“Gastritis” Pengertian & ( Tanda – Gejala – Faktor Penyebab )

“Gastritis” Pengertian & ( Tanda – Gejala – Faktor Penyebab )

DosenPendidikan.Com – Untuk pembahasan kali ini kami akan mengulas mengenai Gastritis yang dimana dalam hal ini meliputi Tanda, Gejala dan Faktor Penyebab, nah agar dapat memahami dan mengerti simak ulasan selengkapnya dibawah ini.

Pengertian Gastritis

Gastritis ialah suatu peradangan atau perdarahan pada mukosa lambung yang disebabkan oleh faktor iritasi, infeksi dan ketidakteraturan dalam pola makan, misalnya telat makan, makan terlalu banyak, cepat, makan makanan yang terlalu banyak bumbu dan pedas. Hal tersebut dapat menyebabkan terjadinya gastritis.

Tanda Dan Gejala Gastritis

Adapuan tanda dan gejala gastritis yang diantaranya yaitu:

Tanda Dan Gejala Gastritis Akut

Pada anamnesis biasanya didapatkan keluhan abdomen yang tidak jelas seperti mual, muntah dan anoreksia sehingga menyebabkan pemenuhan kebutuhan nutrisi harian berkurang intake nutrisi tidak adekuat, kehilangan cairan dan elektrolit. Pada beberapa orang didapat keluhan yang lebih berat seperti nyeri epigastrium, muntah, perdarahan dan hematemesis yang menimbulkan manifestasi kecemasan secara individu “Sari, K, Muttaqin. A, 2011”.

Tanda Dan Gejala Gastritis Kronis

Berikut ini merupakan tanda dan gejala Gastritis Kronis “Inayah, 2004”:

  • Gastritis sel plasma.
  • Penyakit miniere.
  • Nyeri yang menetap pada daerah epigastrium.
  • Nausea sampai muntah empedu.
  • Dyspepsia.
  • Anoreksia.
  • Berat badan menurun.
  • Keluhan berhubungan dengan anemia.

Faktor-Faktor Penyebab Terjadinya Gastritis

Adapun faktor-faktor penyebab terjadinya Gastritis yang diantaranya yaitu:

Simak Juga :  Pengertian Lingkungan Hidup Dan 10 Faktor Penyebab Kerusakannya

Frekuensi Makan

Frekuensi makan ialah jumlah makan dalam sehari-hari baik kualitatif dan kuantitatif. Secara alamiah makanan diolah dalam tubuh melalui alat-alat pencernaan mulai dari mulut sampai usus halus. Lama makanan dalam lambung tergantung sifat dan jenis makanan. Jika rata-rata, umumnya lambung kosong antara 3-4 jam, maka jadwal makan ini pun menyesuaikan dengan kosongnya lambung “Okviani, 2011”.

Jenis Makanan

Mengkonsumsi makanan pedas secara berlebihan akan merangsang sistem pencernaan, terutama lambung dan usus untuk berkontraksi. Hal ini akan mengakibatkan rasa panas dan nyeri di ulu hati yang disertai dengan mual dan muntah. Gejala tersebut membuat penderita makin berkurang nafsu makannya. Bila kebiasaan mengkonsumsi makanan pedas lebih dari satu kali dalam seminggu selama minimal 6 bulan dibiarkan terus-menerus dapat menyebabkan iritasi pada lambung yang disebut dengan gastritis “Okviani, 2011”.

Stress

Produksi asam lambung akan meningkat pada keadaan stress, misalnya pada beban kerja berat, panik dan tergesa-gesa. Kadar asam lambung yang meningkat dapat mengiritasi mukosa lambung dan jika hal ini dibiarkan, lama-kelamaan dapat menyebabkan terjadinya gastritis. Bagi sebagian orang, keadaan stres umumnya tidak dapat dihindari. Oleh karena itu, maka kuncinya ialah mengendalikannya secara efektif dengan cara diet sesuai dengan kebutuhan nutrisi, istirahat cukup, olah raga teratur dan relaksasi yang cukup “Friscaan, 2010”.

Demikianlah pembahasan mengenai “Gastritis” Pengertian & ( Tanda – Gejala – Faktor Penyebab ) semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂

Baca Juga:

Simak Juga :  5 Ciri Pembuluh Darah Vena Dalam Biologi