“Pembelajaran Berbasis Proyek” Pengertian – Prinsip & ( Kelebihan – Kekurangan )

Diposting pada

“Pembelajaran Berbasis Proyek” Pengertian – Prinsip & ( Kelebihan – Kekurangan )

DosenPendidikan.Com – Untuk pembahasan kali ini kami akan mengulas mengenai Pembelajaran Berbasis Proyek yang dimana dalam hal ini meliputi Prinsip serta kelebihan maupun kekurangannya, nah agar lebih dapat memahami dan mengerti simak ulasan selengkapnya dibawah ini.

Pengertian Pembelajaran Berbasis Proyek

Pembelajaran berbasis proyek “Project Based Learning” ialah model pembelajaran yang menggunakan proyek sebagai inti pembelajaran “permendikbud, 2014:20”. Model pembelajaran ini merupakan model pembelajaran inovatif yang melibatkan kerja proyek dimana peserta didik bekerja secara mendiri dalam mengkonstruksi pembelajarannya dan mengkulminasikannya dalam produk nyata “Nanang Hanafiah dan Cucu Suhana, 2009:30”.

Prinsip-Prinsip Model Pembelajaran Berbasis Proyek

Menurut Thomas pembelajaran berbasis proyek memiliki beberapa prinsip dalam penerapan-nya yaitu “Wena, 2011”:

  • Sentralistis
    Model pembelajaran ini merupakan pusat dari strategi pembelajaran karena siswa mempelajari konsep utama dari suatu pengetahuan melalui kerja proyek. Pekerjaan proyek merupakan pusat dari kegiatan pembelajaran yang dilakukan oleh siswa di kelas.
  • Pertanyaan Penuntun
    Pekerjaan proyek yang dilakukan oleh siswa bersumber pada pertanyaan atau persoalan yang menuntun siswa untuk menemukan konsep mengenai bidang tertentu. Dalam hal ini aktivitas bekerja menjadi motivasi eksternal yang dapat membangkitkan motivasi internal pada diri siswa untuk membangun kemandirian dalam menyelesaikan tugas.
  • Investigasi Konstruktif
    Pembelajaran berbasis proyek terjadi proses investigasi yang dilakukan oleh siswa untuk merumuskan pengetahuan yang dibutuhkan untuk mengerjakan proyek. Oleh karena itu guru harus dapat merancang strategi pembelajaran yang mendorong siswa untuk melakukan proses pencarian dan atau pendalaman konsep pengetahuan dalam rangka menyelesaikan masalah atau proyek yang dihadapi.
  • Otonomi
    Pembelajaran berbasis proyek, siswa diberi kebebesan atau otonomi untuk menentukan target sendiri dan bertanggung jawab terhadap apa yang dikerjakan Guru berperan sebagai motivator dan fasilitator untuk mendukung keberhasilan siswa dalam belajar.
  • Realistis
    Proyek yang dikerjakan oleh siswa merupakan perkerjaan nyata yang sesuai dengan kenyataan dilapangan kerja atau dimasyarakat. Proyek yang dikerjakan bukan dalam simulasi atau imitasi, melainkan pekerjaan atau permasalahan yang benar-benar nyata.
Simak Juga :  6 Pengertian Psikologi Klinis Menurut Para Ahli Beserta Ciri Dan Sifatnya

Kelebihan Dan Kekurangan Model Pembelajaran Berbasis Proyek

Menurut Boss dan Kraus, model pembelajaran ini memiliki kelebihan atau keunggulan sebagai berikut “Abidin 2007:170”:

  • Model ini bersifat terpadu dengan kurikulum sehingga tidak memerlukan tambahan apapun dalam pelaksanaannya.
  • Siswa terlibat dalam kegiatan dunia nyata dan mempraktikan strategi otentik secara disiplin.
  • Siswa bekerja secara kolaboratif untuk memecahkan masalah yang penting baginya.
  • Teknologi terintegrasi sebagai alat untuk penemuan, kolaborasi dan komunikasi dalam mecapai tujuan pembelajaran penting dalam cara-cara baru.
  • Meningkatkan kerja sama guru dalam merancang dan mengimplemtasikan proyek-proyek yang melintasi batas-batas geografis atau bahkan melompat zona waktu.

Selain keungulan, model pembelajaran ini juga dinilai memiliki kelemahan-kelemahan sebagai berikut “Abidin, 2013:171”:

  • Memerlukan banyak waktu dan biaya.
  • Memerlukan banyak media dan sumber belajar.
  • Memerlukan guru dan siswa yang sama-sama siap belajar dan berkembang.
  • Ada kekhwatiran siswa hanya akan menguasai satu topik tertentu yang dikerjakannya.

Demikianlah pembahasan mengenai “Pembelajaran Berbasis Proyek” Pengertian – Prinsip & ( Kelebihan – Kekurangan ) semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂

Baca Juga:


Simak Juga :  "Kecelakaan Kerja" Pengertian & ( Jenis - Penyebab - Pencegahan )