“Logika” Pengertian & ( Fungsi – Jenis – Contoh )

/5 ratings

“Logika” Pengertian & ( Fungsi – Jenis – Contoh )

DosenPendidikan.Com – Dalam hal ini manusia merupakan makhluk yang memiliki akal dan umumnya selalu berfikir sebelum melakukan tindakan. Tindakan setiap manusia tentunya memiliki tujuan tertentu misalnya ingin mengetahui sesuatu. Dan pada saat berfikirlah logika pada manusia digunakan. Nah lantas apa yang dimaksud dengan logika?? untuk mengetahuinya silahkah pelajari lebih lanjut dibawah ini.

Pengertian Logika

Logika ialah suatu pertimbangan pikiran manusia yang diungkapkan melalui perkataan dan dinyatakan dalam bahasa. Atau arti logika yaitu cara orang berbahasa dalam mencerminkan jalan fikirannya. Jika secara etimologi logika diartikan sebagai ilmu yang mempelajari jalan pikiran seseorang yang dinyatakannya dalam berbahasa.

Setiap orang tentu selalu berfikir untuk menyimpulkan sesuatu secara ilmiah ataupun menyakinkan orang lain. Jadi setiap pernyataan harus dibuktikan, sehingga dalam logika terdapat pemikiran yang mampu membuktikan suatu pernyataan atau ucapan yang dikeluarkan. Logika juga termasuk cabang dari filsafat yang membahas mengenai kesimpulan dan proses pemikiran untuk mendapatkan suatu kebenaran.

Logika berguna untuk melakukan penyelidikan/menganalisa, merumuskan dan menerapkan peraturan yang harus di tepati, sehingga logika bukan meruoakan teori tapi merupakan suatu keterampilan untuk menerapkan peraturan tentang pemikiran dalam praktek atau tindakan. Ilmu logika diartikan juga sebagai ilmu yang mempelajari cara berfikir lurus, tepat dan juga teratur.

Fungsi Logika

Nah berikut ini beberapa kegunaan dari logika yang diantaranya yaitu:

  • Untuk meningkatkan kemampuan dalam berfikir secara cermat dan lebih obyektif.
  • Untuk mempertajam cara berfikir dan supaya lebih mandiri dalam menyelesaikan permsalahan.
  • Untuk membantu menghindari kesalahan atau kekeliruan terhadap suatu pernyataan.
  • Untuk mendorong seseorang supaya terbiasa berfikir sendiri peraturan yang sistematis.
  • Untuk melakukan analisis terhadap suatu kejadian.
  • Untuk membantu berfikir secara lebih kritis dan tepat.
Simak Juga :  Pengertian Pajak Menurut Para Ahli Lengkap Dengan Unsur Serta Jenisnya

Jenis-Jenis Logika

Adapun secara umum logika terbagi menjadi dua macam yaitu:

Loading...

Logika Alamiah

Logika alamiah ialah logika kinerja dari akal budi manusia yang selalu berfikir secara cermat, tepat dan lurus sebelum pemikiran tersebut mendapat pengaruh dari luar seperti keinginan-keinginan yang bersifat subyektif. Logika alamiah sudah ada saat manusia itu dilahirkan, sehingga logika bersifat murni.

Logika Ilmiah

Jika seseorang diberikan bimbingan secara sistematis untuk dapat menguasai cara berfikir yang tepat dan teratur sesuai dengan peraturan dan kebenaran mengenai cara berfikir, maka logika ilmiah ini akan membuat akal budi seseorang bekerja secara lebih tepat, lebih cermat, lebih teliti dan lebih lurus. Logika ilmiah inilah yang berguna untuk menghindari kesalahan dalam pemikiran terhadap sesuatu, sehingga kesalahan dapat dikurangi, logika ilmiah dibagi menjadi dua bagian diantaranya yaitu:

  • Karena Logika Formal
    Merupakan logika yang berdasarkan pernyataan, oleh karena itu pernyataan yang dijadikan sebagai dasar untuk membuat kesimpulan haruslah relevan, bentuk dan strukturnya harus tepat juga. Jika dasarnya salah, maka kesimpulan juga akan salah jadi kesimpulan yang tepat didapatkan dari berfikir secara benar, berdasarkan hasil penyelidikan.
  • Logika Material
    Merupakan logika yang dapat membuat kesimpulan atau pernyataan berdasarkan materi atau objektif. Pada logika ini materi mempunyai peranan yang penting. Logika material disebut juga sebagai logika matrelisme, yang berarti materi menjadi faktor yang paling utama menyimpulkan sesuatu secara tepat. Jadi logika material yaitu logika yang dapat mengambil kesimpulan berdasarkan kondisi objek atau materi, sehingga materi tersebut menjadi dasar untuk menciptakan pernyataan.

Contoh Logika

Inilah beberapa contoh logika yang sederhana, misalnya ada kalimat atau pernyataan yang tidak masuk akal, jadi pernyataan tersebut tidak dijelaskan dan penalarannya tidak benar. Misalnya seperti “manusia bisa menahan nafas sampai 5 jam” jelas pernyataan tersebut tidak benar nyatanya menurut penelitian rata-rata manusia normal bisa menahan nafas selama 30-60 detik dan otak manusia normal akan mengalami kerusakan secara permanen setelah 4 menit jika tidak mendapat oksigen.

Simak Juga :  "Hasil Belajar" 12 Pengertian Menurut Para Ahli & ( Fungsi - Tujuan - Jenis - Faktor )

"Logika" Pengertian & ( Fungsi - Jenis - Contoh )

Atau pernyataan seperti “manusia bisa bertahan tanpa minum selama satu bulan” dari pernyataan tersebut jelas tidak masuk akal, nyatanya manusia normal bisa bertahan selama 3-4 hari tanpa minum, itupun dipengaruhi oleh faktor usia, kesehatan tubuh, cuaca, dll.

Demikianlah pembahasan mengenai “Logika” Pengertian & ( Fungsi – Jenis – Contoh ) semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂

Baca Juga:


Loading...
/* */
Click to Hide Advanced Floating Content

Send this to a friend