“Biaya Peluang” Pengertian & ( Ciri – Contoh – Kesimpulan )

Diposting pada

“Biaya Peluang” Pengertian & ( Ciri – Contoh – Kesimpulan )

DosenPendidikan.Com – Untuk hal demikian sering kali kita sebagai manusia dihadapkan dengan berbagai macam pilihan, untuk memenuhi kebutuhan hidup terutama yang berhubungan dengan ekonomi. Tentunya kita harus mementingkan kebutuhan terpenting atau yang di prioritaskan saat itu juga dan secara tidak sadar bahwa saat menentukan suatu pilihan, itulah yang di maksud dengan biaya peluang.

Pengertian Biaya Peluang Secara Umum

Dalam kehidupan tentunya setiap manusia selalu dihadapkan dengan berbagai macam pilihan, terutama dalam masalah perekonomian. Dalam dunia ekonomi terdapat istilah yang dikenal dengan “biaya peluang” atau dalam bahasa Inggirs yang dinamakan dengan “Opportunity Cost”.

Pengertian biaya peluang ialah suatu biaya yang muncul akibat dari memilih sebuah peluang terbaik dari beberapa pelung elternatif yang tersedia. Atau biaya peluang dapat diartikan sebagai biaya yang harus dikorbankan untuk mendapatkan suatu pilihan lain.

Biaya peluang dapat juga disebut sebagai biaya yang dikorbankan, yang sehingga biaya ini tidak di ambil dan tidak dipergunakan. Karena alasan dan kondisi tertentu seseorang akan membuat suatu pilihan. Biaya peluang muncul karena di latar belakangi oleh kebutuhan, karena kita sebagai manusia memiliki kebutuhan yang banyak maka untuk dapat memenuhi mengharuskan memilih dan menentukan mana yang menjadi kebutuhan prioritas, sehingga pilihan inilah yang menimbulkan munculnya biaya peluang.

Ciri-Ciri Biaya Peluang

Adapun ciri-ciri biaya peluang yang diantaranya yaitu:

  • Biaya peluang dapat berupa keuntungan, waktu, kebahagiaan dan lain-lain, yang sehingga perhitungan terhadap biaya peluang tidak selalu berhubungan dengan uang.
  • Saat mengambil keputusannya tergantung terhadap situasi dan tujuannya dari seseorang.
  • Umumnya biaya peluang berhubungan dengan kebutuhan sekunder dan tersier.

Contoh Biaya Peluang

Nah berikut ini beberapa contoh biaya peliang yang ada di kehidupan sehari-hari kita yang diantaranya yaitu:

Seorang ayah mempunyai uang Rp. 7.000.000 dan ayah berpeluang untuk berwisata ke dufan bersama keluarga atau dengan uang segitu ayah dapat membeli laptop untuk mendukung pekerjaannya. Bila ayah memutuskan untuk membeli laptop maka ayak akan kehilangan peluang untuk berwisata ke dufan bersama keluarga. Jadi biaya peluangnya yakni berwisata ke difan bersama keluarga karena ayah kehilangan kesempatan tersebut jika memutuskan untuk membeli laptop.

Setelah lulus sekolah Budi mendapatkan dua tawaran pekerjaan yakni bekerja di dalam kota dengan gaji sebesar Rp. 4.500.000 dan bekerja di luar kota dengan gaji Rp. 6.000.000. Jika Budi mengambil keputusan untuk bekerja di luar kota dengan gaji sebesar Rp. 6.000.000 maka Budi harus mengorbankan peluang bekerja di dalam kota yang jaraknya tidak terlalu jauh dari rumahnya dengan gaji sebesar Rp. 4.500.000. Maka dapat disimpulkan biaya peluang Budi yaitu bekerja di dalam kota yang berjarak tidak terlalu jauh dari rumahnya dengan gaji Rp. 4.500.000.

Anjas memiliki uang sebesar Rp. 200.000.000 dan uang tersebut cukup untuk membeli sebuah mobil untuk pergi ke kantor atau membangun sebuah rumah untuk tempat tinggalnya. Karena Anjas memutuskan untuk membuat rumah untuk tempat tinggalnya, maka dia akan kehilangan peluang membeli sebuah mobil yang dapat digunakannya untuk berangkat ke kantor, maka disini peluang biayanya yakni kehilangan membeli sebuah mobil.

Kesimpulan

Nah dari pembahasan diatas kita bisa menyimpulkan bahwa pengertian biaya peluang ialah suatu biaya yang muncul akibat dari memilih sebuah peluang terbaik dari beberapa peluang alternatif yang tersedia.

"Biaya Peluang" Pengertian & ( Ciri - Contoh - Kesimpulan )

Ciri-ciri dari biaya peluang yakni:

  • Perhitungan terhadap biaya peluang tidak selalu berhubungan dengan uang.
  • Saat mengambil keputusannya tergantung terhadap situasi dan tujuan.
  • Umumnya biaya peluang berhubungan dengan kebutuhan sekunder dan tersier.

Demikianlah pembahasan mengenai “Biaya Peluang” Pengertian & ( Ciri – Contoh – Kesimpulan ) semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂

Baca Juga: