“Market Share ( Pangsa Pasar” Pengertian & ( Cara Mengetahui Ukuran – Cara Meningkatkan )

5/51 rating

“Market Share ( Pangsa Pasar” Pengertian & ( Cara Mengetahui Ukuran – Cara Meningkatkan )

DosenPendidikan.Com – Market share atau pangsa pasar merupakan bagian dari pasar yang dikuasai oleh suatu perusahaan dan seluruh potensi jual, dan umumnya dinyatakan dalam persentase. Market share atau pangsa pasar ialah persentase total penjualan suatu perusahaan dari seluruh sumber dengan total penjualan produk “barang dan jasa” dalam suatu industri tertentu.

Pengertian Market Share Atau Pangsa Pasar

Apa itu market share atau pangsa pasar ??? Dalam hal ini pengertian market share atau pangsa pasar ialah bagian dari seluruh permintaan atas suatu barang yang mencerminkan golongan konsumen berdasarkan ciri khasnya “market segment”. Penggolongan konsumen dapat dikelompokkan berdasarkan tingkat penghasilan, usia, jenis kelamin, pendidikan dan status sosial.

Lantas Bagaimana Mengukur Keberhasilan Perusahaan Dalam Market Share

Market share atau pangsa pasar ialah persentase penjualan yang dibukukan oleh suatu perusahaan dari keseluruhan penjualan para pesaing gabungan di industri tertentu. Artinya market share ialah salah satu indikator yang digunakan suatu perusahaan dalam mengukur keberhasilan mereka dibanding kompetitornya.

Sebagai contoh, dalam suatu perusahaan pada tahun 2008 memiliki target market share sebanyak 10% dari keseluruhan pasar. Untuk mencapai target pasar tersebut, dibutuhkan biaya promosi sebesar Rp 40 juta.

Simak Juga :  "Konsolidasi" Pengertian & Menurut Para Ahli Serta ( Ciri - Alasan - Cara Melakukan )

Jika ternyata pangsa pasar yang didapatkan lebih dari 10% “misalnya 12%” itu artinya kinerja, perusahaan berjalan baik. Sebaliknya jika ditahun tersebut pangsa pasar yang didapatkan hanya 9% maka itu menunjukkan kinerja pemasaran kurang baik dan perusahaan akan menghadapi masalah efisiensi dan efektifitas.

Dan adapun beberapa faktor yang perlu ditelusuri dalam mengkaji masalah perusahaan yang tidak mampu untuk mencapai pangsa pasar yaitu:

Loading...
  • Besarnya pangsa pasar yang begitu terlalu tinggi.
  • Terjadi penurunan daya saing perusahaan.
  • Terjadi penurunan daya saing perusahaan.
  • Promosi yang tidak dapat mencapai target market atau tidak tepat sasaran.

Cara Mengetahui Ukuran Pasar

Untuk mengetahui dan menetapkan ukuran pasar dan market sharenya diperlukan riset pasar yang cukup mendalam. Oleh karena itu pengusaha harus dapat mendefinisikan pasar yang akan dibidik sehingga dapat melihat potensi pasar tersebut.

Dan selanjutnya setelah mengetahui ukuran pasar dan mengetahui segmen pasar yang dibidik, maka langkah selanjutnya ialah dengan mempelajari siapa pesaing di pasar tersebut dan berapa banyak pasar yang telah dikuasai oleh mereka.

Perusahaan yang membuat perencanaan strategi harus mengembangkan strategi bauran pemasaran dan mempersempit segmentasi produk sehingga promosi tepat sasaran. Sebagai contoh suatu perusahaan yang berada di industri minuman. Tidak cukup hanya menjelaskan bisnisnya ialah minuman tapi harus lebih fokus, misalnya minuman kopi, teh, rasa buah dan lain sebagainya.

Cara Meningkatkan Market Share Atau Pangsa Pasar

Dalam hal demikian ini memahami pengertian pangsa pasar atau market share merupakan hal yang penting, alasannya dengan mengetahui pangsa pasar yang dibidik maka suatu perusahaan dapat memahami kekuatan dan kelemahannya serta dapat mengantisipasi pasar.

"Market Share ( Pangsa Pasar" Pengertian & ( Cara Mengetahui Ukuran - Cara Meningkatkan )

Memahami kelebihan dan kekurangan suatu perusahaan dapat dilakukan dengan analisis SWOT, dengan begitu maka suatu perusahaan dapat melakukan berbagai hal yang dibutuhkan untuk dapat meningkatkan produktivitas, misalnya mengubah harga, mengubah layanan, meningkatkan promosi pemasaran, mengubah cara distribusi dan sebagainya.

Simak Juga :  "Budget" Pengertian & ( Tujuan - Fungsi - Manfaat )

Lalu bagaimana cara meningkatkan pangsa pasar saat suatu perusahaan memulai bisnis perdagangan, nah berikut ini tips singkatnya yaitu:

  • Memilih bisnis yang masih tergolong baru dan belum banyak dijalankan perusahaan lain.
  • Memiliki keyakinan bahwa perusahaan tersebut akan berhasil di bisnis yang dijalankan.
  • Menentukan visi dan misi perusahaan mengenai target bisnis di masa depan.
  • Memperhitungkan kekuatan para kompetitor di industri yang sama.
  • Memperhatikan pergerakan harga di industri yang dibidik dan menentukan harga yang paling sesuai.
  • Menciptakan dan membangun jaringan pasar yang sehingga bisnis menjadi lebih besar.

Demikianlah pembahasan mengenai “Market Share ( Pangsa Pasar” Pengertian & ( Cara Mengetahui Ukuran – Cara Meningkatkan ) semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂

Baca Juga:


Loading...
/* */
Click to Hide Advanced Floating Content

Send this to a friend