain seharusnya memiliki kesadaran dan tanggung jawab dari diri sendiri terhadap lingkungan kita.


Kita tidak boleh membuang sampah sembarangan karena hal itu akan membawa dampak negative bagi diri sendiri dan orang lain. Dengan lingkungan yang bersih, maka hdup kita juga tentu akan terasa lebih nyaman.


Bumi ini adalah tempat tinggal kita,kita harus menjaganya sebaik mungkin agar anak dan cucu kita juga bisa menikmati keindahan bumi.


Demikianlah pembahasan mengenai 9 Contoh Karangan Argumentasi semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya.