“Komunikasi Bisnis” Pengertian & Menurut Para Ahli Serta ( Tujuan – Fungsi – Unsur )

/5 ratings

“Komunikasi Bisnis” Pengertian & Menurut Para Ahli Serta ( Tujuan – Fungsi – Unsur )

DosenPendidikan.Com – Secara harfiah, komunikasi ialah interaksi antara dua orang atau lebih untuk menyampaikan suatu pesan atau informasi, komunikasi secara umum bertujuan untuk memberikan pengetahuan kepada orang lain.

Dalam hal ini komunikasi yang baik ialah komunikasi yang dapat dimengerti dan diterima oleh orang lain dan selain dengan cara verbal, komunikasi juga bisa dilakukan dengan bahasa tubuh atau menggunakan gesture untuk tujuan tertentu.

Pengertian Komunikasi Bisnis

Komunikasi bisnis ialah pertukaran pendapat, informasi, gagasan, instruksi yang memiliki tujuan tertentu yang disajikan secara personal atau impersonal melalui simbol-simbol, sinyal maupun tindakan.

Ataupun definisi komunikasi bisnis yang lainnya yakni suatu proses penyampaian dan penerimaan pesan atau informasi diantara dua orang atau lebih dengan harapan terjadinya pengaruh yang positif atau menimbulkan efek tertentu yang diharapkan, komunikasi yaitu persepsi dan apresiasi.

Pengertian Komunikasi Bisnis Menurut Para Ahli

Adapun pengertian komunikasi bisnis menurut para ahli yang diantaranya yaitu:

  • Menurut Katz “1994:4”
    Komunikasi bisnis ialah adanya pertukaran ide, pesan dan konsep yang berkaitan dengan pencapaian serangkaian tujuan komersial.
  • Menurut Persing “1981:108”
    Komunikasi bisnis ialah proses penyampaian arti melalui lambang-lambang yang meliputi keseluruhan unsur-unsur yang berhubungan dengan proses penyampaian dan penerimaan pesan, baik itu dalam bentuk tulisan, lisan, maupun nonverbal yang dilakukan di dalam suatu organisasi yang membayar orang yang secara bersama-sama memproduksi dan memasarkan barang-barang dan jasa guna memperoleh keuntungan.
  • Menurut Rosenbalt “1982:7”
    Komunikasi bisnis ialah pertukaran ide-ide opini, informasi, instruksi dan sejenisnya, yang dikemukakan baik secara personal ataupun nonpersonal melalui simbol/tanda untuk mencapai tujuan-tujuan perusahaan.
Simak Juga :  "Internet Marketing" Pengertian & ( Tujuan - Manfaat - Komponen - Aplikasi )

Tujuan Komunikasi Bisnis

Adapun tujuan komunikasi bisnis yang diantaranya yaitu:

Loading...

Memberi Informasi “Informing”

Dalam hal ini informasi yang dimaksud ialah hal-hal yang berkaitan dengan aktivitas bisnis dengan berbagai pihak. Misalnya seorang manajer markerting ingin meningkatkan penjualan produk baru, maka ia akan mencoba memasang iklan di berbagai media.

Masing-masing media pun memiliki kelebihan dan kekurangan baik dari sisi biayanya maupun dari sisi impact yang didapatkan. Cara penyampaian informasi di setiap media juga menjadi faktor penentu keberhasilan iklan tersebut.

Melakukan Persuasi “Persuading”

Persuasi ialah cara berkomunikasi yang digunakan untuk mempengaruhi dan menyakinkan orang lain. Persuasi sering dilakukan dalam aktivitas pemasaran agar orang lain terpengaruh dan membeli suatu produk dan juga dalam penegasan konfirmasi pesanan konsumen agar tidak terjadi kesalahan pemesanan.

Melakukan Kolaborasi “Collaborating” Kolaborasi ialah bentuk kerjasama, interaksi, kompromi pihak-pihak yang terlibat secara langsung dan tidak langsung yang menerima akibat dan manfaat. Dengan adanya komunikasi yang baik maka kerjasama bisnis dapat dilakukan dengan lebih mudah.

Fungsi Komunikasi Bisnis

Secara umum ada empat fungsi dari komunikasi di dalam bisnis yang diantaranya yaitu:

"Komunikasi Bisnis" Pengertian & Menurut Para Ahli Serta ( Tujuan - Fungsi - Unsur )

Fungsi Informative

Dalam hal ini fungsi informative digunakan oleh para manajer dan karyawan dalam melaksanakan tugas-tugas mereka secara efisien, beberapa informasi yang dibutuhkan terkait dengan beberapa hal berikut:

  • Hal-hal yang berhubungan dengan pekerjaan “tujuan perusahaan, prosedur, peraturan dan lainnya”.
  • Standar kerja dan laba perusahaan.
  • Sosio emotional perusahaan secara umum.

Fungsi Regulatory

Komunikasi memiliki fungsi sebagai alat untuk mengendalikan dan mengatur jalannya suatu organisasi, bentuk komunikasi ini dapat berupa perintah dan laporan.

Fungsi Persuasive

Fungsi persuasive berlangsung saat terjadi komunikasi dan interaksi antar karyawan dimana tujuan komunikasi tersebut ialah agar orang lain dapat menerima ide seseorang.

Simak Juga :  "Audit Manajemen" Pengertian & ( Tujuan - Manfaat - Tahapan )

Fungsi Integrative

Integrasi yang terjadi di dalam perusahaan akan membuat perusahaan tersebut dapat beroperasi secara terpadu dan utuh. Hal tersebut hanya bisa dilakukan bila komunikasi dan koordinasi di perusahaan berjalan dengan baik.

Unsur Pokok Atau Utama Dalam Komunikasi Bisnis

Ketika dalam komunikasi bisnis terdapat enam unsur pokok yaitu:

  • Mempunyai tujuan yang artinya komunikasi bisnis harus mempunyai tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya sejalan dengan tujuan organisasi.
  • Pertukaran yaitu dalam hal ini melibatkan paling tidak dua orang ataupun lebih yaitu komunikator dan juga komunikan.
  • Gagasan informasi, opini, instruksi merupakan isi pesan yang bentuknya beragam tergantung dari tujuan, situasi serta kondisinya.
  • Memakai saluran personal ataupun impersonal yang mungkin bersifat tatap muka, menggunakan media tertentu ataupun melalui media yang menjangkau jutaan orang secara bersamaan.
  • Memakai simbol, sinyal yang merupakan alat ataupun metode yang dapat dimengerti serta dipahami oleh penerima untuk menyampaikan pesan.
  • Pencapaian tujuan organisasi ialah salah satu karakteristik yang membedakan organisasi/lembaga formal dari informasi yaitu adanya tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya oleh manajemen.

Demikianlah pembahasan mengenai “Komunikasi Bisnis” Pengertian & Menurut Para Ahli Serta ( Tujuan – Fungsi – Unsur ) semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂

Baca Juga:


Loading...
/* */
Click to Hide Advanced Floating Content

Send this to a friend