“Huruf” Pengertian & ( Sejarah – Fungsi – Jenis – Contoh )

Diposting pada

“Huruf” Pengertian & ( Sejarah – Fungsi – Jenis – Contoh )

DosenPendidikan.Com – Untuk pembahasan kali ini kami akan mengulas mengenai Huruf yang dimana dalam hal ini meliputi pengertian, sejarah dan fungsi, nah agar lebih dapat memahami dan mengerti simak ulasan selengkapnya dibawah ini.

Sejarah Huruf

Karena sulit untuk mengumpulkan informasi pada zaman sebelum masehi, maka ada banyak sumber tentang kapan pertama kali huruf berbentuk. Tetapi teori yang paling kuat adalah Teori Mesir Kuno, sekitar Tahun 4000 sebelum Masehi teks berupa tulisan yang terdiri dari beberapa huruf sudah ada di Mesir.

Buktinya dapat ditemukan pada perpusatakan tertua di Mesir, Huruf yang dipakai oleh orang-orang mesir saat itu dikenal dengan Sistem Huruf Hiroglif, Konon katanya sistem Hiroglif ini terdiri dari 22 huruf.

Tetapi ada juga sumber yang mengatakan bahwa sistem huruf pertama kali dipakai oleh Bangsa Sumeria “yang sekarang dikenal dengan irak” sekitar 3000 tahun yang lalu. Sistem yang dipakai oleh bangsa ini disebut dengan sistem huruf paku.

Kita tahu bahwa pada masa itu masih terjadi perang yang dimana memperebutkan kekuasan sehingga ketika Bangsa Sumeria dikalahkan oleh bangsa lain, tulisan dan sistem huruf mereka juga diambil alih, pada akhirnya bangsa Babilonia, persia dan bangsa lain juga mengenal sistem huruf-huruf paku tadi.

Nah sedangkan sistem huruf yang kita pakai saat ini dikenal dengan sistem huruf Alfabet “Alphabet”, sistem huruf ini awalnya berasal dari bahasa yang dipakai bangsa semit. Secara bahasa kata alphabet berasal dari dua kata yaitu Aleph “Sapi Jantan” dan Beth “Rumah” kemudian sistem alfabet ini berkembang ke Jazirah Arab, Asia dan Eropa.

Simak Juga :  Cara Mudah Membaca Dan Memahami Teks Drama

Awalnya sistem alfabet terdiri dari 23 huruf yang sangat sederhana kemudian dikembangkan oleh bangsa Yunani dengan merapkan bentuk-bentuk geometris untuk masing-masing huruf “termasuk penerapan membaca dari kiri ke kanan”, sampai akhirnya sistem alfabet ini disempurnakan oleh bangsa Romawi hingga menjadi 26 huruf dan dengan simbol-simbol yang kita kenal saat ini.

Pengertian Huruf

Huruf merupakan satuan terkecil berupa bentuk atau lambang dari suatu sistem tulisan. Huruf yang dipakai dalam bahasa Indonesia merupakan sistem 26 huruf “dalam alfabet latin modern” ada juga sistem huruf yang berbeda, misalnya sistem 47 huruf dalam Hiragana “bahasa Jepang”. Masing-masing huruf memiliki suatu bunyi yang menjadi makna lambangnya, nah bunyi tersebut disebut fonem huruf.

Fungsi Huruf

Huruf digunakan untuk membentuk kata sehingga memiliki arti dan dapat mewakili sesuatu yang ingin disampaikan. Bisa dikatakan bahwa huruf merupakan komponen yang membantu manusia dalam berkomunikasi antara satu dengan yang lain, bayangkan saja jika tidak ada huruf, pasti kita akan sangat kesulitan dalam menyampaikan informasi.

Jenis-Jenis Huruf

Huruf dapat diklasifikasikan berdasarkan bentuk dan bunyinya menjadi beberapa macam yaitu:

"Huruf" Pengertian & ( Sejarah - Fungsi - Jenis - Contoh )

Jenis Huruf Berdasarkan Bentuknya

  • Huruf Fonemis
    Yaitu huruf yang melambangkan satu bunyi seperti huruf latin.
  • Huruf Silabis
    Yaitu huruf yang melambangkan satu suku kata seperti huruf Jepang atau aksara Jawa.
  • Huruf Logograf Atau Idiograf
    Yaitu huruf yang melambangkan bunyi satu kata seperti huruf Cina.
  • Huruf Piktograf
    Yaitu bunyi huruf yang dilambangkan dalam bentuk gambar atau lukisan peristiwa seperti relief manusia prasejarah.

Jenis Huruf Berdasarkan Bunyinya

  • Huruf Vokal
    Yiatu bunyi yang tidak disertai hambatan pada alat bicara, hambatan hanya terdapat pada pita suara, tidak pada artikulator, jadi udara yang keluar dari paru-paru melewati pita suara dan tidak ada artikulator atau alat ucap yang menghambat seperti bibir, gigi ataupun lidah. Yang termasuk bunyi vokal ialah a,i, u, e, o, é.
  • Huruf Konsonan
    Yaitu bunyi yang dibentuk dengan menghambat arus udara yang keluar dari paru-paru. Hambatan dapat terjadi pada sebagian alat bicara, seperti hambatan pada dua bibir pada bunyi B, hambatan pada ujung lidah dengan menyentuh belakang gigi depan atas pada bunyi T dan sebagainya.
  • Huruf Semivokal
    Yaitu bunyi huruf antara vokal dan konsonan, dalam kamus besar bahasa Indonesia, semivokal didifinisikan sebagai bunyi bahasa yang mempunyai ciri vokal ataupun konsonan, bunyi ini mempunyai sedikit geseran dan tidak muncul sebagai inti suku kata, yang termasuk bunyi semivokal ialah bunyi y dan w.
Simak Juga :  Definisi Paragraf Dan Jenis-Jenisnya Beserta Contohnya

Demikianlah pembahasan mengenai “Huruf” Pengertian & ( Sejarah – Fungsi – Jenis – Contoh ) semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya.

Baca Juga: