“Harmoni” Pengertian & Menurut Para Ahli Serta ( Jenis – Contoh )

Diposting pada

“Harmoni” Pengertian & Menurut Para Ahli Serta ( Jenis – Contoh )

DosenPendidikan.Com – Dalam hal ini seni sendiri merupakan keahlian membuat karya yang bermutu “dilihat dari segi kehalusannya, keindahannya dan sebagainya”, seperti tari, lukiasan, ukiran. Seni sendiri meliputi banyak kegiatan manusia dalam menciptakan karya visual, audio atau pertunjukan yang mengungkapkan imajinasi, gagasan atau kepergelan teknik pembuatnya, untuk dihargai keindahannya atau kekuatan emosinya. Kegiatan-kegiatan tersebut pada umumnya berupa penciptaan karya seni, kritik seni, kajian sejarah seni dan estetika seni.

Dan musik sendiri merupakan suara yang disusun demikian rupa sehingga mengandung irama, lagu dan keharmonisan terutama dari suara yang dihasilkan dari alat-alat yang dapat menghasilkan irama. Walaupun musik ialah sejenis fenome intuisi, untuk mencipta, memperbaiki dan mempersembahkannya ialah suatu bentuk seni. Mendengar musik ialah sejenis hiburan, musik ialah sebuah fenomena yang sangat unik yang bisa dihasilkan oleh beberapa alat musik. Nah untuk pembahasan kali ini kami akan mengulas mengenai Harmoni agar dapat lebih memahami simak ulasan selengkapnya dibawah ini.

Pengertian Harmoni

Secara etimologi, pengertian harmoni secara harfiah berarti keselarasan. Sedangkan pengertian terminologi harmoni ialah ilmu yang mempelajari keselarasan bunyi dalam bentuk musik dan di dalamnya terdiri dari berbagai macam teori-teori musik yang akhirnya diaplikasikan dalam sebuah karya musik.

Harmoni ialah suatu cara dalam mengkonstruksikan akor dan bagaimana akor-akor tersebut saling mengikuti satu dengan yang lain. Akor merupakan kombinasi dari tiga atau lebih tone yang berbeda dan dimaikan bersamaan.

Dan selain itu dalam pengertian harmoni secara luas mengacu pada musik Barat, harmoni ialah ilmu yang mempelajari cara mengkombinasikan atau menggabungkan nada secara serentak sampai menjadi sebuah akor.

Hal demikian sehingga dengan mempelajari penggunaannya secara  berurut akan menghasilkan akor yang sesuai dengan suatu rangkaian melodi pada suatu lagu, lagu itu dapat terdengar sebagai musik yang seleras dan indah.

Dalam musik baratm harmoni terkait pada aspek musik secara vertikal, maksudnya dimana harmoni adanya perpaduan dari beberapa nada dalam satu hitungan/ketukan secara serentak ataupun bersamaan. Sedangkan melodi ialah pada aspek horizontal dari musik tersebut.

Olehnya itu, dalam musik terdapat suatu unsur yang mampu untuk dipelajari dan juga diteliti secara ilmiah. Salah satunya unsur atau elemen yang penting yang ada dalam musik harmoni. Olehnya itu membahas mengenai definisi harmoni yang berasal dari tradisi musik Eropa, maka dapat dikatakan bahwa harmoni sebagai salah satu elemen dari musik yang dapat dipelajari.

Pengertian Harmoni Menurut Para Ahli

Adapun pengertian harmoni menurut para ahli yang diantaranya yaitu:

  • Menurut Bonoe “2003:180”
    Bahwa pengertian harmoni ialah cabang ilmu pengetahuan musik yang membahas dan juga membicarakan terkait keindahan komposisi musik.
  • Menurut Malm “1996:15”
    Bahwa harmoni yang terdiri dari tiga atau lebih nada yang dibunyikan secara bersama-sama pada umumnya disebut dengan akord.

Ditinjau dari sudut pandang estetika musik, harmoni menjadi suatu ide, gagasan tentang kebudayaan kehidupan manusia. Ketenangan, kedamaian, keberanian, kepahlawanan, nasionalisme dan lain-lain sebagainya yang menjadi bagian dinamika kehidupan manusia disimbolkan dalam bentuk-bentuk akor dan progresinya.

Oleh karena itulah, maka harmoni musik memiliki fungsi yang menggambarkan keindahan budaya manusia secara universal, dan harmoni menjadi suatu teori yang mudah dipelajari, sekaligus darinya dapat dipelajari cara bagaimana suatu keindahan direncanakan dan ditemukan.

Yang seperti pada umumnya bidang seni, ilmu harmoni sebaiknya dipelajari dengan cara berpikir holistik dan intuitif. Dengan cara berpikir holistik, maka usaha memproduksi musik secara tertulis menjadi suatu bentuk yang imajiner, karena proses intuitif menghasilkan suatu hasil seni yang imajinatif.

"Harmoni" Pengertian & Menurut Para Ahli Serta ( Jenis - Contoh )

Teori harmoni dimulai dari pembentukan triad atau akor tiga nada, baik dalam tangga nada mayor maupun dalam tangga nada minor. Akor-akor pokok seperti akor tonika, sub-dominan dan akor dominan ialah bentuk keselarasan nada-nada yang disusun secara vertikal berdasarkan tangga nada.

Dan akor-akor pokok inilah yang sebenarnya memiliki kedudukan dan peranan yang sentral dalam seluruh karya musik. Karena akor-akor pokok ini pada umumnya memiliki fungsi atau pengaruh yang kuat, luas dan tegas, sekaligus memiliki sifat yang tenang, sehingga akor-akor ini pada umumnya dijadikan sebagai tempat singgah yang utama.

Jenis Dan Contoh Dalam Harmoni

Macam dari akor-akor yang pokok itu ialah akor tonika, sub-dominan dan akor dominan. Jenis masing-masing akor pokok ini ialah sebagai berikut:

  • Pertama akor tonika yaitu akor tingkat I dalam tangga nada mayor dan akor tingkat i dalam tangga nada minor.
  • Kedua akor sub-dominan yaitu akor tingkat IV dalam tangga nada mayor, akor tingkat iv dalam tangga nada minor.
  • Ketiga akor dominan yaitu akor tingkat V mayor, v minor.

Demikianlah pembahasan mengenai “Harmoni” Pengertian & Menurut Para Ahli Serta ( Jenis – Contoh ) semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂

Baca Juga: