“Abstrak ( Karya Ilmiah )” Pengertian & ( Ciri – Hal Yang Diperhatikan – Contoh )

Diposting pada

“Abstrak ( Karya Ilmiah )” Pengertian & ( Ciri – Hal Yang Diperhatikan – Contoh )

DosenPendidikan.Com – Bila kalian sering menyusun karya ilmiah hasil penelitian pastinya sudah tidak asing lagi dengan istilah abstrak. Istilah abstrak disini bukanlah jenis lukisan, tapi tulisan yang singkat yang dimana menjelaskan inti karya tulis ilmiah. Nah untuk dapat memahami dan mengerti simak ulasan selengkapnya dibawah ini.

Pengertian Abstrak ( Dalam Karya Tulis Ilmiah )

Dalam hal ini yang dimaksud dengan abstrak ialah suatu ringkasan atau rangkuman isi karya ilmiah, yang bertujuan untuk memudahkan pembaca dalam memahami maksud penulisan karya ilmiah tersebut. Di dalam dunia pendidikan tulisan abstrak selalu digunakan oleh lembaga sebagai informasi pada halaman awal saat penulisan karya ilmiah mengenai suatu penelitian, seperti pada skripsi, tesis, jurnal dan sebagainya.

Pada struktur penulisan abstrak saat ini berbeda-beda misalnya setiap lembaga universitas memiliki standar penulisan abstrak masing-masing. Dalam skripsi dan tesis abstrak di tulis dengan bahasa Indonesia dan dalam bahasa Inggris.

Ciri-Ciri Abstrak ( Dalam Karya Tulis Ilmiah )

Adapun ciri-ciri abstrak yang baik dari suatu karya ilmiah yang diantaranya yaitu:

  • Terdapat beberapa paragraf yang merupakan satu kesatuan, yang dapat berdiri sendiri.
  • Mengikuti kronologis dari tulisan pembahasan.
  • Adanya transisi secara logika, antara informasi yang di sampaikan.
  • Hanya meringkas laporan penelitian yang dilakukan, tidak menambah-nambahkan informasi baru.
  • Mudah di mengerti atau dipahami oleh para pembaca.

Hal Yang Perlu Diperhatikan Saat Menulis ( Dalam Karya Tulis Ilmiah )

Untuk menulis abstrak beberapa hal yang perlu diperhatikan seperti:

Struktur Paragraf

Abstrak pada karya tulis ilmiah harus ditulis dalam suatu paragraph yang memberikan penjelasan mengenai isi dari pembahasan dengan singkat, jelas dan mudah di mengerti pembaca. Satu sepasi umumnya digunakan sebagai jarak untuk menyusun kalimat dalam paragrafnya, kalimat pertama agak ke dalam, tapi kadang setiap lembaga selalu memiliki pedoman atau aturan sendiri seperti pada penggunaan jenis huruf, ukuran, banyak ini minimal paragraph, dan lain-lain.

Jumlah Kata

Jumlah kata yang ideal untuk satu paragraph terdiri dari 150-200 kata, tapi dalam abstrak satu karya tulis ilmiah seperti pada skripsi dan tesis jumlah kata pada satu paragraph tergantung arahan dari pembimbing.

Isi Paragraph

Setiap paragraph pada abstrak akan menjelaskan mengenai suatu pembahasan, biasanya mengedepankan empat bagian empiris dari suatu abstrak diantaranya yaitu:

  • Pada paragraph pertama akan menfokuskan pembahasa pada indentifikasi penelitian secara singkat agar para pembaca memahami apa yang menjadi bahan penelitian yang dilakukan penulis karya ilmiah pada bagian paragraph pertama biasanya mengandung judul karya tulis ilmiah.
  • Pada paragraph kedua akan memberikan gambaran dengan jelas mengenai penelitian yang dilakukan untuk proses mencari jawaban mengenai permasalahan yang diteliti. Umumnya pada paragraph kedua akan berisi metode penelitian yang digunakan dan teknik pengumpulan data yang digunakan. Metode yang digunakan misalnya seperti metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif, teknik pengumpulan data misalnya dengan cara observasi, wawancara dan studi kepustakaan.
  • Pada paragraf ketiga, penulis akan memaparkan dan menjelaskan temuannya permasalahannya kepada para pembaca. Biasanya hanya permasalahannya saja yang dibahas, tanpa mengungkapkan pembahasan yang dilakukan.
  • Pada paragraph keempat, pada bagian ini biasanya penulis akan menjelaskan saran-saran untuk memecahkan permasalahan yang di telitinya, tanpa pembahasan dengan uraian yang panjang.

Biasanya abstrak disertai keyword pada bagian akhir, yang tujuannya untuk dapat memudahkan dalam mengingat inti pembahasan dari abstrak tersebut. Membuat abstrak suatu karya tulis tidak bisa diselesaikan dalam satu kali penulisan, jadi diperlukan bimbingan dari pembimbing skripsi atau tesis juga.

Gaya penulisan abstrak yang banyak digunakan misalnya APA “American Psychology Association” style yang banyak digunakan dan menjadi gaya penulisan standar banyak Universitas atau perguruan tinggi.

Contoh Abstrak ( Dalam Karya Tulis Ilmiah )

Nah berikut ini salah satu contoh abstrak pada skripsi yang terbagi kedalam bahasa Indonesia maupun Inggris yaitu:

"Abstrak ( Karya Ilmiah )" Pengertian & ( Ciri - Hal Yang Diperhatikan - Contoh )

Kesimpulan:

Dalam hal ini dari uraian-uraian di atas maka bisa disimpulkan bahwa Abstrak yakni suatu ringkasan atau rangkuman isi karya tulis ilmiah. Fungsi abstrak pada karya tulis ilmiah yakni untuk memberikan informasi kepada pembaca mengenai hasil penelitian yang dilakukan penulis, yang sehingga pembaca dapat mengetahui hasil penelitian tanpa harus membaca keseluruhan tulisan penelitian dan abstrak juga berfungsi untuk memudahkan orang lain mencari referensi dalam penelitian.

Pada umumnya abstrak terdiri dari empat paragraph yaitu:

  • Paragraph pertama menjelaskan bahan yang menjadi penelitian yang dilakukan penulis, pada bagian ini biasanya terdapat judul karya tulis ilmiah.
  • Paragraph kedua umumnya menjelaskan secara singkat mengenai metode penelitian yang digunakan dan teknik pengumpulan data yang digunakan.
  • Paragraph ke ketiga menjelaskan temuannya permasalahannya kepada para pembaca yang akan diteliti dan di carikan solusinya.
  • Dan paragraph ke empat menjelaskan saran-saran atau cara untuk memecahkan permasalahan yang di telitinya.

Demikianlah pembahasan mengenai “Abstrak ( Karya Ilmiah )” Pengertian & ( Ciri – Hal Yang Diperhatikan – Contoh ) semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂

Baca Juga: