“Kualitas Kehidupan Kerja ( Quailty Of Work Life )” Pengertian & ( Tujuan – Manfaat – Pengembangan )

Diposting pada

“Kualitas Kehidupan Kerja ( Quailty Of Work Life )” Pengertian & ( Tujuan – Manfaat – Pengembangan )

DosenPendidikan.Com – Untuk pembahasan kali ini kami akan mengulas mengenai Kualitas Kehidupan Kerja ( Quailty Of Work Life ) yang dimana dalam hal ini meliputi Tujuan, Manfaat dan Pengembangan, nah agar lebih dapat memahami dan mengerti simak ulasan selengkapnya dibawah ini.

Pengertian Kualitas Kehidupan Kerja ( Quailty Of Work Life )

Kualitas Kehidupan Kerja ( Quailty Of Work Life ) yang merupakan pendekatan sistem manajemen atau cara pandang organisasi dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas kehidupan karyawan dalam lingkungan kerjanya secara simultan dan berkesinambungan.

Kualitas kehidupan kerja dapat dilakukan dengan memberikan rasa aman dalam bekerja, kepuasan kerja, penghargaan dalam bekerja dan menciptakan kondisi untuk tumbuh dan berkembang sehingga meningkatkan harkat dan martabat karyawan.

Tujuan Dan Manfaat Kualitas Kehidupan Kerja ( Quailty Of Work Life )

Kualitas kehidupan kerja yang ditetapkan oleh perusahaan sangat menguntungkan bagi karyawan, perusahaan dan konsumen. Bagi karyawan, kualitas kehidupan kerja dapat memuaskan kebutuhan pribadi karyawan.

Bagi perusahaan ataupun organisasi dapat mengurangi tingkat absensi dan perputaran tenaga kerja, serta peningkatan produktifitas. Sedangkan bagi konsumen peningkatan kualitas kehidupan kerja dapat meningkatkan kualitas produk dan jasa yang dihasilkan oleh perusahaan ataupun organisasi melalui karyawannya.

Menurut Gitosudarmo “2000”, ada empat tujuan dan sasaran dari kualitas kehidupan kerja yaitu sebagai berikut:

  • Program kualitas kehidupan kerja menciptakan organisasi yang lebih demokratis dimana setiap orang memiliki suara terhadap sesuatu yang memengaruhi kehidupannya.
  • Memberikan andil imbalan finansial dari organisasi sehingga setiap orang mendapatkan manfaat dari kerja sama yang lebih besar, produktivitas lebih tinggi dan meningkatkan profitabilitas.
  • Mencari cara untuk menciptakan keamanan kerja yang lebih besar dengan meningkatkan daya hidup organisasi dan lebih meningkatkan hak pegawai.
  • Meningkatkan pengembangan individu dengan menciptakan kondisi yang mendukung terhadap pertumbuhan pribadi.
Simak Juga :  "Akuntansi Perbankan" Pengertian & ( Sistem - Dasar - Metode - Penerapan )

Sementara menurut Harsono “2005”, kualitas kehidupan kerja memiliki beberapa manfaat antara lain ialah sebagai berikut:

  • Meningkatkan moral kerja, mengurangi stres dan turn over.
  • Meningkatkan motivasi.
  • Meningkatkan kebanggaan kerja.
  • Meningkatkan kompetensi.
  • Meningkatkan kepuasan.
  • Meningkatkan komitmen.
  • Meningkatkan produktivitas.

Pengembangan Kualitas Kehidupan Kerja ( Quailty Of Work Life )

Menurut Anatan dan Ellitan “2007”, langkah-langkah yang dilakukan perusahaan atau organisasi untuk pengembangan kualitas kehidupan kerja dapat dilakukan dengan aktivitas berikut ini:

  • Memberikan ide-ide pemecahan masalah secara partisipatif yang melibatkan anggota organisasi pada berbagai jenjang. Menciptakan kerja sama manajemen tenaga kerja dan manajemen partisipatif dalam usaha mengidentifikasi masalah dan peluang dalam lingkungan kerja “organisasi”, pengambilan keputusan dan pelaksanaan perubahan.
  • Merestrukturasi sifat dasar pekerjaan yang dilakukan oleh pekerja dan sistem-sistem kerja yang melingkupinya, sehingga pengaturan kerja dan rangkaian kerja lebih konsisten dengan kebutuhan-kebutuhan individual dan struktur-struktur sosial di tempat kerja.
  • Menciptakan sistem reward inovatif yang akan memberikan iklim yang berbeda dalam organisasi. Hal ini karena sistem imbalan ialah faktor utama untuk memotivasi kerja dan usaha karyawan yang pada gilirannya nanti akan meningkatkan kinerja organisasi.
  • Memperbaiki lingkungan kerja yang ditekankan pada kondisi nyata yang melingkupi pekerja-pekerja, termasuk lingkungan fisik, jam kerja dan aturan-aturan yang berlaku.

Demikianlah pembahasan mengenai “Kualitas Kehidupan Kerja ( Quailty Of Work Life )” Pengertian & ( Tujuan – Manfaat – Pengembangan ) semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂

Baca Juga:

Simak Juga :  "Analisis" Pengertian & Menurut Para Ahli Serta ( Tujuan - Langkah - Metode - Teknik - Alat Bantu )