“Manajemen Produksi” Pengertian & ( Ruang Lingkup – Fungsi )

“Manajemen Produksi” Pengertian & ( Ruang Lingkup – Fungsi )

DosenPendidikan.Com – Untuk pembahasan kali ini kami akan mengulas mengenai Manajemen Produksi yang dimana dalam hal ini meliputi Ruang Lingkup dan Fungsi, nah agar lebih dapat memahami dan mengerti simak ulasan selengkapnya dibawah ini.

Pengertian Manajemen Produksi

Manajemen Produksi ialah salah satau bagian di bidang manajemen yang mempunyai peran dalam mengkoordinasikan kegiatan untuk mencapai tujuan. Untuk mengatur kegiatan ini, perlu dibuat keputusan-keputusan yang berhubungan dengan usaha-usaha untuk mencapai tujuan agar barang dan jasa yang dihasilkan sesuai dengan apa yang direncanakan. Dengan demikian, manajemen produksi menyangkut pengambilan keputusan yang berhubungan dengan proses produksi untuk mencapai tujuan organisasi atau perusahaan.

Ruang Lingkup Manajemen Produksi

Ruang lingkup manajemen produksi mempunyai tiga ketegori keputusan atau kebijakan utama yang tercakup di dalamnya yakni sebagai berikut:

  • Keputusan atau kebijakan mengenai desain. Desain dalam hal ini tergolong tipe keputusan berjangka panjang dan dalam arti yang luas meliputi penentuan desain dari produk yang akan dihasilkan, desain atau lokasi dan tata letak pabrik, desain atas kegiatan pengadaan masukan yang diperlukan, desain atas metode dan teknologi pengolahan desain atas organisasi perusahaan dan desain atas job description dan job specification.
  • Keputusan atau kebijakan mengenai proses transformasi “operations”, keputusan oprasi berjangka pendek, berkaitan dengan keputusan taktis dan operasi. Di dalamnya terkait jadwal produksi, gilir kerja “shift” dari personal pabrik, anggaran produksi, jadwal penyerahan masukan ke subsistem pengolahan dan jadwal penyerahan keluaran ke pelanggan atau penyelesaian produk.
  • Keputusan atau kebijakan perbaikan terus-menerus dari sistem operasi, karena sifatnya berkesinambungan “terus-menerus”, maka kebijakan tersebut bersifat rutin. Kegiatan yang terakup didalamnya pada pokoknya meliputi perbaikan terus-menerus dari mutu keluaran keefektifan dan keefisienan sistem, kapasitas dan kompetensi dari para pekerja,perawatan sarana kerja atau mesin, serta perbaikan terus-menerus atas metode penyelesaian atau pengerjaan produk.
Simak Juga :  "Stakeholder" Pengertian Menurut Para Ahli & ( Contoh - Hubungan - Macam )

Fungsi Manajemen Produksi

Secara umum fungsi produksi terkait dengan pertanggung jawaban dalam pengolahan dan pentransformasian masukan “input” menjadi keluaran “output” berupa barang atau jasa yang akan memberikan hasil pendapat bagi perusahaan “Sofjan Assauri, 2004:22”.

Empat fungsi terpenting dalam fungsi produksi Menurut Sofjan Assauri “2004:22” ialah:

  • Proses pengolahan merupakan metode atau teknik yang digunakan untuk pengolahan masukan “input”.
  • Jasa-jasa penunjang merupakan sarana yang berupa pengorganisasian yang perlu untuk penetapan dan metode yang akan dijalankan sehingga proses pengolahan dapat dilaksanakan secara efektif dan efisien.
  • Perencanaan merupakan keterkaitan dan pengorganisasian dari kegiatan produksi yang akan dilakukan dalam suatu dasar waktu atau periode tertentu.
  • Pengendalian atau pengawasan merupakan fungsi untuk menjamin terlaksananya kegiatan sesuai dengan yang direncanakan, sehingga maksud dan tujuan untuk penggunaan dan pengolahan masukan “input” pada kenyataannya dapat dilaksanakan.

Demikianlah pembahasan mengenai “Manajemen Produksi” Pengertian & ( Ruang Lingkup – Fungsi ) semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂

Baca Juga: