Kontaminasi : Pengertian, Contoh Dan Penyebabnya

Diposting pada

Kontaminasi : Pengertian, Contoh Dan Penyebabnya

DosenPendidikan.Com – Untuk pembahasan kali ini kami akan memberikan ulasan mengenai Kontaminasi yang dimana dalam hal ini meliputi Pengertian Kontaminasi, Contoh Kontaminasi dan Penyebab Kontaminasi. Nah agar lebih dapat memahami dan mengerti simak ulasan selengkapnya dibawah ini.

Pengertian Kontaminasi

Lantas apa yang dimaksud dengan kontaminasi ?? Pengertian Kontaminasi ialah suatu kondisi terjadinya percampuran/pencemaran terhadap sesuatu oleh unsur lain yang memberikan efek tertentu, biasanya berdampak buruk.

Komponen yang menyebabkan terjadinya kontaminasi sangat beragam, baik itu benda mati ataupun makhuk hidup. Kontaminan yang berasal dari benda mati misalnya senyawa kimia dan kotoran, sedangkan kontaminan yang berasal dari makhluk hidup misalnya mikroba.

Dan pada umumnya kata kontaminasi selalu dihubungkan dengan sesuatu yang bermakna buruk/negatif. Penggunaan kata “kontaminasi” sering digunakan untuk banyak hal, termasuk diantaranya yaitu:

  • Makanan “kontaminasi makanan”
  • Lingkungan “kontaminasi lingkungan”
  • Bahan makanan “kontaminasi silang”
  • Bahasa “kontaminasi kata, kalimat”

Kontaminasi Makanan

Pengertian kontaminasi makanan ialah terjadinya percampuran antara bahan makanan dengan zat, senyawa atau makhluk hidup lainnya yang bersifat merusak makanan tersebut. Makanan yang sudah terkontaminasi zat yang merusak akan berbahaya bila masuk ke dalam tubuh manusia.

Misalnya, sayur sop yang terkontaminasi kuman berbaya karena wadahnya kotor, gorengan di pinggir jalan yang terkontaminasi debu, bakso yang terkontaminasi dengan borax, roti yang terkontaminasi jamur dan lain-lain. Semua makanan yang sudah terkontaminasi dengan zat/senyawa berbahaya dapat mengakibatkan keracunan bagi orang yang mengonsumsinya.

Kontaminasi Lingkungan

Pengertian kontaminasi lingkungan ialah masuknya komponen lain “zat, makhluk hidup” ke dalam lingkungan yang mengakibatkan kualitas lingkungan tersebut menjadi rusak. Kontaminasi dapat terjadi karena ulah manusia dan juga karena aktivitas alam.

Contoh kontaminasi akibat kegiatan manusia; limbah pabrik dibuang ke sungai sehingga air sungai menjadi beracun bagi makhluk hidup. Contoh kontaminasi karena aktivitas alam; gunung meletus, gas alam yang beracun.

Kontaminasi Silang

Pengertian kontaminasi silang ialah terjadinya perpindahan bakteri dari bahan pangan mentah ke produk pangan yang sudah jadi, baik secara langsung maupun tidak langsung. Kontaminasi silang umumnya terjadi karena proses penyimpanan bahan makanan dan proses pembuatan makanan yang tidak bersih.

Contoh kontaminasi sialng terjadi ketika pisau yang kotor dan terkontaminasi zar berbahaya digunakan untuk mengupas mangga yang akan dimakan. Contoh lain, plastik penyimpanan yang terkontaminasi kotoran digunakan untuk menyimpan daging.

Contoh Kontaminasi

Kontaminasi Bahasa

Dalam istilah bahasa Indonesia, kontaminasi ialah suatu penggabungan beberapa bentuk kata, frasa, susunan dan kaidah suatu bahasa dengan bahasa lainnya, sehingga terbentuk kata baru yang tidak lazim. Salah satu contoh bentuk kata yang sudah terkontaminasi ialah kata nyuci yang merujuk pada kata mencuci, bentuk baku kata tersebut ialah mencuci bukan menyuci.

Kontaminasi bahasa ini dapat terjadi disebabkan karena percampuran antara bahasa Indonesia baku dengan bahasa asing atau bahasa daerah tertentu, dalam hal ini kata nyuci telah terkontaminasi kaidah bahasa Jawa.

Penyebab Kontaminasi

Secara umum ada tiga penyebab kontaminasi yaitu kontaminasi biologis, kontaminasi kimia dan kontaminasi fisik.

  • Kontaminasi Biologis, beberapa penyebab kontaminasi biologi atau mikrobiologis ialah parasit “protozoa dan cacing”, virus, bakteri patogen, yang dapat menyebab keracunan dan infeksi pada manusia.
  • Kontaminasi Kimia, bahan kimia yang dapat menimbulkan intoksikasi pada manusia. Beberapa bahan kimia penyebab keracunan diantaranya antibiotika, residu pestisida, cemaran kimia industri.
  • Kontaminasi Fisik, pencemaran yang sifatnya fisik, misalnya batu, debu, rambut, logam, potongan kayu, kuku atau bahkan peralatan memasak yang digunakan. Kontaminasi fisik tidak selalu mengakibatkan penyakit, namun tetap berbahaya dan menganggu kesehatan manusia.

Demikianlah pembahasan mengenai Kontaminasi : Pengertian, Contoh Dan Penyebabnya semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya.

Baca Juga: